BINUS UNIVERSITY

    6 Kontribusi Karier yang Bisa Kamu Berikan Sebagai Lulusan Information Systems Accounting and Auditing

    Jurusan Information Systems Accounting and Auditing menggabungkan antara bisnis secara umum dengan sistem informasi manajemen dan akuntansi sebagai fokus utama. Dengan mengambil jurusan ini di BINUS University, kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus. Tujuannya adalah menciptakan lulusan yang mampu memberikan kontribusi pada bidang akuntansi, konsultasi, manajemen, analisis bisnis sampai auditing.

    Sebagai salah satu jurusan yang menghasilkan lulusan-lulusan dengan kapabilitas mumpuni di bidangnya, kamu juga bisa mendapatkan peluang yang beragam dalam memberikan kontribusi. Tenaga profesional yang lulus dari jurusan Information System Accounting and Auditing umumnya bekerja untuk firma konsultan, perusahaan besar dan perusahaan asuransi. Simak 6 pilihan karier lain yang tak kalah menjanjikan berikut ini!

    • Akuntan

    Kontribusi

    Karena dibekali dengan pengetahuan seputar metode, prosedur akuntansi sekaligus audit, alumni jurusan ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar yang ingin mengembangkan sistem informasi dan akuntansi mereka. Tugas dari akuntan ini antara lain memilih sampai merancang perangkat lunak untuk menciptakan sistem kerja terbaik.

    Karena dalam tugasnya komputer memiliki peran penting, ini akan memudahkan tugas akuntan. Dengan data yang ada, seorang akuntan dapat menjalankan tugasnya termasuk menganalisis anggaran, membuat laporan keuangan serta memeriksa dokumen untuk melihat akurasinya.

    • Auditor Keuangan

    Kontribusi

    Kontribusi lain yang bisa diberikan oleh seorang lulusan Information Systems Accounting and Auditing adalah menjadi seorang auditor keuangan. Tugas utamanya antara lain adalah membuat dan memeriksa laporan keuangan. Seluruh catatan ini kemudian diperiksa untuk memastikan datanya sudah benar-benar akurat.

    Bagi sebuah perusahaan publik, auditor juga bertugas untuk memastikan perusahaan menggunakan prinsip akuntansi yang dapat diterima secara umum dan sesuai dengan persyaratan pihak berwenang setempat. Dengan adanya laporan yang dibuat dalam sistem informasi terpadu, pekerjaan auditor juga akan semakin efektif.

    • Auditor Sistem

    Kontribusi

    Auditor sistem melakukan tugas-tugas dari sisi teknis dalam sistem informasi akuntansi. Tugas mereka adalah memeriksa kontrol, proses data, integritas data, operasional secara umum, pemeliharaan serta aspek lain dalam sistem informasi yang digunakan dalam bisnis. Selain melakukan penilaian pada sistem yang sudah ada, auditor sistem mungkin juga akan diminta membuat sistem yang baru.

    • Konsultan

    Kontribusi

    Seorang konsultan memiliki lebih dari satu pekerjaan. Tugas utama seorang konsultan pada dasarnya tergantung pada jenis bisnis yang mereka geluti. Jika kamu adalah seorang konsultan yang memiliki basis pengetahuan sistem informasi akuntansi, kamu mungkin akan diminta melakukan penilaian inefisiensi yang ada dalam sebuah perusahaan. Selanjutnya, kamu harus merancang langkah-langkah perbaikan. Karena tidak terlibat langsung dalam penggunaan sistem harian, konsultan biasanya akan memberikan perspektif baru mengenai kelebihan dan kekurangan sistem yang sudah ada.

    • Manajemen Tingkat Atas

    Kontribusi

    Jika kamu menginginkan karier dengan kontribusi pada manajemen tingkat atas, kamu bisa menjadi seorang Chief Financial Officer atau CFO. CFO memanfaatkan data keuangan yang ada untuk membuat keputusan. Selain memeriksa kondisi kesehatan finansial perusahaan, CFO juga bertugas menentukan struktur modal bisnis yang ingin digunakan. Dengan menggunakan data ekonomi dan keuangan yang ada, mereka akan menilai seberapa besar peluang kesuksesan perusahaan di masa depan.

    • Pendidikan dan Pelatihan

     

    Kontribusi

    Setelah menyelesaikan pendidikan jurusan Information System Accounting and Auditing, kamu juga bisa memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Ini karena pelajaran yang kamu dapatkan di bangku kuliah umumnya menggabungkan antara latar belakang bisnis dengan sistem informasi manajemen dan akuntansi sebagai fokusnya. 

    Selain memilih BINUS University sebagai kampus terbaik untuk mendapatkan gelar dalam bidang Information System Accounting and Auditing, kontribusi yang kamu berikan kepada lingkungan akan semakin besar juga kamu memiliki lebih banyak persiapan. Agar dapat bersaing dengan dunia kerja yang kompetitif, bergabung dengan asosiasi terkait dan ikuti program magang di dalam maupun luar negeri.