BINUS UNIVERSITY

    Masuk Jurusan Kuliah Desain Visual Media, Apa yang Dipelajari?

    Belajar Desain Komunikasi Visual cukup menantang dan menarik, apalagi jika kamu punya jiwa kreatif. Jurusan kuliah ini tidak hanya punya prospek kerja bagus, tetapi juga cukup mengikuti perkembangan zaman. Salah satu fokus jurusan ini adalah “media baru” (new media), yaitu semua jenis media berbasis teknologi digital.

    Kuliah di jurusan ini cocok untukmu yang suka berkomunikasi dalam bentuk visual sambil menerapkan prinsip-prinsip estetika, tetapi diterapkan dalam konteks media digital. Penasaran apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan kuliah ini? Berikut ilustrasinya.

    1.  Teori Desain dan Seni

    Jurusan Kuliah

    Semua jurusan pasti punya kelas teori dasar, termasuk Desain Komunikasi Visual. Kamu akan belajar teori, perkembangan, sejarah, dan tren desain serta seni. Semua ini bukan hanya menjadi wawasan umum, tetapi juga dasar agar kamu bisa mendapat inspirasi dari berbagai hal untuk menciptakan ide baru.

    Dalam hal kuliah DKV, kamu akan banyak belajar tentang teori desain komunikasi. Ini termasuk belajar tentang semiotika, metafora, promosi visual, hingga langkah-langkah mengubah ide menjadi konsep desain utuh.

    2.  Dasar-Dasar Desain Grafis

    Jurusan Kuliah

    Materi desain grafis jadi salah satu ilmu wajib untuk kamu pelajari di jurusan kuliah New Media. Kamu akan belajar menggunakan alat atau perangkat desain populer, misalnya Adobe Illustrator. Kamu juga harus belajar beragam teknik desain untuk menciptakan visual yang tepat, mulai dari penggunaan brush dan gradient, membuat pola dan desain vektor, hingga layering.

    Pelajaran bidang desain grafis juga menyangkut berbagai elemen visual. Kamu akan belajar tentang tipografi, komposisi, warna, ilustrasi, hingga ilmu fotografi. Ada kelas pengayaan seperti eksplorasi tren desain digital serta desain cetak eksperimental. Kelas pengayaan seperti ini cocok untukmu yang gemar menjelajah berbagai potensi desain di era digital.

    Kamu harus belajar menggunakan alat-alat digital pendukung kerja desain, misalnya penyimpanan cloud. Ketika menggunakan Adobe Illustrator, kamu akan belajar versi cloud-nya, Illustrator CC. Desain 3D juga menjadi salah satu pelajaran wajib dalam kuliah ini.

    3.  Desain Berbasis New Media

    Jurusan Kuliah

    Jurusan kuliah desain visual berbasis New Media menuntutmu pandai memadukan berbagai bentuk serta aspek desain digital yang sifatnya interaktif. Misalnya, kamu akan belajar memadukan grafis dan logo dengan animasi, suara, serta video untuk menciptakan konten digital atau iklan yang menyolok.

    Dalam kelas-kelas ini, kamu akan belajar menggunakan alat seperti Adobe Flash serta berbagai teknologi digital untuk menambahkan animasi dan suara pada desain. Di kampus berstandar tinggi seperti Binus, kamu juga akan belajar menerapkan ini pada desain aplikasi, misalnya untuk iPhone.

    4.  Desain dan Reproduksi Komersial

    Jurusan Kuliah

    Ingin siap memasuki dunia profesonal dengan keahlianmu? Jurusan kuliah desain visual menyiapkanmu dengan mata kuliah seperti desain komersial dan reproduksi desain. Kamu akan belajar prinsip dan praktik desain untuk produk komersial, misalnya kemasan dan iklan. Karena fokusmu New Media, tentu saja fokusnya adalah desain digital, baik dalam hal produksi maupun penerapannya.

    Bagaimana jika desainmu digunakan untuk produk seperti perabot dan hiasan dinding? Kamu harus belajar tentang reproduksi desain untuk kepentingan komersial. Hal ini karena ada banyak pertimbangan dalam membuat produk yang harus dibuat berulang kali secara cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

    5.  Pendidikan Bisnis dan Keahlian Pendukung

    Jurusan Kuliah

    Sebelum terjun ke dunia profesional, kamu harus punya wawasan dalam aspek bisnis dari industri desain. Universitas bermutu biasanya memiliki kelas seperti teori bisnis, prinsip-prinsip wirausaha, serta kelas desain profesional. Kamu juga akan belajar keahlian pendukung seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Inggris untuk presentasi bisnis.

    Ingin mendapat semua pelajaran yang kamu butuhkan dalam jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual? Pilih universitas berorientasi internasional dan profesional seperti Binus University. Pilihan fokus pada New Media akan memberimu keahlian desain andal untuk menyambut persaingan dalam dunia profesional.