BINUS UNIVERSITY

    Punya Impian Jadi Ahli Quality Control di Bidang Makanan? Program Kuliah Teknologi Pangan Jawabannya!

    Belakangan, kemunculan pabrik atau perusahaan di bidangan makanan kian bertumbuh pesat. Tak ayal, fenomena ini pun menjadi peluang emas bagi mahasiswa yang mengambil program kuliah teknologi pangan.

    Prospek karier lulusan teknologi pangan pun dinilai tak lekang oleh waktu karena akan terus dibutuhkan di kemudian hari. Anggapan ini didasarkan atas banyaknya permintaan masyarakat terhadap makanan sebagai salah satu kebutuhan dasar untuk hidup.  

    Nah, bicara mengenai teknologi pangan, salah satu peluang karier yang banyak dibicarakan adalah ahli quality control atau disebut juga sebagai pengendali mutu. Buat pembaca yang belum banyak tahu seputar teknologi pangan serta profesi quality control, kamu bisa cek ulasan berikut ini. 

     

    Apa Itu Program Kuliah Teknologi Pangan? 

    Program Kuliah

    Teknologi pangan merupakan jurusan yang berfokus untuk mempelajari prinsip teknik, fisika, dan kimia guna menunjang proses pemilihan bahan pangan hingga proses pembuatan, pengemasan, dan distribusi produk makanan. Di awal perkuliahan, biasanya kamu akan dikenalkan kembali terkait cabang ilmu pengetahuan alam, seperti kimia, fisika, dan biologi. 

    Di tahun-tahun selanjutnya, peserta didik akan diarahkan untuk mata kuliah lebih  khusus, seperti bioteknologi. Bicara mengenai bioteknologi, nantinya kamu akan belajar mengenai teknik pengawetan hingga cara menentukan tanggal kedaluwarsa suatu produk. 

    Berkecimpung dalam bidang makanan membuat program kuliah teknologi pangan kerap disamakan dengan program kuliah tata boga. Padahal keduanya merupakan jurusan yang berbeda, lho. Tata boga lebih berfokus pada ilmu yang mempelajari teknik penyajian makanan agar memiliki nilai estetika tanpa meninggalkan potensi gizi di dalamnya. 

    Selama mengenyam pendidikan di jurusan teknologi pangan kamu akan diajarkan beberapa mata kuliah terkait rekayasa proses pangan, manajemen industri pangan, teknologi fermentasi, serta mikrobiologi dan keamanan pangan. 

    Nantinya, lulusan teknologi pangan bisa melebarkan kariernya menjadi quality control (pengendali mutu), pengembang produk, wirausaha, bahkan peluang bekerja di instansi pemerintahan pun terbuka lebar.  

     

    Mengenal Quality Control Sebagai Karier Incaran Lulusan Teknologi Pangan

    Program Kuliah

    Memasuki program kuliah tingkat akhir, mahasiswa tengah bersiap untuk fase hidup baru, menjadi karyawan di perusahaan incaran atau meneruskan pendidikan untuk meraih gelar pendidikan lebih tinggi. Untuk lulusan teknologi pangan yang lebih memilih karier, menekuni profesi sebagai ahli quality control bisa menjadi solusi. 

    Pertanyaan yang sering diajukan adalah, apa saja tugas dari seorang ahli quality control? Kenalan dulu, yuk!

    Quality control merupakan profesi yang bertanggung jawab melakukan pengendalian mutu selama produksi makanan dilakukan agar sesuai dengan standar yang ada. Kabar baiknya, peluang kerja dari pekerjaan ini cukup tinggi karena saat memproduksi satu jenis makanan saja bisa membutuhkan sekitar 15 orang pengendali mutu. 

    Adapun tugas dari seorang quality control adalah sebagai berikut:

    • Memantau proses produksi dan melakukan pengujian guna memastikan kualitas produk sesuai standar.
    • Menentukan produk mana yang layak jual mana yang tidak
    • Merekomendasikan proses pengolahan ulang jika produk berkualitas rendah
    • Mendokumentasikan seluruh kegiatan inspeksi dan pengujian produk yang sudah dilakukan.

    Guna menunjang performanya, seorang pengendali mutu harus menguasai beberapa kompetensi, seperti:

    • Memahami standar mutu pangan, baik skala nasional dan internasional
    • Dapat memimpin tim dengan baik
    • Analisis parameter mutu bahan pembuatan produk ke dalam sifat kimia, fisik, dan biologis. 
    • Merencanakan, mengarahkan, dan mengendalikan proses produksi
    • Mencari tahu potensi pengembangan produk

     

    Itulah informasi ringkas seputar program kuliah teknologi pangan sekaligus profesi quality control sebagai salah satu peluang karier menjanjikan. Tertarik menekuni bidang satu ini? Mulailah dengan memilih kampus terbaik yang menyediakan pendidikan teknologi pangan. 

    Sebagai alternatif, BINUS University menawarkan program studi teknologi pangan dengan kurikulum yang telah dirancang sedemikian rupa guna menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing.