BINUS UNIVERSITY

    Sarjana Business Information Technology, Bersiap Kantongi Gaji Tinggi dari 5 Pekerjaan Ini

    Suatu sore, kamu sedang melihat-lihat barang di sebuah situs e-commerce. Karena tujuannya memang sekadar window shopping, kamu hanya menekan tombol favorit tanpa membelinya. 

    Dua hari berselang, masuklah email dari toko online yang sama. Isinya mengabarkan bahwa produk incaranmu sedang diskon. Karena tergiur, akhirnya kamu pun membelinya saat itu juga.

    Familier dengan pengalaman serupa? Jika kamu penasaran, itulah cara big data bekerja. Fitur masa depan yang ditawarkan big data menjadi jembatan penting untuk kemajuan bisnis dan industri.

    Dalam konteks pengalaman belanja pelanggan, sistem big data bekerja dengan cara merekam setiap aktivitas konsumen saat berselancar di sebuah toko online. Dari riwayat itulah, terkumpul insight yang nantinya dimanfaatkan pemilik bisnis untuk memberi rekomendasi produk paling tepat sesuai kebutuhan masing-masing calon pembeli. 

    Nah, karena konten marketing-nya sudah tertarget, potensi sales otomatis juga makin besar. Angka penjualan meningkat, bisnis pun maju pesat.

    Berkarier di Bidang Big Data

    Big data, Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan semacamnya adalah tren yang akan terus tumbuh positif di era digital seperti sekarang. Survei yang dihimpun The Harvey Nash/KPMG CIO Survey bahkan menyebutkan bahwa big data analytics adalah skill langka sekaligus paling dicari—tidak hanya saat ini, tetapi juga di masa depan.

    Menjawab tingginya demand dan peluang akan SDM berkualitas dengan kemampuan terlatih di bidang big data, BINUS University pun membuka program kuliah bernama Business Information Technology.

    Dengan mengombinasikan tiga spesialisasi di bidang Business Analytics, Social Media, dan IT Entrepreneurship, jurusan Business IT akan membekali mahasiswa dengan keahlian di ranah pengembangan IT untuk industri/bisnis.

    Lulusan Business Information Technology juga mempunyai peluang karier bergengsi yang sangat luas di masa depan. Beberapa di antaranya:

    • Business Analyst

    Masa Depan

    Sarjana Business IT punya peluang mengembangkan karier bergengsi sebagai seorang business analyst. Profesi ini tidak hanya banyak dicari, tetapi juga menjanjikan gaji tinggi.

    Business analyst bertanggung jawab menganalisis kegiatan dan performa bisnis suatu perusahaan melalui pemanfaatan big data dan teknologi informasi. Dengan laporan berbasis data yang lebih akurat, perusahaan pun bisa mencapai target yang diharapkan.

    • System Analyst

    Masa Depan

    Selain business analyst, system analyst juga merupakan profesi yang tak kalah tinggi demand-nya. Kabar baiknya, karier ini terbuka lebar untuk para lulusan Business IT. Tugasnya meliputi menganalisis sistem perusahaan melalui big data tersaji, mengidentifikasi masalah yang muncul, sekaligus menghadirkan solusi yang paling tepat dan akurat.

    • Web Analytics Consultant

    Masa Depan

    Target bisnis bisa dicapai salah satunya dengan menganalisis website secara berkala. Untuk menghasilkan laporan yang akurat, perusahaan perlu mempekerjakan seorang web analytics consultant.

    Web analytics consultant bertugas mengawal situs web perusahaan dan mengembangkan indikator kinerja yang nantinya dijadikan sebagai salah satu acuan dalam meningkatkan performa bisnis. Dan ya, para lulusan Business IT punya peluang besar untuk mengembangkan karier sebagai seorang konsultan web analitik.

    • Software Developer

    Masa Depan

    Berkarier sebagai seorang software developer bisa menjadi pilihan setelah lulus dari program Business IT. Job deskripsinya di antaranya merancang sistem komputer yang sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan, menganalisis sistem dan programming, hingga mengerjakan software quality assurance.

    • Social Media Consultant

    Masa Depan

    Menjadi social media consultant membutuhkan keahlian spesifik di bidang business IT. Tugasnya adalah merancang strategi promosi yang bagus agar target perusahaan bisa tercapai, entah itu berupa peningkatan sales maupun brand awareness.  

    Seorang konsultan media sosial tidak lepas dari pemanfaatan big data dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 

    Tentu masih banyak lagi peluang karier di masa depan untuk lulusan Business Information Technology BINUS University, seperti database developer, programming consultant, information manager, application developer, sampai technopreneur.