BINUS UNIVERSITY

    Mempersiapkan Lulusan yang Siap Memenuhi Kebutuhan Industri Terkini

    Setiap tahun, persaingan dalam berburu lapangan kerja selalu meningkat mengingat jumlah SDM berkualitas yang terbatas. Inilah mengapa banyak sekali perguruan tinggi yang berlomba-lomba membuat program bermanfaat untuk meningkatkan kualitas lulusan mereka.

    Disadari atau tidak, nilai sebuah perguruan tinggi akan meningkat apabila angka lulusan yang sudah bekerja cukup memuaskan. Hal tersebut juga diterapkan di BINUS University. Untuk mempersiapkan lulusan dengan daya saing tinggi, kampus ini memiliki beberapa program berkualitas. Salah satunya adalah Enrichment. 

    Enrichment Program BINUS University

    Enrichment

    Enrichment pada dasarnya merupakan program pemberdayaan mahasiswa melalui pengalaman belajar multikampus atau profesional luar kampus untuk mengasah soft skill sebelum nantinya terjun ke dunia kerja. 

    Setidaknya ada lima track pilihan bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, yaitu: 

    1. Internship

    Merupakan program magang di perusahaan yang telah bekerja sama dengan BINUS University selama satu tahun. Mahasiswa yang mengikuti program intership ini diharapkan mampu bersaing di dunia kerja sebab sebelum lulus mereka sudah terjun langsung di lapangan. Untuk mendukung salah satu track Enrichment ini, BINUS bekerja sama dengan beberapa perusahaan asing maupun lokal. Salah satunya adalah Samsung Electronic Indonesia.

    2. Enterpreneurship

    Pada track ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk membuat perencanaan bisnis mulai dari nol hingga stabil dengan bimbingan dosen-dosen berpengalaman. Selain belajar membangun bisnis sendiri, kamu juga akan diperkenalkan pada perusahaan-perusahaan ternama yang dapat membantu perkembangan bisnis.

    Harapannya tentu saja agar mahasiswa yang lulus dari BINUS University nanti tidak hanya mampu menjadi karyawan dengan kualitas mumpuni, tetapi juga pengusaha yang inovatif dan kreatif. 

    3. Research

    Bagi yang senang melakukan penelitian, Enrichment Program BINUS University juga menyediakan pilihan research selama dua semester atau satu tahun. Untuk track ini, kamu akan diberikan kesempatan melakukan penelitian tentang apa pun dengan bantuan fasilitas yang memadai.

    Selain itu, BINUS University menyediakan beberapa peneliti mumpuni sebagai pembimbing untuk mendampingi setiap proses penelitian. Dengan begitu, hasilnya tidak hanya bermanfaat bagi kampus atau mahasiswa itu sendiri, tetapi juga bangsa Indonesia.

    4. Study Abroad

    BINUS University pun memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri melalui program ini. Selama satu tahun, kamu akan diberi kesempatan belajar di beberapa universitas luar negeri yang telah bekerja sama dengan BINUS untuk mendapatkan pengalaman global. Harapannya, mahasiswa tidak hanya siap menghadapi dunia kerja saat kembali, tetapi juga mampu memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di sekitarnya.

    5. Community Development

    BINUS University menyadari peran penting mahasiswa dan kampus terhadap lingkungan di sekitar mereka. Untuk itulah, BINUS menawarkan track community development pada salah satu program Enrichment. Melalui bidang ini, kamu akan diberi kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial.

    Bersama Teach for Indonesia, BINUS University tidak hanya berupaya untuk mempersiapkan lulusan mumpuni, tetapi juga meningkatkan kesadaran di benak setiap mahasiswa bahwa ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan ke orang banyak dengan senang hati.

    Enrichment Program dari BINUS ini dikenal pula dengan istilah  2+1+1. Artinya, kamu akan menempuh pendidikan formal selama 2 tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS lain, dan 1 tahun memilih salah satu dari lima track di atas.

    Mengapa Enrichment Penting?

    Enrichment

    Ketika membaca iklan lowongan pekerjaan, sering kita lihat bahwa salah satu kualitas yang kerap dicari pengusaha dari seorang pencari kerja adalah pengalaman. Bagi yang sudah lulus selama bertahun-tahun dan sempat bekerja di beberapa tempat, hal ini mungkin bukan masalah besar. Namun, bagaimana dengan fresh graduate?

    Inilah salah satu alasan mengapa BINUS University memiliki program Enrichment. Harapannya tentu sama dengan universitas lain, memiliki lulusan yang langsung mendapatkan pekerjaan begitu kuliah mereka selesai. Upaya ini pun tidak sia-sia. Sebuah data mencatat bahwa setiap tahun, sekitar 75% lulusan kampus swasta terbaik ini telah bekerja atau menjadi enterpreneur sebelum mereka wisuda. 

    Jadi, apakah kamu tertarik mengikuti program keren dari BINUS University ini?