BINUS UNIVERSITY

    Kuliah Ambil Jurusan Management? Ini Dia Peluang Kerjanya!

    Management adalah salah satu pilihan jurusan yang banyak diambil saat kuliah. Sebagai jurusan favorit, management merajai peringkat atas di berbagai kampus. Peluang kerja yang terbuka lebar menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa mengambil jurusan ini.

    BINUS University sendiri merancang program management untuk menciptakan pemimpin yang mampu menghadapi persaingan global. Tidak hanya mampu mengarahkan, para lulusannya diharapkan terampil dalam berwirausaha serta punya basis kemampuan teknologi informasi yang kuat. Dengan begitu, setelah tamat kuliah kamu dapat menjadi tenaga penggerak yang mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan dalam berbagai bidang, sekaligus berkontribusi bagi kemajuan masyarakat dan bangsa.

    Jika kamu berencana kuliah mengambil jurusan management, ada beragam peluang kerja yang siap menyambutmu. Apa saja?

    • Pegawai Bank (Account Officer)

    Kuliah

    Salah satu profesi yang banyak diisi oleh lulusan management adalah Account Officer di bank. Tugas yang akan kamu lakukan jika memilih profesi ini antara lain adalah mengenalkan produk kepada nasabah sekaligus melakukan follow up. Kamu juga akan berperan dalam memberikan penerangan kepada nasabah atau klien yang kurang paham dengan cara kerja produk yang ingin mereka gunakan. Account Officer juga dapat berkoordinasi dengan marketing dalam perencanaan pemasaran.

    • Product Manager

    Kuliah

    Product manager merupakan seseorang yang bertanggungjawab dalam perencanaan dan pengembangan sebuah produk yang ingin dirilis oleh perusahaan. Dalam prosesnya, seorang product manager harus mampu menciptakan produk yang punya daya tarik tinggi. Caranya adalah dengan melakukan analisis data penjualan sebelumnya, melihat tren, permintaan konsumen serta ciri khas dari produk sejenis. Seorang product manager tidak hanya dituntut mampu berpikir kreatif, tapi juga memiliki kemampuan leadership dalam membawahi tim pelaksana yang bertugas.

    • Market Researcher

    Kuliah

    Pasar global terus berubah sepanjang waktu. Sektor ini memerlukan seseorang yang mampu berpikir kreatif untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi. Jika kamu memiliki ketertarikan pada bidang ekonomi dan bisnis, setelah lulus kuliah kamu bisa menjadi seorang market researcher.

    Market researcher bertanggung jawab penuh dalam menyajikan data sesuai dengan hasil wawancara maupun angket. Data inilah yang nantinya akan digunakan untuk merancang sebuah produk. Dengan menjadi market researcher kamu berkesempatan bekerja sekaligus jadi penasihat bagi brand-brand besar dalam pengambilan keputusan untuk produk yang akan mereka buat.

    Tidak hanya itu, seorang market researcher juga kadang diberi tugas untuk menjadi perencana atau planner sekaligus analis marketing. Kamu biasanya akan diminta untuk melakukan riset dengan cara survei. Hasil survei inilah yang nanti akan digunakan untuk merumuskan produk seperti apa yang cocok untuk pasar dan sesuai dengan visi perusahaan.

    • Event Planner/Event Organizer

    Kuliah

    Secara sederhana, event planner dapat didefinisikan sebagai produser dari sebuah acara atau helatan. Acara ini bisa berupa pameran, festival budaya hingga konser musik. Seorang event planner bertugas merumuskan rencana acara kemudian mewujudkannya sesuai dengan tujuan acara itu sendiri.

    Seorang event planner tidak hanya diharuskan memiliki kemampuan management yang baik, tapi juga dapat berpikir kreatif dan out-of-the-box. Selain menjanjikan penghasilan dan pengalaman yang luar biasa, profesi ini juga memungkinkanmu memiliki jam kerja yang fleksibel.

    • Pengusaha (Entrepreneur)

    Kuliah

    Profesi pengusaha bukanlah sesuatu yang bisa dijalankan oleh sembarang orang. Kamu harus punya kemampuan mengerahkan sumber daya yang kamu miliki, mulai dari pikiran, keahlian, waktu dan materi. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan produk berdaya jual yang mampu bersaing di pasaran.

    Pengusaha juga wajib memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif. Dengan mengambil jurusan management, kamu akan mendapatkan bekal yang mumpuni untuk terjun ke dunia bisnis. Kamu akan dibekali dengan kemampuan pengembangan, pengelolaan hingga penerapan teknologi dalam bisnis yang kamu jalankan.

    Selain 5 peluang kerja di atas, kuliah di jurusan Management BINUS UNIVERSITY masih menyediakan beragam peluang lain yang tidak kalah menjanjikan. Kembangkan dirimu bersama BINUS University dengan memilih Management sebagai jurusan kuliahmu!