Jakarta, 24 Agustus 2020 – Pesatnya perkembangan teknologi sebagai penyebab utama kemajuan di era globalisasi yang telah memberikan dampak besar untuk kehidupan kita di saat ini dengan sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang, dari kalangan muda hingga tua yang menggunakan teknologi ke dalam beberapa aspek kehidupan. Kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun komunikasi sangat besar. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan baik untuk individu itu sendiri maupun kelompok.

Tentu saja melihat perkembangan teknologi pada saat ini, secara significant terjadinya peningkatan kebutuhan Information and Communication Technology (ICT) sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu, keberadaan tenaga kerja yang profesional sangat dibutuhkan di berbagai industri baik di tingkat nasional maupun internasional. Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam bidang IT harus memiliki pemahaman dan penguasaan Computer Science (Teknik Informatika) yang dijadikan sebagai kunci utama dalam menghadapi tantangan dunia global saat ini.

Saat ini universitas di Indonesia menyediakan program studi computer science agar kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), serta kinerja komputer. Salah satu diantaranya adalah jurusan computer science di BINUS@Malang. Namun, sebelum kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk mengambil jurusan computer science tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu secara garis besar tentang jurusan computer science.

Mata Kuliah

Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Computer Science antara lain: Character Building : Pancasila, Algorithm and Programming, Program Design Methods, Discrete Mathematics, Linear Algebra, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Data Structures, Calculus, Human and Computer Interaction, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Algorithm Design and Analysis, Artificial Intelligence, Computer Networks, Database Systems, Indonesian Language, Character Building : Agama, Software Engineering, Popular Technology for Business Innovation, User Experience, Object Oriented Programming, Research Methodology, Multimedia Systems, Minor : Digital Techno-preneur, Network, Intelligent System, Free Elective : Game Technology, Free Elective : Network Security, Compilation Techniques, Operating System, Entrepreneurship : Market Validation, Big Data Analytics for Business, Web Programming, Data Visualization, Mobile Application Programming, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/program/computer-science-malang/)

Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan computer science dalam menguasai ilmu komputer secara teori maupun praktik. Dengan ini mahasiswa lulusan computer science diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, serta keterampilan ilmu IT (information and technology).

Prospek Karir

Setelah lulus dari perguruan tinggi dengan sudah dibekali ilmu teori dan praktik, mahasiswa lulusan computer science dapat berkarier di berbagai bidang seperti: Software Engineer/Developer, System Analyst/Developer, Web Engineer/Developer, Computer Security Specialist, Data Scientist, IT Support/Consultant, Researcher, Multimedia Programmer, Lecturer/Trainer.

Program computer science BINUS@Malang, merupakan bagian dari School of Computer Science, yang menekankan pada pembelajaran pada proses dan teknik untuk mengembangkan sistem berbasiskan komputer. Spesialiasi yang dapat dipilih diantaranya adalah : IoT (Internet of Things), Sistem Cedas, Mengembangankan teknologi Game atau Mobile, dan juga keamanan sistem (Computer Security). Program Studi Computer Science BINUS@Malang berfokus pada teknologi kreatif di area kecerdasan buatan, multimedia, jaringan dan pengembangan game dengan menyediakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan berbagai kolaborasi dengan perguruan tinggi dan industri.

Program studi Computer Science BINUS@Malang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi untuk mendukung kebutuhan industri. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pengembangan IT (Information and Technology), serta program (2+1)+1 , dimana mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment, yaitu: Internship, Research, Study Abroad, Start-up Business, dan Community Development.