BINUS UNIVERSITY

    Keunggulan Program Studi Akuntansi S1 BINUS University menghasilkan Lulusan yang Kompeten

    Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), Akuntansi/Accounting adalah seni pencatatan, dan penggolongan dalam ukuran moneter, transaksi dan keuangan. Di Program Studi ini, akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan laporan keuangan, mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dari masing-masing perusahaan, menganalisis laporan keuangan, metode pencatatan, penggolongan, dan penyusunan dengan cara tertentu dalam laporan transaksi keuangan. Selain itu, dalam melakukan analisis laporan keuangan, harus lebih teliti dan detail terhadap apa yang disajikan laporan keuangan. Selain mempelajari tentang laporan keuangan, juga akan mempelajari tentang perpajakan dan kebijakan keuangan.

    Program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika. Ilmu Akuntansi lalu diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Akuntansi antara lain: Introduction to Accounting, Taxation, Introduction to Commercial and Private Law, Economic Theory, Introduction to Money and Capital Market, Economic Statistics, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Pancasila, Accounting for Business, Introduction to Management and Business, Cost Accounting, Ethics and Corporate Governance, Entrepreneurship : Ideation, Indonesia Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Kewarganegaraan, Corporate Financial Management, Financial Accounting, Entrepreneurship : Prototyping, Accounting Information System and Internal Control, Managerial Accounting, Auditing, Taxation, Enrichment Program, dan Thesis. (accounting.binus.ac.id)

    Prospek Karir

    Dengan pemahaman mengenai pencatatan hingga evaluasi laporan keuangan, seorang lulusan akuntansi tidak hanya dapat berstatus sebagai akuntan. Berikut adalah profesi-profesi yang merupakan prospek kerja Program Studi akuntansi:

    1. Akuntan perusahaan : seseorang yang bertugas untuk membuat laporan keuangan di sebuah perusahaan. Tugas ini dapat kamu terima dapat beberapa jenis profesi seperti akuntan publik, asisten akuntan, akuntan manajer, dan sejenisnya. Meskipun  deskripsi kerja akan berbeda-beda tergantung jabatan, tetapi secara umum kamu akan mengerjakan hal yang berkaitan dengan laporan keuangan. Akuntan adalah prospek kerja Program Studi akuntansi yang paling utama dan umumnya terbuka untuk fresh graduated.
    2. Internal Auditor : seseorang yang bertugas untuk memastikan laporan keuangan sebuah perusahaan bersih dan bebas penyimpangan. Tugas utama dari internal auditor adalah memeriksa dan mengevaluasi laporan keuangan serta mengidentifikasi ketidaksesuaian antara dara dan bukti. Jika kamu memilih untuk menjadi internal auditor, kejujuran adalah suatu hal yang harus kamu miliki.
    3. Perencana Keuangan : untuk dapat menjadi seorang financial planner atau perencana keuangan, kamu harus mengambil sertifikasi khusus yaitu Certified Financial Planner (CFP). Sertifikasi tersebut akan mempersiapkan kamu untuk menjadi perencana keuangan mulai dari paling dasar, hingga penghasilan tambahan dari properti. Prospek ini semakin memiliki peluang karena seiring dengan berkembangnya perekonomian, mulai banyak orang sadar akan pentingnya perencanaan keuangan.
    4. Penganalisa Keuangan : seseorang yang bertugas dalam  mempertimbangkan suatu pengambilan keputusan atas suatu kebijakan. Sama seperti untuk menjadi perencana keuangan, penganalisa keuangan juga membutuhkan sertifikasi khusus yang harus yang harus didapat yaitu Chartered Financial Analyst (CFA). Hanya saja, kamu tidak dapat secara langsung untuk menjadi analis keuangan, karena salah satu syarat mengambil CFA adalah pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidang keuangan.
    5. Pegawai lembaga keuangan Pemerintah : pemerintah Indonesia memiliki berbagai lembaga keuangan seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu dapat memasukkan lamaran apabila lowongannya dibuka, hanya saja persaingannya akan sangat ketat. Bekerja di perusahaan pemerinta mungkin dapat menjadi suatu kebanggaan. Gaji yang ditawarkan untuk staff di kedua lembaga di atas akan jauh di atas rata-rata akuntan lainnya. Selain itu, posisi Pegawai Negeri Sipil juga banyak tersedia untuk lulusan akuntansi.
    6. Wirausahawan : seorang wirausahawan yang harus memiliki pengetahuan mengenai keuangan akan membuatmu menjadi lebih teliti, jeli dan perhitungan terhadap peluang usaha. Oleh sebab itu, saat kamu memiliki peluang untuk memulai sebuah bisnis, kamu dapat menjadikan semua yang kamu dapat sebagai bekal dalam menjalani bisnis dengan sukses.

    Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang akuntansi. Akuntansi (S1) adalah program studi yang dimiliki oleh BINUS bertujuan untuk menghasilkan sarjana akuntansi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai di bidang akuntansi dengan sikap kritis, analitis, dan sistematis. Program ini untuk diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin berprofesi sebagai Akuntan Profesional dengan kurikulum yang memberikan skill di bidang bisnis dan teknologi informasi sesuai dengan kurikulum pendidikan akuntansi ysng memiliki akreditasi A dan secara global telah diatur oleh International Federation of Accountant dengan sistem International Education Standard. International Financial Reporting Standard (IFRS) menjadi acuan seluruh perusahaan di dunia pada tahun 2012 dan mata kuliah yang mengacu pada sertifikasi Akuntan Profesional (Chartered Accountant-CA).

    Kurikulum Akuntansi (S1) BINUS University menjalin kolaborasi yang erat dengan empat Public Accounting Firm terbesar dunia (the Big Four) afiliasi Indonesia, sehingga program ini mampu membuka kesempatan kerja yang luas dan bergengsi bagi lulusannya. Program Studi Akuntansi (S1) BINUS University dirancang untuk memberikan bekal daya analitis, konseptual, dan teoritis serta kemampuan praktis yang seimbang untuk setiap lulusannya dengan memfokuskan pada peminatan pengauditan (auditing), yang mana mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian lebih detail secara teknik dan praktik tentang pengauditan laporan keuangan dan jenis pengauditan lain seperti audit operasional, audit internal dan teknik mendeteksi praktik-praktik kecurangan dalam transaksi keuangan perusahaan, sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kariernya dengan menempuh Sertifikasi Akuntan Publik (CPA) Indonesia. Demikian setiap lulusan Program Studi Akuntansi (S1) BINUS University siap memasuki ruang lingkup industri ataupun dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

    BINUS University memiliki model pembelajaran secara online untuk Program Studi Akuntansi (S1) dengan memberi kemudahan dalam berinteraksi dengan dosen, dan rekan-rekan juga di dukung oleh bahan ajar yang mudah dipelajari secara mandiri.  Selain itu mahasiswa dapat mengambil inisiatif memanfaatkan bahan bacaan lain yang ada di perpustakaan dengan mengikuti tutorial secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi; serta memanfaatkan sumber belajar lain seperti bahan ajar dari komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Bina Nusantara (UPBJJ-UT) setempat.