BINUS UNIVERSITY

    Yuk simak Informasi Lengkap Mengenai Program Studi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY

    Jakarta, 25 Agustus 2020 – Law – Business Law atau Hukum Bisnis umumnya adalah peminatan di program studi Ilmu Hukum atau program pascasarjana. Program studi Law – Business Law mempelajari teori dan praktek hukum yang mengatur kegiatan bisnis. Di program studi ini, kamu akan belajar dasar-dasar hukum dan berbagai studi kasus permasalahan hukum dalam berbagai kegiatan bisnis. Pada program studi Law – Business Law berfokus pada perihal tentang hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum korporasi, dan ebusiness.

    Mempelajari Ilmu Law – Business Law cocok bagi kamu yang tertarik pada legalitas dan dasar-dasar hukum dari sebuah bisnis. Di program studi business law, tidak hanya belajar hukum, melainkan kamu juga akan mempelajari cakupan yang lebih luas dan beragam. Dengan contoh, mempelajari soal hukum prosedural seperti constitutional law, civil procedure law, banking law, dan masih banyak lagi. Bahkan pembelajaran di luar ranah hukum pun ada, seperti akuntansi, etika bisnis, dan kewarganegaraan secara luas. Selain itu, kamu akan memiliki pengetahuan tentang industri entertainment, sport, transportasi, agraria dan masih banyak lagi. Terlebih jika kamu memiliki dasar komunikasi dan negosiasi yang baik, karena kemampuan ini akan sangat dibutuhkan di program studi law – Business Law nantinya.

    Mata Kuliah

    Berikut mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Theory of State, Introduction to Jurisprudence, Introduction to Indonesian Legal System, Empirical Legal Sciences, Islamic Law, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building: Kewarganegaraan, Private Law, Criminal Law, International Law, Constitutional Law, Indonesian Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building: Agama, Administrative Law, Procedural Law, Adat & Agrarian Law, Principles of Business Law, Consumer Protection Law, Entrepreneurship: Ideation, Private International Law, Islamic Business Law, Investment Law, Intellectual Property Rights, Banking and Financial Law, Business Competition Law, Labor Law, Cyber Law, Entrepreneurship: Prototyping, Legal Research Methods, Legal Philosophy & Legal Ethics, Alternative Business Dispute Resolution, E-Commerce & Data Privacy Law, Legal Reasoning, Capita Selecta, Entrepreneurship: Market Validation, Enrichment Program, dan Thesis. (curriculum.binus.ac.id)

    Prospek karier

    Berikut prospek karir untuk Program Studi Law – Business Law diantaranya adalah:

    1. Pengacara : pekerjaan yang paling banyak diambil oleh para lulusan Program Studi hukum. Pengacara bertugas sebagai konselor yang akan membela hal-hak kliennya. Seorang pengacara bisa bernegosiasi dengan pihak terkait dan mengajukan tuntutan hukum. Kegagalan dan kesuksesan kasus yang sedang ia tangani sangat bergantung pada kemampuan seorang pengacara.
    2. Analis Konflik : sebagai lulusan Program Studi hukum kamu dapat berkarir sebagai analis konflik, biasanya bekerja di sebuah firma hukum dan memiliki peran yang rumit. Analis konflik bertugas untuk meneliti potensi konflik kepentingan antara satu pihak dengan pihak lain yang sedang terlibat, termasuk di dalamnya staf pengadilan.
    3. Hakim : lulus Program Studi hukum kamu bisa menjadi seorang hakim. Tugas hakim adalah untuk mengawasi persidangan dan memutuskan di peradilan. Secara keseluruhan seorang hakim akan menafsirkan dan menerapkan hukum yang berlaku. Untuk menjadi seorang hakim harus menempuh pendidikan diProgram Studi hukum.
    4. Mediator :setelah menempuh kuliah Program Studi hukum, kamu dapat berkarir sebagai mediator yang bertugas untuk menangani penyelesaian sengketa sebelum gugatan perdata dilanjutkan ke pengadilan. Mediator akan bertemu dan mencoba untuk memandu pihak yang bertikai untuk melakukan kompromi dan menyelesaikan masalah.
    5. Rekonstruksi Kecelakaan : pekerjaan ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki latar belakang Program Studi hukum dan teknik. Seorang rekonstruksi kecelakaan bertugas untuk memeriksa rincian kecelakaan untuk menciptakan kembali bagaimana itu bisa terjadi. Sehingga bisa mengetahui dengan baik siapa yang salah dan harus dihukum.
    6. Administrator Firma Hukum : seorang Administrator yang berada di tingkat atas dan bertugas untuk mengawasi operasional dan keuangan di dalam sebuah firma hukum.
    7. Panitera Pengadilan : lulus dari Program Studi hukum kamu dapat menjadi seorang Panitera Pengadilan yang memiliki tugas di luar ruang sidang dan berperan membantu proses peradilan di belakang layar. Dimana di dalam setiap kasus hukum biasanya melibatkan berbagai dokumen dan teknologi. Seorang Panitera Pengadilan bertugas untuk menerima semua hal tersebut dari orang-orang yang berperkara dan melacaknya secara teratur.
    8. Profesor dalam bidang hukum : jika kamu termasuk orang yang suka mengajarkan siswa tentang ilmu pengetahuan, maka pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain bisa mengajar mahasiswa Program Studi hukum di dalam kelas, seorang Profesor Hukum juga terlibat dalam banyak penelitian dan seorang profesor hukum bertugas untuk mempublikasikan jurnal hukum untuk perkembangan ilmu pengetahuan di masa depan.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di program studi Law – Business Law dengan membekali dan mendidik mahasiswa dengan pengetahuan dasar, keterampilan, dan profesionalisme di bidang hukum bisnis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menyediakan kursus dan magang yang sangat baik dalam menghadapi tantangan global. Sehingga BINUS UNIVERSITY menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas.

    Program Studi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY berperan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui kerjasama internasional kemitraan dengan berbagai institusi serta berkontribusi dalam meningkatkan teori hukum maupun praktek hukum, khususnya di bidang penelitian hukum bisnis berdasarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu, Program Studi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY memberikan layanan profesional hukum untuk memenuhi kebutuhan komunitas bisnis yang menguntungkan “Nusantara” masyarakat pada umumnya.

    Program Studi Law – Business Law BINUS UNIVERSITY membekali mahasiswa ilmu hukum yang kokoh mulai dari prinsip-prinsip dasar hingga keterampilan terapan dan kemampuan yang mereka perlukan dalam praktik hukum dan teknologi informasi untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di karir industri hukum. Mempersiapkan mahasiswa dengan landasan hukum dan etika yang kuat yang mereka butuhkan di dunia bisnis.