BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia 5 Jurusan Paling Diminati dengan Prospek Cerah Saat Ini

    Perlu diakui, zaman semakin berkembang dan banyak disiplin ilmu baru yang mungkin tidak ditemukan sepuluh atau dua puluh tahun ke belakang. Inilah mengapa, dunia pendidikan pun senantiasa berinovasi untuk bisa menjadi fasilitas belajar bagi generasi muda tanpa harus ketinggalan zaman. 

    Bukan hanya harus sesuai dengan minat dan bakat, menentukan jurusan perkuliahan juga perlu melihat perkembangan dunia untuk memastikan keahlian kamu berguna bagi masyarakat nantinya. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 jurusan yang paling diminati dengan prospek cerah saat ini:

    • Ilmu Kedokteran

    Jurusan

    Ilmu kedokteran selalu menjadi primadona sebagai peringkat pertama jurusan yang paling diminati. Alasannya jelas, seiring dengan penduduk dunia yang terus bertambah, kebutuhan akan dokter dan tenaga medis pun meningkat.

    Terlebih lagi, dekade ini dibuka dengan adanya pandemi yang menimpa lebih dari 180 negara di seluruh dunia. Ke depannya, manusia akan lebih peka mengenai kesehatan serta lebih membutuhkan tenaga ahli di bidang medis. Meskipun kursi yang tersedia sedikit, ilmu kedokteran menjadi jurusan paling populer di universitas negeri seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. 

    • Ilmu Psikologi

    Jurusan

    Selain kedokteran, jurusan psikologi menyusul menjadi bidang ilmu yang paling diminati. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Di tengah-tengah padatnya pekerjaan dan tuntutan kehidupan, memiliki dampingan di bidang psikologis menjadi sebuah kebutuhan. 

    Bukan hanya itu, ilmu psikologi juga merupakan salah satu ilmu yang bisa diterapkan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dunia kerja, bisnis, hingga pengelolaan sumber daya manusia. Kalau kamu sedang mencari perguruan tinggi, BINUS University bisa jadi pertimbangan. Sebab, jurusan psikologi di BINUS University sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Keunggulan lainnya, kamu bisa memilih enrichment program agar bisa merasakan praktik langsung di bidang psikologi. 

    • Computer Science dan Teknik Informasi

    Jurusan

    Tidak dapat terelakkan, kita kini tumbuh bersama teknologi yang terus berkembang. Ahli-ahli di bidang computer science dan teknik informatika semakin dibutuhkan untuk mengelola teknologi yang sudah ada serta menciptakan teknologi baru yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. 

    Banyak kampus yang sudah menyediakan jurusan khusus computer science yang mempelajari ilmu komputer secara mendalam. Salah satunya adalah Bina Nusantara University yang memiliki School of Computer Science (SoCS) yang terakreditasi A dari BAN-PT. Dengan empat penjurusan yaitu Mobile Application and Technology, Game Application and Technology, Cyber Security, dan Computer Science, SoCS BINUS University bekerja sama dengan perusahaan teknologi ternama seperti IBM, CiSCo, dan Microsoft. 

    • Desain Komunikasi dan Media

    Jurusan

    Majunya teknologi juga berarti kebutuhan akan desain meningkat. Banyak bidang yang bertumpu pada desain dan kreativitas untuk mendukung dunia teknologi dan informasi. Kalau kamu memilih School of Design di BINUS University, kamu bisa memilih jurusan Film, Interior Design, atau Visual Communication Design. Jurusan yang terakhir terbagi lagi menjadi tiga yaitu Animation, Creative Advertising, dan New Media. 

    Bagi kamu yang senang bekerja di dunia kreatif, mendaftar pada jurusan desain memang menjadi idaman. Jadi, kamu bisa menyalurkan bakat sekaligus mempelajari bagaimana bakat tersebut bisa digunakan dalam industri kreatif.

    • Ekonomi dan Bisnis

    Jurusan

    Ilmu bisnis tampaknya adalah bidang yang akan terus berkembang bersama teknologi. Bahkan, saat ini sudah ada jurusan bisnis digital yang mengintegrasi teknologi informatika dengan ilmu bisnis. Bagi kamu yang senang dengan entrepreneurship atau bidang ekonomi, ilmu bisnis patut menjadi pilihan. 

    BINUS University sendiri membuka jurusan bisnis sejak tahun 2011. Lalu, jurusan tersebut bertransformasi menjadi sebuah program yang disebut sebagai BINUS Business School. Tahun 2019, BINUS Business School sudah terakreditasi oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International, menjadikan BINUS University salah satu perguruan tinggi yang memiliki sekolah bisnis yang diakui dunia. 

    Nah, apakah di antara jurusan favorit tersebut ada yang kamu minati? Sebenarnya, tidak perlu bingung dalam menentukan jurusan. Kamu hanya perlu menyeimbangkan antara minat, bakat, dan kemampuan kamu dalam menjalani perkuliahan tersebut. Hindari memaksakan salah satunya agar kamu tetap semangat dalam belajar nantinya. 

    Saat kehilangan motivasi, melihat prospek karier ke depannya bisa menjadi dorongan tersendiri agar kembali semangat. Jadi, sudah tahu mau ambil jurusan apa? Kamu bisa datang ke website BINUS University untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai jurusan yang kamu minati.