Jakarta, 24 Agustus 2020 Kemajuan teknologi di era modern saat ini telah memberikan dampak besar untuk kehidupan kita, dengan menghadirkan perangkat lunak atau mesin yang sangat dipakai dalam bidang industri. Pada saat ini, banyak bidang di dunia industri membutuhkan seseorang yang kreatif dan memiliki ide-ide cemerlang dalam memberikan informasi secara visual dikarenakan manusia saat ini lebih dominan mudah menyerap informasi dengan tampilan animasi. Oleh karena itu, jurusan Desain Komunikasi Visual atau disingkat DKV banyak diminati oleh perusahaan di era teknologi saat ini. Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan kuliah yang merupakan cabang ilmu seni dengan mempelajari tentang konsep komunikasi dalam menggunakan elemen visual untuk menyampaikan suatu pesan secara komunikatif, efektif, dan informatif. Konsep komunikasi yang dimaksud yaitu  menampilkan gambar bergerak secara berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Tentu saja melihat perkembangan teknologi pada saat ini, keberadaan sumber daya manusia  yang kompeten sangat dibutuhkan di berbagai industri baik di tingkat nasional maupun internasional. Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam bidang animasi dan desain harus memiliki pemahaman dan penguasaan yang perlu di tanamkan sejak dini melalui pembekalan ilmu yang dapat diperoleh di perguruan tinggi.  Karena perguruan tinggi memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan memberikan prinsip-prinsip ilmu animasi dan design secara teori dan praktik sekaligus mengasah skill set (penguasaan teknis dan tools animasi) saja, melainkan juga mengasah dan menguatkan mindset (penguasaan sosial, budaya, media digital, psikologis, practical research, storytelling dan masih banyak lagi) terhadap dunia animasi itu sendiri agar dapat menciptakan originalitas berkarya dalam beranimasi. BINUS@Malang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang menyediakan program studi Visual Communication Design. Namun, sebelum kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk mengambil jurusan Visual Communication Design tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu secara garis besar tentang jurusan Visual Communication Design.

Mata Kuliah

Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari antara lain: Aesthetics, Western Art Review, Color Theory, Design and Materials, Eastern Art Review, Drawing I, English Entrant, Character Building : Pancasila, Typography I, Drawing II, Computer Graphic I, Visual Communication Design I, Photography I, English in Focus, Character Building : Kewarganegaraan, Visual Communication Design Reviews, Photography II, Typography II, Entrepreneurship I, Visual Communication Design II, Computer Graphic II, Character Building : Agama, Indonesian Language, New Media I, Illustration Design, Graphic Reproduction Methods I, Typography III, Surface Package Design, Audio Visual, Copy Writing, Marketing, Consumer Behaviour, Ideation and Art Direction, Entrepreneurship II, Design Methods, Visual Communication Design III, Graphic Reproduction Methods II, New Media II, Advance Topics in Visual Communication Design, Advertising Media, Digital Advertising, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/program/visual-communication-design/)

Prospek Karir

Berikut prospek karir untuk jurusan Visual Communication Design diantaranya adalah:

  1. Desainer Video Game : tugas utama seorang desainer video game adalah merancang dan mendesain fitur inti dari video game, serta menentukan permainan inovatif dan mekanika peran, alur cerita dan biografi karakter. Selain itu, seorang desainer video game harus mengetahui keinginan masyarakat sehingga dapat menyesuaikan gameplay agar game dapat dikomersilkan di masyarakat.
  2. Animator : tugas seorang animator adalah merancang dan membuat efek khusus, animasi atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, dan media yang digunakan dalam permainan komputer, film, iklan, dan video musik. Selain itu, seorang animator harus dapat menerapkan pengembangan cerita, penyutradaraan, sinematografi, dan editing animasi untuk membuat storyboard yang menunjukkan aliran animasi dalam memetakan adegan karakter.
  3. Talent Director : mahasiswa lulusan Visual Communication Design juga bisa menjadi seorang talent director. Talent Director adalah sebuah profesi yang memiliki responsibility dalam mengaudisi dan mewawancarai calon performer atau menyeleksi kecocokan talent terhadap suatu peran.
  4. Web Designer : seorang Web Designer bertugas untuk merancang konsep layout (wireframing), membuat susunan markup (HTML), dan memperindah markup dengan CSS (Cascading Stylesheet).
  5. Graphic designer : seorang graphic designer memiliki tugas dalam menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien. Graphic designer tidak hanya berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik).
  6. Ilustrator : seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar. Mereka harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar.
  7. Creative Director : Tugas Cretaive Director ini seperti seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya. Gaji yang akan diperoleh sekitar 5 juta atau lebih per bulannya.
  8. Fotografer : seseorang yang bertugas untuk memotret orang, tempat, atau benda, menggunakan kamera digital atau kamera film serta peralatan lainnya. Fotografer juga harus bisa memotret di dalam ruangan (menggunakan cahaya buatan) maupun di luar ruangan (menggunakan cahaya alami) serta harus dapat membuat negatif film atau menggunakan perangkat komputer untuk menghasilkan gambar jadi dan cetakan foto.

BINUS University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Visual Communication Design melalui kurikulum program yang dirancang untuk menyiapkan mahasiswa yang kreatif dengan mempelajari metode-metode kreatif dalam membuat karya visual dan mempelajari dalam mengolah pesan secara informatif, komunikatif dan efektif melalui suatu desain dengan media yang tepat. Program studi Visual Communication Design membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi dan model bisnis untuk mendukung industri. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pengembangan teknologi grafis, 3D animasi komputer terbaru untuk menjawab kebutuhan industri kreatif baik nasional maupun internasional.

Program studi Visual Communication Design BINUS@Malang menyiapkan generasi muda kreatif berwawasan global dengan mengusung nilai-nilai lokal berbasis teknologi komunikasi yang mampu menciptakan karya seni visual dan berkontribusi bagi industri kreatif, masyarakat, dan Indonesia. Program studi Visual Communication Design BINUS University @Malang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi untuk mendukung kebutuhan industri. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pengembangan ilmu design, serta program 2+1+1.

Program 2+1+1 menawarkan fleksibilitas yang sangat menguntungkan mahasiswa. Pada semester 4 mahasiswa diberi pilihan untuk berkuliah di Jakarta, Bandung atau Malang. Dengan kurikulum dan sistem yang sama, mahasiswa tak perlu repot mengurus hal-hal administrative karena semuanya akan dibantu oleh jurusan. Jadi mereka bisa fokus pada kuliahnya di kampus @Malang. Selain itu, mahasiswa BINUS@Malang juga dapat memilih 1 dari 5 track Enrichment Track yang ditawarkan. Kelima pilihan track tersebut diantaranya: Internship, Research, Study Abroad, Start-up Business, dan Community Development.

Program studi Visual Communication Design BINUS University sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan perspektif kritis dan kreatif berdasarkan pemikiran komputasi. Sehingga lulusan Visual Communication Design BINUS University mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.