BINUS UNIVERSITY

    5 Keahlian Baru yang Kamu Dapat Saat Belajar Periklanan Kreatif

    Pernahkah kamu melihat iklan yang begitu kreatif sehingga menarik perhatian dalam sekejap? Membuat iklan seperti itu membutuhkan keahlian khusus yang bisa kamu peroleh dari jurusan periklanan kreatif, misalnya seperti yang ditawarkan Binus University. Selain teknik pembuatan iklan, kamu juga akan mendapat beragam keahlian baru yang bermanfaat untuk menjelajahi karier di bidang ini.

    Mau tahu apa saja keahlian baru yang bisa kamu dapatkan dari belajar di Binus University? Berikut beberapa yang paling utama.

    1.  Komunikasi

    Binus University

    Komunikasi kunci utama dalam membuat iklan kreatif. Kamu harus bisa menyampaikan ide dan konsep secara jelas untuk menjangkau sebanyak mungkin target pemasaran. Ada beberapa keahlian kunci terkait kemampuan berkomunikasi, misalnya:

    • Kemampuan menganalisis emosi dan minat konsumen
    • Kemampuan mendengar secara aktif
    • Kemampuan memberi saran, kritik, ulasan, dan feedback
    • Keahlian menguraikan semua elemen dalam konsep iklan buatanmu agar dipahami oleh calon klien

    2.  Kreativitas

    Binus University

    Kampus berkualitas seperti Binus University mengajarkanmu untuk mengembangkan berbagai aspek kreativitas. Bicara soal membuat iklan, hal ini termasuk beberapa keahlian kunci, seperti:

    • Kemampuan melakukan asosiasi antara beberapa ide kasar untuk membentuk satu ide utuh
    • Kemampuan berpikir secara inovatif dan out of the box untuk menghasilkan ide segar
    • Kemampuan memilih alternatif yang lebih efisien untuk membuat iklan, tetapi tanpa menyimpang dari keinginan klien serta konsep produknya

    3.  Manajemen Proyek

    Binus University

    Membuat iklan kreatif ternyata menuntutmu untuk belajar manajemen proyek juga! Dengan keahlian ini, kamu bisa menciptakan kampanye iklan berkualitas sesuai dengan batas waktu serta keinginan klien. Kepandaian manajemen proyek juga membantumu saat harus menggarap beberapa pekerjaan sekaligus.

    Keahlian terkait manajemen proyek contohnya adalah :

    • Kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data seperti demografi, tren, dan keinginan publik untuk menciptakan iklan yang bisa diterima luas
    • Kemampuan membuat konsep iklan yang utuh dalam tuntutan tenggat waktu
    • Kemampuan menggunakan berbagai program dan perangkat lunak untuk membantumu menyelesaikan tugas dengan efektif, sesuai tren desain iklan
    • Kemampuan melakukan evaluasi dan revisi sesuai tenggat waktu, serta menerapkannya dalam proyek serupa di masa depan

    4.  Wawasan Media

    Binus University

    Binus University menawarkan kurikulum yang berbasis kuat pada tren media masa kini, jadi kamu pastinya harus mengikuti. Selama belajar di kampus, kamu akan belajar menggunakan berbagai media dan alat untuk mendukung proyek pembuatan iklan, misalnya sebagai berikut:

    • Alat untuk menganalisis data, termasuk informasi tren, minat, dan kata kunci
    • Perangkat digital untuk menciptakan storyboard iklan dan mempresentasikannya
    • Optimisasi media sosial untuk mempromosikan konsep iklan

    5.  Kemampuan Bisnis

    Binus University

    Belajar di Binus University tidak lengkap tanpa mendapat bekal untuk meniti karier dan membuka bisnis setelah lulus. Saat belajar tentang iklan kreatif, kamu juga akan dibekali berbagai kemampuan bisnis. Kamu jadi terbiasa berkomunikasi dengan klien komersial dan berlatih sebelum membuka bisnismu sendiri.

    Hal yang akan kamu pelajari terkait kemampuan bisnis untuk kreativitasmu misalnya :

    • Kemampuan melakukan promosi dalam berbagai bentuk, mulai dari verbal hingga nonverbal
    • Kemampuan menggambarkan konsep iklan dalam proses promosi atau pertemuan dengan klien
    • Kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi bisnis

    Di luar semua keahlian ini, kamu juga harus punya karakteristik atau kepribadian khusus. Hal ini penting untuk meningkatkan jiwa kreatifmu dalam membuat iklan. Contohnya adalah hubungan interpersonal yang baik, kemampuan untuk menerima syarat dan kritik, hingga keahlian multitasking,

    Membuat iklan kreatif memang tidak mudah, tetapi kamu bisa mendapat keahlian baru jika belajar di Binus University. Mulai dari berpikir kritis untuk mengumpulkan konsep hingga mengomunikasikan hasil kerja lewat berbagai alat, Binus bertekad menciptakan lulusan dengan keahlian kelas dunia yang mengikuti zaman dan mampu beradaptasi dalam bidang kerja apa pun.