BINUS UNIVERSITY

    Tertarik dengan Inovasi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence? Ambil Jurusan Ini!

    Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu produk inovasi yang bertumpu pada computer science pada pembuatannya. Menggunakan pemrograman tertentu dalam mengolah big data, kecerdasan buatan bisa membantu pekerjaan manusia dalam banyak hal. 

    Nah, kalau kamu tertarik untuk membuat AI, jurusan computer science adalah jurusan yang tepat. Computer science sendiri adalah jurusan yang mempelajari lebih dari sekadar ilmu komputer dan perangkat lunak. Di computer science, kamu belajar untuk mengembangkan sistem kecerdasan, robotik, computer vision, hingga bioninformatika. Di Di berbagai biang, AI sudah mulai digunakan dan dirasakan manfaatnya. 

    Artificial Intelligence: Membantu Manusia, bukan Menggantikannya

    Inovasi

    Tunggu, jangan bayangkan AI sebagai robot yang memiliki pikiran sendiri lalu berbalik menyerang manusia sebagai penciptanya. Kalau kamu pernah menggunakan fitur seperti pencarian menggunakan suara, teks deskriptif, terjemahan online, dan mesin pencari, itulah bentuk AI yang cukup sederhana untuk dimengerti. Berguna sekali bukan?

    Saat ini, para peneliti computer science bekerja di berbagai bidang untuk menciptakan AI yang bisa mengerjakan hal yang lebih kompleks dan intuitif. Misalnya saja untuk menjadi petugas penjawab chat di website. Alih-alih mempekerjakan seseorang untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk, AI digunakan untuk menjawabnya sesuai dengan program yang sudah dibuat. Selain menghemat tenaga, AI juga bisa mengerjakan beberapa chat dalam satu waktu. 

    Atau, AI juga sudah mulai digunakan pada industri kesehatan untuk memindai kondisi kesehatan seseorang sesuai dengan rekam medis dan data diagnosis yang sudah direkam, baru kemudian pemeriksaan lebih lanjut dilakukan. Kesimpulannya, AI bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang sifatnya repetitif atau tidak berhubungan dengan pengambilan keputusan. 

    Menggunakan big data, para computer scientist menentukan program terbaik untuk AI yang digunakan di industri tertentu, mengajarinya banyak hal sesuai dengan data, dan melatihnya agar bisa merespons sesuai dengan umpan yang diberikan. 

    Peran Computer Scientist dalam Menciptakan Artificial Intelligence 

    Inovasi

    Tugas seorang computer scientist dalam menciptakan AI adalah mempersiapkan dan meneliti data yang akan digunakan untuk AI. Dengan menggunakan algoritma, computer scientist memberikan kemampuan berikut pada mesin kecerdasan buatan:

    Analisis

    Apakah kamu pernah mencari sesuatu di mesin pencari daring seperti Google, lalu mendapatkan prediksi yang tepat sesuai dengan apa yang kamu inginkan? Nah, itulah peran AI. Computer scientist melatih AI agar bisa mengenali preferensi kamu dan menyajikan data yang kamu butuhkan. 

    Merespons dengan Cepat

    Jika digunakan pada chat atau layanan customer service, AI memberikan jawaban yang lebih cepat dibandingkan dengan respons manusia. Hal ini akan memudahkan banyak pekerjaan terutama untuk menjawab hal yang sifatnya umum.

    Mengolah data

    Dari big data yang sudah dikumpulkan perusahaan dari data pelanggan dan perilaku konsumen, AI bisa mengolahnya dan menyuguhkan hal yang tepat bagi pengunjung laman. Artificial Intelligence model inilah yang digunakan di media sosial, e-commerce, dan situs beriklan. 

    Mengenali Pola

    Salah satu kemampuan lain yang dimiliki AI dalam mengolah data adalah mengenali pola. Dengan begitu, mesin bisa memprediksi apa yang diinginkan oleh konsumen dan menyajikan data yang relevan.

    Tertarik Melakukan Itu Semua? Jurusan Computer Science Cocok untuk Kamu!

    Inovasi

    Jurusan computer science memang lebih identik dengan bidang MIPA. Sebab, banyak dasar matematika, aljabar, dan statistika yang digunakan dalam praktik computer science. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan ini, ada baiknya kamu mengetahui sedikit tentang dasar-dasar materi tersebut. 

    Di BINUS University, kamu bisa mempelajari computer science untuk mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komputer. Dengan akreditasi A dari BAN – PT, kurikulum jurusan ini mengedepankan inovasi dan mempersiapkan lulusannya untuk beradaptasi dengan ilmu komputer yang terus berkembang. 

    Selain hard skill berupa dasar ilmu komputer serta algoritmanya, lulusan computer science BINUS University juga dipersiapkan menjadi individu yang memiliki kemampuan memecahkan masalah serta mampu bekerja dalam tim. 

    Bukan hanya menciptakan AI, lulusan dari jurusan ilmu komputer juga bisa menjalani karier di bidang dengan disiplin yang sama seperti menjadi data scientist, software engineer, system analyst, network specialist, serta multimedia programmer.

    Ke depannya, keahlian di bidang computer science akan semakin dibutuhkan sehingga memiliki prospek yang cerah. Jadi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendalami dan menjadi ahli di bidang computer science.