BINUS UNIVERSITY

    Big Data: Landasan Penting Masa Depan Seluruh Industri

    School of Information Systems BINUS UNIVERSITY memiliki potensi untuk menghadapi tren teknologi masa depan. Jurusan kuliah dalam School of Information System ini tidak hanya berkaitan dengan perkembangan teknologi, tetapi juga makin meluasnya pemanfaatan big data dalam beragam bidang kerja.

    Dekan School of Information Systems, Dr. Yohannes Kurniawan S. Kom., SE., MMSI, menawarkan beberapa perspektif menarik tentang potensi jurusan dan alumni serta saran bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan tersebut.

    Kuliah Sistem Informasi dan Kebutuhan Masa Depan

    Jurusan Kuliah

    School of Information Systems menawarkan jurusan kuliah yang sejalan dengan tren teknologi serta bisnis masa depan. Menurut Dr. Yohannes, Business Analytics merupakan salah satu program unggulan karena meningkatnya tren pemanfaatan big data dalam hal pengembangan bisnis di era digital 4.0. Di masa ini, data menjadi alat untuk membaca tren pasar, karakter konsumen, proyeksi keuntungan dan kerugian, dan sebagainya.

    Terkait tren ini, perusahaan dari berbagai bidang kini makin banyak mencari tenaga ahli yang mampu melakukan pengumpulan serta analisis data demi mendukung strategi dan pengambilan keputusan bisnis. Jurusan kuliah ini tidak hanya mengajarkan strategi pengumpulan dan interpretasi data, tetapi juga penggunaan Business Analytics Tool.

    BINUS UNIVERSITY tidak berhenti di jurusan kuliah Business Analytics. Pada 1 Agustus 2020, BINUS resmi membuka jurusan Data Science berakreditasi A. Kedua jurusan ini saling mendukung karena mengajarkan proses pengumpulan dan penelitian data dalam ranah lebih luas demi menciptakan prediksi masa depan.

    Aktivitas, Program, dan Kontribusi Kampus

    Jurusan Kuliah

    Dr. Yohannes mendeskripsikan beberapa aktivitas, kontribusi, dan program andalan jurusan kuliah School of Information BINUS UNIVERSITY, yaitu:

    1.  Program Pengayaan (Enrichment Program)

    Program andalan BINUS UNIVERSITY ini menyiapkan alumni untuk menghadapi dunia kerja profesional. Enrichment Program terdiri dari magang (internship), penelitian bersama dosen, hingga program belajar di luar negeri.

    2.  SMACI

    SMACI merupakan hasil kerja sama antara School of Information Systems BINUS UNIVERSITY dan pemerintah dalam menghadapi permasalahan kota di era digital. SMACI merupakan aplikasi yang menciptakan integrasi sistem antarlembaga pemerintah, menciptakan efisiensi kerja dalam melayani masyarakat.

    3.  SEKARMAS

    BINUS UNIVERSITY tidak melupakan media sosial sebagai teknologi yang berdampak besar pada kehidupan masyarakat. SEKARMAS merupakan aplikasi khusus untuk melaporkan kondisi lingkungan sekitar di masyarakat sekaligus melaporkan berbagai situasi langsung kepada pemerintah daerah. Hal ini memungkinkan pelaporan dan respons yang lebih cepat. Aplikasi ini telah diterapkan di Kabupaten Karangasem dan Kota Amlapura.

    Strategi Kampus dalam Menghadapi Pandemi

    Jurusan Kuliah

    School of Information Systems BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu jurusan kuliah yang makin populer di tengah pandemi. Hal ini berdasarkan fakta bahwa data analytics dan ilmu terkait akan makin dibutuhkan. BINUS UNIVERSITY memiliki visi dan misi untuk menciptakan lulusan berkualifikasi internasional yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau bisnis.

    Selama masa PSBB, mahasiswa belajar menggunakan sistem multi-channel learning, yaitu penerapan berbagai teknologi komunikasi jarak jauh untuk kegiatan belajar mengajar. Kampus menyediakan berbagai program dan perangkat lunak untuk mendukung kegiatan belajar, baik teori, praktik, maupun studi kasus. Semua bahan disesuaikan dengan kasus-kasus yang benar-benar terjadi di perusahaan sehingga mahasiswa tetap bisa belajar berdasarkan tantangan nyata.

    Sebagai tambahan, kampus juga mendatangkan pengajar tamu untuk berbagi ilmu dari beragam sudut pandang. Kampus juga menyediakan program tambahan seperti Tutorial Marathon, yaitu program pendampingan belajar untuk mahasiswa yang merasa tertinggal atau mengalami kesulitan dalam memahami materi.

    Harapan bagi Mahasiswa

     

    Jurusan Kuliah

    Sebagai penutup, Dr. Yohannes mengharapkan agar mahasiswa maupun calon mahasiswa bisa memanfaatkan semua program dan fasilitas kampus sebaik mungkin agar lulus dengan kompetensi terbaik. Jurusan kuliah Sistem Informasi adalah salah satu solusi terbaik untuk menghadapi persaingan di era digital masa depan. Kampus juga siap memberi semua jenis dukungan agar mahasiswa tetap bisa belajar dengan baik dan mampu menghadapi masa pandemi.