BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Kenalan dengan Program Inovatif yang Akan Membuatmu Siap Kerja Berikut Ini

    Selain belajar mengenai disiplin ilmu tertentu, yang paling dibutuhkan oleh pelajar adalah praktik di dunia nyata. Bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat sama pentingnya dengan ilmu itu sendiri. Nah, BINUS University punya program menarik, nih, untuk kamu yang mendapatkan lebih dari perkuliahan biasa. 

    Enrichment Program BINUS University: Siap Kerja, Siap Bersaing!

    Inovatif

    Berbeda dengan program biasa yang memakan waktu empat tahun atau delapan semester untuk lulus, Enrichment Program dari BINUS University ini para mahasiswa akan menjalani implementasi ilmunya selama dua semester terakhir. Meski sama-sama bisa lulus dalam waktu empat tahun, di program ini mahasiswa terjun langsung bekerja pada tahun terakhir.

    Bukan hanya magang, inilah jalur yang bisa dipilih oleh mahasiswa:

    Internship Track

    Mirip dengan magang biasa, namun kamu memiliki kesempatan besar untuk tetap bekerja di perusahaan tempat kamu magang. Selain itu, selama satu tahun kamu menjalani internship, kamu akan diberikan pekerjaan setara dengan 32 SKS yang ada pada rencana studi. Jadi, perjalanan kamu magang akan terasa lebih terarah berkat job description yang sesuai. 

    Entrepreneurship Track

    Bagi kamu yang lebih tertarik dengan dunia bisnis, jalur entrepreneurship juga bisa diambil. Kamu akan dibimbing oleh dosen yang berpengalaman untuk memulai bisnis dan menjalaninya hingga berhasil. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan akses ke perusahaan venture capital yang bisa memberikan modal jika model bisnis kamu cocok. 

    Research Track

    Senang meneliti? Jalur ini bisa jadi cocok untuk kamu. Kamu akan dibimbing untuk menciptakan penelitian atau inovasi yang berguna di lingkungan nyata. Pembimbingnya pun peneliti terpilih dari dalam dan luar negeri. Nantinya, kamu bisa berkesempatan untuk mengimplementasikan hasil inovasi atau penelitian kamu di masyarakat. 

    Community Development Track

    BINUS University memiliki program sosial yang disebut dengan Teach for Indonesia. Dengan mengikuti Enrichment Program di jalur community development, kamu bisa berkontribusi langsung dalam aksi sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.  

    Study Abroad Track

    Jalur ini memungkinkan kamu untuk menghabiskan satu tahun terakhir perkuliahan di luar negeri melalui BINUS International. Kamu bisa mendalami disiplin ilmu sambil mendapatkan pandangan mengenai perbedaan budaya serta mempelajari banyak hal selama satu tahun. 

    David Layardi, Magang di BINUS University Bersama Bapak Ali Gunawan, S.Kom., M.M.

    Inovatif

    Sebelum memasuki tahun terakhir di program enrichment (3+1), David Layardi memang sudah bekerja di divisi IT BINUS University sejak semester 2. Setelah mengajukan jalur internship untuk tahun terakhir perkuliahan, ternyata ia diarahkan untuk tetap berada di posisinya bekerja untuk magang. 

    Pembimbingnya adalah Bapak Ali Gunawan, S.Kom., M.M. Di sela – sela jadwal mengajarnya yang padat, Bapak Ali Gunawan menyempatkan waktu untuk memberikan bimbingan bagi David. Meskipun magang di tempat ia bekerja, David tetap merasakan perkembangan yang signifikan dengan adanya arahan dan bimbingan. Lebih dari sekadar bekerja, kualitas diri pun ikut meningkat seiring ia mempraktikkan ilmu yang didapat di dunia kerja. 

    Mendaftar Enrichment Program BINUS University

    Program ini terbuka bagi mahasiswa BINUS University yang sudah menjalani setidaknya kumulatif 15 SKS dengan IPK di atas 2.00. Pada website, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir dan memilih salah satu dari lima jalur enrichment tadi. Namun, tidak semua jurusan memiliki kelima pilihan, beberapa di antaranya hanya memiliki tiga atau empat jalur saja yang bisa dipilih. Sebelum memilih, ingat untuk menyiapkan daftar rekanan yang mau diajukan, ya. 

    Setelah registrasi berhasil dan status vacancy kamu allocated, kamu bisa memulai praktik di jalur yang sudah kamu pilih. Adanya Enrichment Program ini juga menjadi alternatif bagi kamu yang lebih senang belajar sambil praktik, bukan hanya diam di kelas. 

    Melalui jalur yang dipilih dan arahan yang tepat, kamu bisa mempersiapkan diri menjadi pribadi yang peduli, siap kerja, serta siap menghadapi tantangan apa pun di dunia kerja nantinya.