BINUS UNIVERSITY

    Menengok Kontribusi Kerja Lulusan Sastra Inggris di Industri Kreatif

    Mengandalkan talenta, keterampilan, dan kreativitas, industri kreatif kian berkembang menjadi aspek yang dianggap penting di abad ini.  Para penggerak di bidang kreatif pun terus ditantang untuk bisa memberikan kontribusi kerja dan menciptakan karya terbaik di berbagai media.

    Industri kreatif memiliki cakupan yang terbilang luas, meliputi bidang penerbitan, penyiaran, hingga berbagai produk digital. Jenjang karir yang bervariasi serta budaya kerja yang menarik membuat industri ini ramai diminati oleh generasi masa kini.

    Untuk bisa ikut bersaing di industri kreatif yang kian pesat, kamu tentunya memerlukan keahlian yang sesuai dengan karakteristik industri ini, yakni dinamis dan inovatif. Salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah melanjutkan studi di program Sastra Inggris. Berpusat pada bahasa internasional dan kultur global, program ini mencetak lulusannya untuk memberikan kontribusi kerja di berbagai bidang pekerjaan yang menuntut kreativitas tinggi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

    1.  Penulis

    Kontribusi Kerja

    Sebagai salah satu keahlian kebahasaan, menulis adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dari program kuliah sastra, tak terkecuali dengan jurusan Sastra Inggris. Tidak heran jika lulusan program ini banyak melahirkan karya lewat tulisan di berbagai jenis media.

    Saat ini, profesi penulis tidak selalu berfokus pada buku fiksi maupun nonfiksi. Dengan merebaknya media baru berbasis digital, kamu bisa melebarkan sayap dengan menjadi content writer, scriptwriter untuk program TV maupun radio, hingga penulis skenario untuk video games atau mobile games.

    2.  Editor

    Kontribusi Kerja

    Kontribusi kerja lulusan Sastra Inggris di bidang publishing dan penulisan memang selalu dapat diandalkan. Selain penulis, profesi kreatif lain yang bisa kamu jalani setelah meraih gelar Sarjana Sastra adalah editor. Jika kamu sudah dibekali ilmu tata bahasa, pengalaman budaya, serta keterampilan berkomunikasi mumpuni, bidang editorial merupakan karier yang cukup menjanjikan.

    Tak hanya buku atau majalah, keahlian seorang editor banyak dibutuhkan untuk menangani beragam bentuk dan format teks, termasuk konten digital yang kini semakin populer. Kamu bisa bekerja sendiri (self-employed) atau bergabung dengan agensi dan perusahaan penerbitan.

    3.  Penerjemah

    Kontribusi Kerja

    Karena sudah dipastikan menguasai kosakata bahasa Inggris yang melimpah dan memahami tata bahasanya, lulusan Sastra Inggris juga bisa berkontribusi di industri kreatif dengan menjadi penerjemah.

    Profesi penerjemah ternyata bisa disesuaikan dengan minat, keahlian, dan kepribadianmu. Jika memiliki minat di bidang penulisan, kamu bisa menjadi seorang penerjemah teks atau translator. Namun, jika kamu memiliki kemampuan menyimak di atas rata-rata serta keterampilan public speaking yang tinggi, profesi sebagai seorang interpreter pun cocok untuk dipertimbangkan.

    4.  Jurnalis

    Kontribusi Kerja

    Jurnalis adalah profesi yang cocok bagi individu kreatif yang senang terlibat dengan banyak orang, terampil melakukan riset mendalam, sekaligus memiliki keahlian menulis yang dapat diandalkan.

    Profesi ini bisa dijalankan di sejumlah media berbeda, mulai dari media cetak, media digital, hingga media elektronik konvensional, seperti TV dan radio. Terlepas dari pilihan jenis media yang beragam, keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi jurnalis profesional bisa kamu peroleh dengan studi di program Sastra Inggris.

    5.  Penyiar TV dan Radio

    Kontribusi Kerja

    Kontribusi kerja lulusan Sastra Inggris juga dibutuhkan di bidang penyiaran media elektronik sebagai penyiar radio maupun presenter di layar kaca. Profesi di industri kreatif ini memang membutuhkan orang-orang yang mahir berbahasa Inggris serta memiliki keahlian komunikasi intrapersonal.

    Bagi lulusan Sastra Inggris BINUS UNIVERSITY, menjadi penyiar TV dan radio bukan sesuatu yang sulit. Sebelum lulus pun, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengambil elective course di bidang Broadcasting. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan ilmu dasar mengenai dunia penyiaran di era perkembangan industri kreatif seperti sekarang.

    Itulah beberapa kontribusi kerja yang bisa diberikan lulusan Sastra Inggris di industri kreatif saat ini. Kamu juga bisa ikut mempersembahkan kontribusi terbaik dengan menjadi bagian dari program Sastra Inggris di BINUS UNIVERSITY. Menghadirkan pembelajaran bahasa dan budaya berkelas dunia, Sastra Inggris BINUS akan mempersiapkan dirimu menjadi individu kreatif untuk bersaing di industri sekarang dan masa depan.