BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Kuliah Sambil Keliling Dunia Bersama Jurusan Hubungan Internasional

    Sebagian siswa yang sebentar lagi lulus SMA kadang-kadang belum menentukan pilihan akan berkuliah di mana. Apakah kamu juga demikian? Sebenarnya, hal ini perlu dipikirkan sejak awal supaya kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

    Saat ini, ada banyak perguruan tinggi yang bisa kamu pilih. Jurusan kuliah yang ditawarkan pun sangat bervariasi. Karena itu, ada dua hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu passion dan prospek kerja di masa depan.

    Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, Kenapa Tidak?

    Kuliah

    Salah satu jurusan kuliah yang menarik dan cukup populer saat ini adalah Hubungan Internasional. Dari namanya, kamu mungkin agak bingung apa sih yang dipelajari di sini. Agar tidak merasa “tersesat” dan akhirnya tidak menikmati proses pembelajaran, pahami terlebih dahulu ruang lingkupnya.

    Disiplin ilmu Hubungan Internasional pada awalnya merupakan upaya untuk memahami masalah-masalah internasional, seperti penyebab terjadinya perang. Dalam mempelajari disiplin ilmu ini, diperlukan juga ilmu pendukung lain, seperti Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Hukum, Psikologi, dan sebagainya.

    Jadi, secara sederhana, Hubungan Internasional adalah ilmu yang berisi tentang pemahaman interaksi negara dalam sistem global. Di sini, kamu akan mempelajari interaksi antarnegara, swasta, dan lembaga-lembaga secara global. Relasi kuasa dalam hubungan tersebut juga merupakan poin penting.

    Terkait dengan penjelasan itu, kelas perkuliahan akan secara mendalam membahas mengenai diplomasi, kebijakan luar negeri, studi keamanan dan strateginya, ekonomi dan politik internasional, maupun kajian kawasan tertentu.

    Dengan kata lain, saat belajar tentang Hubungan Internasional, kamu pun akan diajak mengunjungi berbagai negara dan mempelajari wilayah tersebut. Meski hanya melalui pembelajaran di kelas atau online learning, rasanya pasti menyenangkan bisa melihat dunia lain yang berbeda.

    Belajar Hubungan Internasional di Binus University

    Kuliah

    Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Hubungan Internasional adalah Binus University. Program studi ini diluncurkan pada 2012 lalu dalam acara International Conference on Business, International Relations and Diplomacy (ICoBIRD).

    Saat itu, sebagai Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Tirta Nugraha Mursitama, berharap dapat menyejajarkan kualitasnya dengan jurusan kuliah Hubungan Internasional yang sudah ada di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

    Acara ICoBIRD sendiri dianggap menjadi momen yang tepat untuk meluncurkan jurusan baru. Tirta berharap, jurusan yang dipimpinnya mampu menerapkan standar kualitas yang tinggi, baik dalam penelitian maupun pengajaran di kelas.

    Nah, melalui perkuliahan di jurusan ini, kamu akan mendapatkan dasar yang kuat tentang teori Hubungan Internasional, sekaligus keterampilan penelitian dalam menganalisis masalah internasional.

    Mahasiswa juga diharapkan memiliki cakrawala yang lebih luas, terutama dalam konteks global. Bukan hanya sektor publik, tetapi juga swasta dan nirlaba. Bahkan, sebagai mahasiswa di Hubungan Internasional, kamu akan belajar keterampilan berkomunikasi, berbahasa asing, dan negosiasi serta diplomasi.

    Prospek Karier Lulusan Hubungan Internasional

    Kuliah

    Bagaimana prospek karier setelah lulus dari jurusan kuliah ini? Wajar jika kamu memiliki pertanyaan tersebut. Pasalnya, aplikasinya tidak begitu mendarat dalam kehidupan sehari-hari. Apakah lulusan Hubungan Internasional harus menjadi diplomat atau staf di Kementerian Luar Negeri?

    Ternyata, bukan hanya itu! Beberapa profesi yang bisa kamu eksplorasi adalah juru runding untuk perjanjian internasional, baik atas nama negara maupun perusahaan multinasional, analis atau staf lokal di kedutaan asing atau organisasi internasional, petugas hubungan pemerintah, analis di kementerian terkait, atau menjadi dosen atau peneliti.

    Selain itu, kamu juga bisa menjadi jurnalis di kantor berita nasional dan internasional, analis risiko untuk perusahaan multinasional, dan masih banyak lagi. Profesi-profesi ini sebagian besar mengharuskan kamu untuk jalan-jalan ke luar negeri bahkan menetap di negara tertentu. Seru, bukan?

    Jadi, jika kamu memiliki mimpi untuk keliling dunia, coba pertimbangkan jurusan kuliah yang satu ini setelah lulus nanti. Semoga berhasil!