BINUS UNIVERSITY

    Pilihan Karier Lulusan Jurusan Komunikasi di Era Digital

    Kecanggihan teknologi di era modern menciptakan banyak peluang kerja baru. Kesempatan tersebut pun bisa dimanfaatkan oleh siapa pun, termasuk bagi kamu yang merupakan lulusan jurusan komunikasi. Bahkan, peluang meniti karier bagi alumni komunikasi jauh lebih luas dibandingkan jurusan lain.

    Alasan utama yang membuat lulusan komunikasi punya peluang karier lebih besar tidak lain karena tingkat kebutuhannya semakin meningkat. Apalagi, daya jangkau perusahaan kian luas dan tidak lagi terbatasi faktor demografi. Oleh karenanya, peran karyawan berlatar belakang komunikasi sangatlah krusial.

    Tidak hanya memiliki peluang kerja yang sangat besar. Alumni jurusan komunikasi juga memiliki banyak pilihan karier, apalagi kalau kamu punya kompetensi tinggi. Kamu tidak hanya mampu berkecimpung dalam dunia jurnalistik saja, tetapi ada berbagai peluang karier menjanjikan yang bisa dipilih, antara lain:

    1. Public relation specialist

     

    Jurusan Komunikasi

    Menjaga dan meningkatkan image perusahaan menjadi tugas utama tenaga public relation specialist. Oleh karena itu, mereka perlu menyusun rencana, implementasi, serta memonitor aktivitas terkait public relation perusahaan. Tugas dan tanggung jawab itu mencakup aktivitas internal dan eksternal perusahaan.

    Berkaitan dengan komunikasi internal, public relation specialist perlu menyusun presentasi, laporan, komunikasi verbal, ataupun konten website. Selain itu, lulusan komunikasi yang bekerja sebagai public relation specialist juga perlu mengerjakan tugas seperti membuat rilis pers, artikel, blog, fact sheet, serta materi publikasi lainnya.

    1. Product marketing manager

    Jurusan Komunikasi

    Lulusan jurusan komunikasi juga berpeluang menjadi product marketing manager. Kamu perlu mengembangkan strategi marketing sebagai upaya promosi produk, dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti pemanfaatan konten, video, ataupun audio. Pengembangan strategi marketing tersebut juga menuntut kamu untuk berkolaborasi dengan tim lain, yakni sales, marketing, dan produksi.

    Selain itu, product marketing manager juga perlu melakukan riset pasar dan audience. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kompetisi produk di pasaran. Selain itu, kamu juga perlu membangun relasi dengan influencer, tenaga ahli, serta praktisi untuk membangun perencanaan konten.

    1. Digital strategist

    Jurusan Komunikasi

    Seorang digital strategist punya peran penting dalam membangun strategi promosi digital. Karena berhubungan dengan dunia digital, kamu perlu melengkapi diri dengan skill terkait digital marketing kalau ingin terjun dalam bidang profesi ini. Selain itu, kamu juga perlu berkolaborasi dengan tim lain, termasuk tim konten, sosial media, serta marketing.

    Tugas utama yang diemban oleh digital strategist adalah sebagai jembatan yang menghubungkan antara keinginan, kebutuhan, serta tujuan antara bisnis dan audience. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, digital strategist akan membangun strategi meningkatkan brand awareness di mata audience. Caranya cukup beragam, mulai dari pemanfaatan akun media sosial, SEO, hingga konten website.

    1. Communication manager

    Jurusan Komunikasi

    Kamu juga bisa memilih karier sebagai communication manager. Posisi ini punya tanggung jawab mengembangkan sekaligus mengimplementasikan strategi komunikasi untuk keperluan promosi dan marketing. Kamu pun perlu melakukan komunikasi secara efektif dalam upaya memperlihatkan keunggulan brand perusahaan.

    Seorang communication manager perlu memilih metode komunikasi yang cocok dengan image perusahaan. Selain itu, kamu juga perlu mengidentifikasi peluang membangun konten menarik melalui berbagai jalur komunikasi seperti media sosial, newsletter, rilis pers, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa konten sejalan dengan strategi bisnis perusahaan.

    1. Corporate communication specialist

    Jurusan Komunikasi

    Lulusan komunikasi juga berpeluang menempati posisi sebagai corporate communication specialist. Posisi pekerjaan ini bisa kamu temukan ketika bekerja di perusahaan berskala besar. Tugas utamanya adalah membangun konten serta rencana komunikasi internal dan eksternal.

    Tanggung jawab seorang corporate communication specialist cukup besar. Kamu perlu membangun berbagai jenis konten, seperti email, video instruksional, presentasi media, serta komunikasi internal perusahaan lainnya. Selain itu, kamu perlu membangun image positif perusahaan dalam situasi apa pun.

    Itulah beberapa peluang karier yang bisa didapatkan oleh lulusan komunikasi di era digital seperti sekarang. Kesempatan besar itu bisa kamu manfaatkan seluas-luasnya kalau berkuliah di perguruan tinggi berkualitas. Pilihan terbaiknya bisa kamu dapatkan kalau memutuskan berkuliah di Binus University.