BINUS UNIVERSITY

    7 Alasan Mengapa Alumni BINUS Menjadi Incaran Unicorn Indonesia

    Di Asia Tenggara, jumlah Unicorn yang ada di Indonesia mengungguli negara tetangga, termasuk yang tergolong maju seperti Negara Singa. Dengan empat Unicorn, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak, Indonesia menempati posisi pertama diikuti oleh Singapura, Filipina, dan Vietnam.

    Keberhasilan tersebut tentu saja tidak lepas dari kualitas SDM (sumber daya manusia) yang dimiliki. Bagaimana tidak, tanpa adanya SDM berkualitas, perusahaan startup berbasis teknologi tersebut pasti kesulitan memperoleh gelar Unicorn (sebutan untuk startup dengan valuasi mencapai USD 1 miliar).

    Kualitas SDM pasti berkaitan dengan latar belakang pendidikan. Jadi, jangan heran apabila alumni universitas ternama Indonesia kerap jadi incaran Unicorn. Salah satunya, BINUS University. Selama ini lulusan BINUS memang dikenal unggul dalam bidang teknologi informasi.

    Fakta semacam ini jelas membanggakan sekaligus membuat penasaran, apa sih yang membuat Unicorn Indonesia tertarik untuk merekrut alumni BINUS?

    1. Unggul dalam Bidang Teknologi Informasi

    Alumni

    Seperti yang sempat disinggung di atas, alumni BINUS dikenal unggul dalam bidang teknologi informasi. Bagaimana tidak, program studi ini telah ada bahkan saat BINUS dirintis tahun 1974 silam. Awalnya BINUS merupakan sebuah lembaga kursus komputer yang menempati teras rumah Bapak Joseph Wibowo, pendiri kampus berstandar internasional tersebut.

    Prestasi mahasiswa BINUS dalam hal ini memang tidak bisa diremehkan. Berkat keunggulannya di bidang TI, BINUS juga dikenal sebagai pelopor dalam pengembangan program aplikasi mobile, game, dan cyber security.

    2. Lulusannya Siap Kerja

    Alumni

    Berkat adanya program 3+1 yaitu, 3 tahun kuliah dan 1 tahun Enrichment Program, alumni BINUS dijamin mampu terjun di dunia kerja tanpa hambatan. Tujuan utama program adalah mempersiapkan para mahasiswa untuk bekerja sebagai SDM berkualitas di perusahaan global atau bahkan menjadi enterpreneur.

    Tercatat sekitar 75% lulusan BINUS sudah bekerja sebelum wisuda. Bahkan beberapa ada yang mampu mendirikan perusahaan atau startup mereka sendiri. Salah satunya adalah William Tanuwijaya, pendiri salah satu Unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia.

    3. Pendidikan Karakter Kuat

    Alumni

    Tidak banyak universitas yang menerapkan pendidikan karakter sebagai salah satu pembentuk kualitas mahasiswa mereka. BINUS merupakan salah satu yang peduli akan hal ini. Bagi BINUS, karakter merupakan salah satu kualitas penting dalam mencetak lulusan berkualitas.

    Inilah mengapa di Indonesia, BINUS merupakan satu-satunya kampus yang mengampanyekan budaya anticontek. BINUS cukup tegas soal hal semacam ini. Apabila salah satu mahasiswa ketahuan mencontek, maka satu-satunya punishment adalah drop-out. Kampanye ini dikenal dengan istilah “Menyontek=Drop Out”.

    4. Bekal Soft Skill Memadai

    Alumni

    Jangankan Unicorn, perusahaan biasa pun pasti akan sangat menghargai apabila karyawan mereka memiliki kualitas soft skill yang memadai. Inilah yang terjadi pada alumni BINUS. Setidaknya 2 dari 3 lulusan BINUS memang ditargetkan siap terjun di dunia kerja berbekal kualitas mereka.

    Inilah mengapa, BINUS menawarkan berbagai program pengembangan soft skill selama kuliah; salah satunya Apple Developer Academy. Program ini merupakan hasil kerjasama BINUS dengan Apple yang tujuan utamanya adalah mencetak lulusan dengan kemampuan coding mumpuni agar mampu menghadapi tantangan revolusi 4.0.

    5. Memiliki Etos Kerja Tinggi

    Alumni

    Program kuliah yang cukup padat dengan target tinggi membuat lulusan BINUS terbiasa dengan tantangan-tantangan yang belum tentu pernah dilakukan oleh mahasiswa dari universitas lain. Inilah mengapa alumni BINUS dikenal memiliki etos kerja luar biasa sehingga mampu bersaing di mana saja, termasuk ketika mereka telah terjun di dunia kerja.

    6. Disiplin

     

    Alumni

    Karakter yang dibentuk oleh program pembelajaran di BINUS tidak hanya fokus pada kejujuran dan integritas, tetapi juga disiplin. Kampus ini tahu bahwa salah satu cara untuk bertahan di dunia kerja yang sengit adalah disiplin. Jadi, jangan heran apabila banyak sekali startup atau bahkan Unicorn yang mengincar lulusan BINUS. Bagaimanapun juga, kualitas semacam ini termasuk salah satu penentu kualitas SDM suatu perusahaan.

    7. Kreatif

    Alumni

    BINUS memiliki banyak sekali program yang tujuan utamanya adalah untuk menstimulasi sisi kreatif mahasiswa. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para lulusan kampus bergengsi ini. Saat terjun di dunia kerja, mereka yang mampu berpikir out of the box-lah yang bisa bertahan dan menapaki jenjang karier lebih tinggi. Kualitas inilah yang membuat alumni BINUS tidak hanya menjadi incaran perusahaan biasa tetapi juga Unicorn Indonesia.

    Itulah tujuh alasan mengapa alumni BINUS menjadi incaran Unicorn Indonesia. Jadi, apakah kamu tertarik belajar di kampus bertaraf internasional ini?