BINUS UNIVERSITY

    Industri 4.0 di Indonesia, Peluang Emas Lulusan Sistem Komputer

    Dari sekian banyak hal di dunia, satu-satunya yang tetap adalah perubahan itu sendiri. Maka, manusia dituntut untuk mampu beradaptasi demi bertahan hidup. Seperti yang terjadi saat ini ketika perkembangan teknologi melesat cepat, khususnya dalam bidang otomatisasi. 

    Contoh paling mudah, bandingkan apa saja yang bisa dilakukan smartphone tahun 2020 dan 2015. Hal-hal yang sebelumnya tidak terbayang bisa terjadi, kini dapat terwujud berkat kecanggihan ilmu pengetahuan. Era industri 4.0 sudah muncul di Indonesia, ditandai oleh kehadiran beberapa pilar penting yang siap mengembangkan industri konvensional ke siap digital. 

    Beberapa pilar tersebut tentu familier di telingamu. Sebut saja, internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI), big data, cloud computing, augmented reality, dan cyber security. Bahkan, bukan tak mungkin kecanggihan tersebut bisa menggeser posisi manusia, terutama pada jenis pekerjaan yang berulang dan tidak butuh analisis mendalam.

    Namun, perkembangan dunia IT tetap tidak bisa lepas dari manusia sebagai aktor utama. Maka, menyiapkan SDM tangguh yang mampu merespons perubahan zaman secara cepat dan tepat jadi tantangan. Itulah mengapa program studi sistem komputer atau computer engineering hadir sebagai solusi terbaik menghadapi era industri 4.0 di Indonesia.

    Tentang Program Studi Sistem Komputer BINUS

    Teknologi

    Pembelajaran di sistem komputer memadukan teknik elektro dan ilmu komputer guna pengembangan perangkat keras, perangkat lunak, serta jaringan komputer. Boleh dibilang, mahasiswa sistem komputer itu gabungan jurusan teknik informatika dan sistem informasi. 

    Nah, salah satu kampus yang memiliki jurusan sistem komputer terbaik adalah BINUS University. Program studi ini telah berdiri sejak 1987 di bawah Fakultas Ilmu Komputer dan pindah ke bawah naungan Fakultas Teknik pada 2011. 

    Keahlian utama yang bakal kamu pelajari adalah bagaimana mendesain dan membangun “otak” komputer atau alat elektronik lain. Tujuannya agar dapat mengontrol sistem pengoperasian yang berbentuk prosesor atau chip dalam motherboard. Dengan kata lain, kamu akan belajar merancang suatu mesin yang mampu bekerja saat diberi perintah berupa bahasa pemrograman mesin.

    Lebih lanjut, kuliah di Sistem Komputer BINUS punya deretan keunggulan berikut.

    • Telah mengantongi akreditasi ABET

    Akreditasi ABET  (Accreditation Board for Engineering and Technology) jadi tolak ukur keberhasilan suatu program studi teknik dalam skala global. ABET merupakan badan akreditasi nonpemerintah dan nonprofit Amerika Serikat yang mengakreditasi berbagai program studi dalam disiplin ilmu rekayasa dan teknologi, komputasi, dan terapan. 

    Penerimaan akreditasi tersebut menunjukkan bahwa lulusan Sistem Komputer BINUS punya kompetensi andal untuk siap bekerja di dunia nyata, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Singkat kata, kurikulum dan sistem perkuliahan BINUS sudah sesuai standar internasional. BINUS adalah satu-satunya kampus swasta yang menerima akreditasi ABET lho!

    • Pengembangan kurikulum berbasis IEEE-ACM dan APTIKOM

    Bicara soal kurikulum, BINUS mengembangkan kurikulum sistem komputer sesuai IEEE-ACM (standar internasional) dan APTIKOM (standar nasional). Penerapan kedua kurikulum tersebut membuat BINUS mencetak lulusan yang mampu menjawab tantangan lokal sekaligus global. 

    Hal ini didukung pula oleh proses pembelajaran berbasis IT lewat sistem Multi Channel Learning (MCL) Binus Maya. Kurikulum mutakhir tersebut akan mendorongmu fokus pada pembelajaran kecerdasan mesin dan pembelajaran smart device yang didukung keamanan sistem tercanggih. 

    • Enrichment program yang memberdayakan

    BINUS menginginkan lulusannya bukan hanya jago utak-atik menciptakan perangkat komputer saja, tetapi juga mampu memberi dampak pada masyarakat. Hal tersebut bisa terwujud berkat kehadiran enrichment program yang dikenal sebagai program (2+1)+1. 

    Berlangsung pada semester 6 dan 7, kamu bisa memilih satu dari beberapa program menarik. Sebut saja, magang, riset/penelitian, community development, study abroad, dan entrepreneurship. Lewat program tersebut, kamu bisa merasakan sendiri bagaimana serunya bekerja sama mewujudkan proyek, belajar jadi sosok yang profesional, sekaligus memberi kontribusi nyata kepada lingkungan sekitar.

    • Pilihan karier yang terus bertambah

    Era industri 4.0 membuka banyak peluang emas kepada lulusan sistem komputer. Boleh dibilang, lulusan jurusan ini bakal paling dicari perusahaan saat ini. Para ahli computer engineering dipandang mampu memimpin adaptasi industri agar siap digital, sekaligus menjadi pionir pengembangan teknologi di masa mendatang.

    Sebagai lulusan sistem komputer, karier kamu terbilang cerah. Kamu bisa melakoni profesi di bidang sistem operasi dan jaringan, telekomunikasi, robotik, aplikasi software, hingga industri baru yang sedang naik daun seperti IoT, nano technology, big data, dan cyber security.

    Sekarang tentu kamu sudah makin memahami bagaimana industri 4.0 membuka peluang emas bagi lulusan sistem komputer. Buat kamu yang ingin ambil bagian dalam pengembangan teknologi, wajib kuliah di jurusan Sistem Komputer BINUS University. Daftar sekarang, yuk!