BINUS UNIVERSITY

    Berikut Profesi yang Menjanjikan bagi Jurusan Data Science

    Sepuluh tahun yang lalu, mungkin jurusan data science belum banyak yang tahu. Selain peminatnya yang sedikit, banyak universitas tidak menyediakan jurusan ini. Jadi, apa sebenarnya yang dipelajari di jurusan data science?

    Data science mempelajari segala hal yang berhubungan dengan data komputer. Ketika lulus dari jurusan ini, seseorang diharapkan punya kemampuan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, mumpuni dalam ilmu statistika, data wrangling, transformasi data, dan beberapa bahasa pemrograman. 

    Dalam perusahaan, seorang data scientist bisa mengolah semua data tersebut untuk kepentingan bisnis atau menentukan arah perusahaan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengerti pentingnya pengolahan data sehingga kemampuan seorang data scientist semakin dibutuhkan. Bahkan, menurut sebuah survei oleh Institute for Business Management for Business Value (IBM), kebutuhan akan seorang data scientist melonjak signifikan dalam beberapa tahun terakhir dari sekitar 364.000 menjadi 2.720.000 di seluruh dunia, dan akan bertambah terus di masa depan

    Nah, berikut adalah beberapa bidang yang bisa kamu lirik jika kamu tertarik mengambil jurusan data science

    Data Science untuk Bisnis

    Masa Depan

    Dalam model bisnis pada umumnya, seorang data science dibutuhkan untuk bisa menyusun strategi bisnis. Dengan data yang didapat dari big data atau mahadata, data scientist di bidang bisnis menganalisis perilaku konsumen serta menentukan target pasar yang cocok sehingga bisa meningkatkan penjualan perusahaan.

    Semakin besar dan semakin lama usia perusahaan, analisis data yang dilakukan akan semakin rumit. Biasanya, pekerjaan data scientist dibantu lagi oleh seorang data analyst dan data engineer.

    Data Science di Bidang Keuangan

    Masa Depan

    Dengan menjamurnya perusahaan financial technology atau fintech, kebutuhan akan data scientist pun meningkat. Perusahaan model ini membutuhkan data science untuk bisa menganalisis perilaku nasabah, menentukan skor kredit, hingga melihat kredibilitas nasabah. Perusahaan di bidang keuangan biasanya sudah memiliki mahadata tersendiri yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang kemudian diolah oleh seorang data scientist

    Data Science di Industri Kesehatan

    Masa Depan

    Setiap tahunnya, industri kesehatan mengumpulkan data yang sangat banyak, baik itu dalam bentuk cetak atau data komputer. Nah, dengan adanya seorang data scientist, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti memprediksi datangnya musim flu di daerah tertentu, mendeteksi kemungkinan pandemi, melakukan diagnosis jangka panjang dari rekam medis pasien, menentukan pengobatan sesuai dengan kondisi pasien, hingga memastikan tidak ada klaim asuransi palsu. 

    Selain ketiga industri tersebut, saat ini semakin banyak bidang lain yang juga membutuhkan keahlian data science di masa depan. Data scientist pun memiliki jenjangnya tersendiri dari mulai Junior Data scientist, Senior Data scientist, hingga Chief Data scientist

    Selain Ilmu Data, Apa yang Harus Dimiliki Seorang Data Scientist?

    Masa Depan

    Ada beberapa soft skill yang harus dimiliki oleh seorang data scientist. Di antaranya adalah mampu berpikir kritis, memiliki daya analisis yang mumpuni, dan komunikasi. Bukan hanya itu, seorang data scientist juga perlu bisa bekerja dalam tim sebab sering kali pengolahan data yang besar tidak dapat dilakukan sendiri. 

    Seorang data scientist nantinya bukan hanya mengolah dan menganalisis data yang ada, tetapi juga melakukan visualisasi dan prediksi masa depan dari data tersebut. 

    Tempat Belajar Data Science Terbaik

    Masa Depan

    Saat ini beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan data science dalam jurusannya. Salah satunya ada di BINUS University. Di universitas ini, kamu akan diajarkan secara mendalam mengenai kumpulan data, data mining atau menambang data, memahami bahasa pemrograman, hingga menganalisis kumpulan data untuk keperluan tertentu. 

    Kamu juga tidak harus datang dari jurusan tertentu untuk bisa masuk ke dalam jurusan data science. Yang terpenting, kamu memiliki keinginan yang kuat dalam mempelajari disiplin ilmu yang ada dalam jurusan ini seperti matematika, statistika, analisis, dan pemrograman. Data science adalah ilmu yang masih terus berkembang, jadi dapat dipastikan jurusan ini merupakan salah satu yang memiliki prospek menjanjikan ke depannya. Dengan mempelajarinya dari sekarang, kamu membuka pintu untuk pengetahuan yang lebih luas lagi nantinya. 

    Jadi bagaimana, tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Cek jurusan data science di BINUS University sebagai salah satu pilihannya.