BINUS UNIVERSITY

    Masihkah Program Kuliah Akuntansi Banyak Diminati? Ini Faktanya!

    Deretan angka dan bilangan, analisis anggaran, dan banyaknya hitung-hitungan adalah tiga hal utama yang kerap dikaitkan dengan program kuliah akuntansi. Tak sedikit pula orang yang beranggapan jika program studi ini akan mencetak lulusan-lulusan calon pegawai bank.

    Meski asumsi tersebut ada benarnya, jurusan akuntansi ternyata menawarkan prospek kerja yang luas, bahkan tak berbatas. Pembelajarannya pun tidak melulu berkutat dengan deretan angka karena ada banyak skill lain yang bisa kamu terapkan langsung di kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi satu dari segudang alasan mengapa program studi akuntansi masih ramai diminati.

    Mengenal Jurusan Akuntansi

    Program Kuliah

    Jurusan akuntansi merupakan program kuliah yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja di bidang pencatatan finansial atau transaksi keuangan. Selama masa perkuliahan, kamu akan dikenalkan dengan teori dan prinsip-prinsip akuntansi sekaligus mempraktikkannya dalam berbagai aktivitas keuangan. Melakukan audit, menyusun dan melaporkan anggaran, hingga menjalankan aturan perpajakan adalah beberapa hal yang akan kamu lakukan saat berkuliah di jurusan ini.

    Jurusan akuntansi juga terus berkembang untuk bisa memenuhi tuntutan zaman. Di era digital seperti sekarang, misalnya, program studi ini akan dipadukan dengan pengetahuan mengenai teknologi informasi untuk mempersiapkan lulusannya bersaing secara global.

    Mengapa Jurusan Akuntasi Banyak Diminati?

    Program Kuliah

    Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, profesi yang berhubungan dengan dunia akuntansi semakin banyak diminati. Di tahun 2016, Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) mencatat jika jumlah lulusan program kuliah akuntansi yang telah terdaftar menjadi akuntan profesional meningkat hingga 600 persen dari tahun sebelumnya.

    Data di atas tentu akan terus mengalami peningkatan seiring kian banyaknya mahasiswa akuntansi yang terdaftar dan lulus di tahun-tahun berikutnya.

    Ada sejumlah faktor dan alasan yang membuat jurusan akuntansi masih ramai peminat hingga saat ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    1.      Pilihan Konsentrasi yang Beragam

    Ilmu akuntansi ternyata merupakan payung besar yang menaungi sejumlah konsentrasi atau penjurusan di bawahnya. Saat berkuliah di jurusan ini, kamu bisa memilih fokus pendidikan yang disesuaikan dengan minat pribadi. Beberapa pilihan konsentrasi jurusan yang umumnya ditemui di program studi akuntansi meliputi perpajakan, pengauditan, serta manajemen akuntansi.

    2.      Prospek Kerja Menjanjikan

    Lulusan akuntansi tak hanya memiliki kesempatan bekerja sebagai akuntan atau pegawai di dunia perbankan. Setelah menyelesaikan studi strata satu di jurusan ini, kesempatan kerja yang menunggumu ternyata lebih luas dan menjanjikan.

    Kamu bisa menjadi konsultan keuangan, auditor pajak, bahkan bekerja di perusahaan startup hingga perusahaan besar. Ilmu yang didapatkan saat masa perkuliahan juga bisa kamu terapkan di bidang wirausaha.

    3.      Kesempatan Bergabung di Dunia Industri Terbuka Lebar

    Kuliah di jurusan akuntansi adalah langkah awal untuk membentuk pribadi profesional yang bisa ikut bersaing dalam dunia industri masa depan. Keterampilan yang kamu dapatkan lewat program ini bisa dimanfaatkan di berbagai sektor industri, mulai dari industri teknologi, pendidikan, bahkan hiburan.

    4.      Segudang Skill untuk Pengembangan Diri

    Selain teori dan praktik yang berhubungan dengan dunia finansial dan perbankan, kamu akan dibekali dengan sejumlah skill pengembangan diri. Lulusan akuntansi tidak hanya terbukti unggul dalam kemampuan analitis, tetapi juga memiliki skill kepemimpinan, berorganisasi, hingga terampil menjalankan software khusus untuk menangani anggaran dan urusan keuangan lainnya.

    Pilih Jurusan Akuntansi, Tepatkah?

    Program Kuliah

    Jika kamu merasa:

    • menyukai pola angka-angka dan pelajaran matematika,
    • mampu menganalisis data, dan
    • memiliki skill berkomunikasi di atas rata-rata,

    program kuliah akuntansi adalah pilihan tepat untuk memulai perjalanan kariermu. Sekarang, yang perlu kamu lakukan adalah memilih universitas terbaik dengan program studi akuntansi yang bisa mendukung pengembangan diri di kemudian hari.

    Di BINUS UNIVERSITY, kamu akan mendapatkan pendidikan akuntansi berstandar internasional yang akan mempersiapkan dirimu sebagai akuntan, konsultan pajak, atau analis finansial di masa depan.

    Program kuliah akuntansi di BINUS UNIVERSITY menghadirkan kurikulum berkualitas tinggi yang didukung oleh jajaran tim dosen ahli nan kompeten di bidangnya. Selain mempelajari teori dan praktik akuntansi, kurikulum yang disusun juga akan mengembangkan keterampilan tambahan yang kamu perlukan di dunia kerja, termasuk kemampuan berpikir kritis, bekerja dalam tim, serta skill berkomunikasi.

    Jadi, siapkah kamu menjadi bagian dari program ini?