BINUS UNIVERSITY

    Alumni Business Management Kerja Apa? Ini Dia Prospek Kariernya!

    Setelah melahirkan banyak alumni sukses, jurusan Business Management BINUS University siap mencetak tenaga profesional dan wirausahawan baru dalam berbagai jenis bisnis, terutama bidang jasa teknologi dan komunikasi. Dengan memilih jurusan ini, kamu akan dipersiapkan untuk menghadapi pertumbuhan pesat layanan bisnis skala global. Terlebih saat ini bidang logistik dan e-commerce tanah air maupun internasional sedang berkembang pesat.

    Menjadi alumni dan memiliki gelar di bidang Business Management berpotensi mendatangkan efek positif pada prospek pekerjaan sekaligus penghasilan Anda. Banyak situs pencari kerja yang memasang persyaratan pendidikan di bidang manajemen bisnis untuk bisa melamar di sebuah perusahaan. Lantas, apa saja peluang karier yang siap kamu masuki setelah lulus nanti?

    • Marketing Manager

    Alumni

    Marketing manager atau manajer pemasaran bertugas memperkirakan permintaan akan sebuah produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan sekaligus pesaingnya. Marketing manager juga melakukan identifikasi pasar potensial untuk produk yang akan dibuat sekaligus mengawasi tim yang mengembangkan strategi untuk memaksimalkan keuntungan.

    • Sales Manager

    Alumni

    Manajer penjualan merupakan seorang tenaga profesional yang bertanggung jawab untuk menetapkan strategi di balik inisiatif dan sasaran penjualan. Ketika kamu menempati posisi ini, kamu juga bertugas memroses setiap keluhan konsumen, melakukan riset tentang preferensi mereka sekaligus mempersiapkan anggaran dan analisis statistik penjualan. Tujuannya adalah untuk menemukan strategi terbaik agar pemasaran berjalan sesuai target perusahaan.

    Selain itu, manajer penjualan juga bertugas merancang alur distribusi barang dan jasa termasuk menentukan wilayah penjualan, tujuan pemasaran sekaligus mengadakan program pelatihan untuk tenaga sales. Kamu juga akan dilibatkan pada proses perekrutan staf penjualan baru sekaligus mengevaluasi kinerja mereka secara berkala.

    • Business Analyst

    Alumni

    Business analyst bertugas mengumpulkan data mengenai masalah atau prosedur yang dilakukan oleh perusahaan. Data itu nantinya akan dianalisis untuk diambil kesimpulan dan dicari solusi bagaimana cara mengubahnya. Selanjutnya lewat proses wawancara, observasi hingga studi dokumen, business analyst merancang prosedur baru yang diharapkan dapat memperbaiki kondisi sebelumnya.

    • Financial Analyst

     

    Alumni

    Analis keuangan bertugas melakukan analisis kualitatif tentang keuangan dan investasi perusahaan. Financial analyst juga bertugas membuat bagan, grafik dan spreadsheet untuk memprediksi pergerakan bisnis, industri dan kondisi ekonomi lewat analisis informasi keuangan. Selain itu, mereka juga akan diminta menentukan harga pasaran produk yang akan ditawarkan oleh perusahaan.

    • Account Manager

    Alumni

    Account manager bertindak sebagai perwakilan pribadi dari perusahaan untuk klien. Mereka bertugas membangun hubungan baik dengan klien, bekerja sama dengan tim pemasaran dan penjualan untuk menemukan klien baru, menyiapkan presentasi dan promosi penjualan hingga mengkomunikasikan agenda klien pada perusahaan.

    Tenaga profesional account manager bisa ditugaskan pada pelanggan individu atau klien besar. Memantau anggaran dan menjelaskan faktor biaya kepada klien juga menjadi bagian dari tugas seorang account manager.

    • Pengusaha

    Alumni

    Jika kamu adalah tipikal orang yang lebih suka menjalankan bisnis sendiri, gelar di bidang business management dapat menjadi bekal mumpuni untuk terjun sebagai seorang wirausahawan. Dengan potensi dan kesempatan yang kamu miliki, kamu bahkan berpeluang menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang di sekitarmu.

    Keuntungan Apa yang Akan Kamu Dapatkan Sebagai Alumni Jurusan Business Management?

    Lantas, keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan setelah menjadi alumni? Jawabannya beragam, tergantung personal interest yang kamu miliki dan bidang apa yang kamu minati. 

    Mengeksplorasi berbagai pilihan sebelum membuat keputusan merupakan hal yang krusial. Terlebih pendidikan perguruan tinggi juga menjadi penentu bidang pekerjaan apa yang akan kamu geluti nantinya. Pertimbangkan dengan matang potensi masing-masing jurusan dan peminatan agar proses pendidikanmu berjalan lancar.

    Jika kamu sudah menetapkan hati untuk memilih Business Management sebagai jurusan kuliah, BINUS University sudah mempersiapkan tempat sekaligus kurikulum terbaik. Lewat program 3+1 yang disediakan, alumni diharapkan bisa meningkatkan kemampuan praktis manajerial sesuai dengan kebutuhan industri demi mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan (sustainability). Setelah lulus, kamu diharapkan bisa memberikan sumbangsih nyata bagi lingkungan dan masyarakat.