BINUS UNIVERSITY

    Blockchain, Teknologi Masa Depan untuk Industri yang Lebih Unggul

    Jakarta, 3 November 2020 – Ditengah era teknologi yang terus berkembang pesat tentunya memiliki pengaruh besar terhadap kualitas dari individu diseluruh penjuru dunia. Salah satunya yang saat ini semakin mendunia yaitu teknologi Blockchain, pada awal kemunculannya , Blockchain hadir melalui transaksi cryptocurrency seperti Bitcoin, bahkan kini telah merambat kepada Enterprise System. Kini dapat dibilang sebagai teknologi penyedia dokumen digital, dan muncul untuk merevolusi teknologi keuangan yang lebih modern dengan sistem kerja yang lebih instan dan efisien tanpa perlu bergantung pada server yang tersentralisasi.

    Sebagai kampus yang sangat mendukung terhadap informasi pengembangan digital, BINUS UNIVERSITY kembali menyelenggarakan ITALK (Inspiring Talk) yang bertajuk “The Introduction of Blockchain (One of Future Technologies in Industry 4.0.” Sebagai upaya dalam mendukung perkembangan teknologi di Era Industri 4.0, BINUS UNIVERSITY terus fokus berkontribusi untuk memberikan informasi yang bersifat edukatif, khususnya dalam Teknologi Blockchain, yang kini semakin digunakan pada kebutuhan sektor industri.

    Tentunya turut menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya, bapak Oham Dunggio, selaku Chairman of Asosiasi Blockchain Indonesia, berkesempatan memaparkan penjelasan mengenai Teknologi Blockchain atau yang disebut dengan Distributed Ledger Technology, dimana akan sangat berguna karena memudahkan dalam proses pemindaan data yang dilakukan secara peer-to-peer, dengan mendistribusikan database ke beberapa titik sehingga tidak perlu bergantung pada satu buah server.

    Selanjutnya bila melihat dari sisi potensi Blockchain di Indonesia, wilayah di Indonesia secara  geografi sangat decentralized, dan terus mendapat antusias besar dibuktikan salah satunya dengan diterima dengan baik oleh pemerintah dan perusahaan yang semakin bertambah. Kemudian Oham Dunggio mengungkapkan bagaimana Blockchain sebenarnya sudah kerap digunakan misalnya dalam, Remittances, QRIS, Record Keeping/ Medical Record/ Tax Paying, Intenet of Things & Big Data, dan Supply Chain Management.

    Dengan pembahasan lebih dalam terhadap Blockchain, turut hadir bapak Andre Jenie, selaku Senior Cloud Architect at Amazon Web Services (AWS) menambahkan secara garis besar tujuan dari Blockchain menekankan terhadap bentuk transparan, khususnya disektor keuangan, jadi bagi perusahaan dan industri yang telah mengadopsi teknologi Blockchain ini dapat dengan mudah dilacak serta dapat diakses oleh siapapun melalui internet dan tentu memberikan rasa aman terhadap data pribadi karena itu sangat dibutuhkan sebagai jaminan.

    Dengan diadakakan sesi ITALK bersama Blockchain, diharapkan peserta yang hadir mendapat pengetahuan teknologi yang tengah berkembang saat ini. Kegiatan Inspiring Talk ini dapat menginspirasi seluruh peserta, khususnya anak muda dalam membangun masa depan yang berkualitas dan memiliki kontribusi terhadap masyarakat luas, seiring dengan kekuatannya dengan teknologi di era 4.0 ini.