BINUS UNIVERSITY

    Business Analyst: Profesi Bergengsi dengan Peluang Karier Menjanjikan

    Bureau of Labor Statistics (BLS) Amerika memperkirakan bahwa tingginya permintaan akan business analyst di dunia industri bakal meningkat hingga 14% pada 2024 mendatang—lebih tinggi daripada rata-rata profesi lainnya.

    Pertanyaannya, mengapa business analyst punya demand yang sangat tinggi, padahal satu dekade lalu profesi ini masih jauh dan kalah populer dibandingkan pekerjaan mainstream lain seperti akademisi dan entrepreneur

    Jawabannya adalah karena evolusi teknologi….

    Ya, kehadiran IoT, machine learning, dan big data merupakan cikal-bakal lahirnya bidang business analytics. Job deskripsi seorang business analyst meliputi evaluasi dan pemecahan tantangan bisnis dengan cara me-review dan menganalisis informasi (big data) suatu perusahaan atau institusi.

    Bagaimana Menjadi Seorang Business Analyst?

    Program Kuliah

    Seorang business analyst dituntut untuk memiliki keahlian khusus di bidang business analytics. Jadi, strong background di field tersebut memang menjadi syarat mutlak. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang menawarkan program kuliah di bidang business analytics; salah satunya adalah BINUS University.

    Business Analytics BINUS University adalah bagian dari School of Information Systems. Di ruang kelas, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan spesifik untuk menghadapi era industri 4.0; salah satunya adalah penguasaan tool analytics.

    Teknik analisis dan visualisasi data juga merupakan keterampilan integral yang akan didapat mahasiswa selama belajar di jurusan ini. Nantinya kemampuan ini bisa diimplementasikan ke beragam sektor, mulai dari ekonomi, keuangan, hingga pemasaran.

    Jalur Karier Ideal untuk Business Analyst

    Program Kuliah

    Bekerja sebagai seorang business analyst akan membukakanmu pada banyak sekali peluang karier bonafide di masa depan. Dan tentunya, gaji yang akan kamu terima juga tidak main-main jumlahnya.

    Kelak saat kamu sudah matang oleh pengalaman, tangga karier di bidang business analytics berikut dijamin bakal amat mudah dilalui.

    • IT Business Analyst

    Seorang IT business analyst bertugas mengatur dan memfasilitasi proyek-proyek perusahaan dengan keahliannya di bidang IT, software, dan manajemen bisnis. Skill komunikasi yang baik dan mumpuni juga diperlukan untuk memastikan project approval dapat dicapai dengan mulus. Sebagian orang menyebut profesi ini dengan IT project manager.

    • Data Scientist

    Untuk berkarier sebagai seorang data scientist, kamu mesti punya background akademis di bidang matematika, statistika, atau computer science. 

    Kamu yang mengambil program kuliah Business Analytics juga punya peluang yang sama untuk menjadi seorang saintis data. Ssst, rata-rata gaji seorang data scientist $120.000 per tahun, lho.

    • Quantitative Analyst

    Quantitative analyst sering juga disebut dengan financial engineer, quantitative researcher, quantitative trader, atau quantitative developer.

    Seorang quantitative analyst bertanggung jawab me-review data untuk membuat, mengimplementasikan, serta menyajikan model matematika yang tepat untuk mengawasi setiap keputusan keuangan yang diambil perusahaan.

    Dengan kehadiran quantitative analyst, perusahaan pun terhindar dari segala risiko finansial yang akan merugikan performa dan masa depan bisnis jangka panjang.

    • Management Analyst

    Management analyst atau management consultant punya peran sentral memberi masukan-masukan penting terkait proses bisnis kepada pimpinan perusahaan dengan memanfaatkan big data.

    Bureau of Labor Statistics menyebut rata-rata gaji tahunan seorang management analyst adalah sekitar $83.000. Sangat menggiurkan, bukan?

    • Solutions Architect

    Solution architect bertugas mengembangkan solusi fungsional untuk memecahkan segala kendala bisnis sesuai dengan persyaratan teknis yang ditetapkan. Itulah mengapa mereka harus paham betul mengenai bagaimana cara sistem IT dan big data bekerja.

    Solution architect adalah pilihan karier lanjutan untuk kamu yang punya background profesional maupun akademik di bidang Business Analytics.

    Lihatlah betapa business analyst adalah profesi bergengsi dengan jenjang karier yang fantastis. Dengan mengambil program kuliah tersebut, kamu pun punya peluang besar untuk maju dan bersaing di level internasional.