BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Program Studi Primary Teacher Education BINUS UNIVERSITY? Yuk simak Informasi Lengkap nya!

    Jakarta, 25 Agustus 2020 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau dalam bahasa inggris dinamakan Primary Teacher Education mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Program studi ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di sini, para mahasiswa mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Tak hanya pemahaman akademis, para mahasiswa harus mampu memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial. Sebagai guru SD memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya. Saat ini, 95% daerah di Indonesia kekurangan tenaga guru SD. Ini artinya, lapangan kerja
di bidang ini pun masih terbuka luas untuk kalian yang tertarik untuk bekerja di bidang pendidikan.

    Mata Kuliah

    Berikut mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Primary Teacher Education BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Character Education for Primary, Philosophy of Science, Educational Psychology, Bahasa Indonesia for Primary I, Mathematics Education for Primary I, Class Management, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia For Primary II, Mathematics Education for Primary II, Learning Theories, Introduction to Primary Curriculum, Learning Evaluation and Assessment, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, ICT Based Learning Media, Curriculum and Instructional Development, Statistics for Education, Social Science for Primary I, Natural Science for Primary I, Pancasila and Civics Education I, Pancasila and Civics Education II, Social Science for Primary II, Natural Science for Primary II, Current Issues in Primary Education, Micro Teaching, Educational Research Methodology, Philosophy of Education, Enrichment Program I, Enrichment Program II, Pramuka, Research Proposal, School Based Management, Introduction to Guidance and Counselling, International and National Curriculum, Advanced Mathematics, Advanced Natural Science, Advance ICT, Art and Craft, Teaching English for Young Learners, Physical Education, Child Games, Introduction to Special Needs Education, Public Speaking, dan Thesis. (pgsd.binus.ac.id)

    Prospek karier

    Berikut prospek karir untuk Program Studi Primary Teacher Education diantaranya adalah:

    1. Membuka Les Privat Pribadi : Banyak anak-anak sekolah di lingkungan rumah. Kamu bisa memberikan kursus pada anak-anak di lingkungan rumah. Jika Kamu mematok harga 5.000-10.000 ribu rupiah saja perjamnya dan berhasil mendapatkan sepuluh murid. Maka, Kamu bisa mendapatkan lima puluh ribu perjamnya. Jika satu hari Kamu mengajar 5 jam, maka hasilnya sudah sangat lumayan bukan?
    2. Radio Announcer : bidang ini sangat cocok untuk Kamu yang suka berbicara dan bercerita mengenai dunia pendidikan. Namun, Kamu tidak merasa nyaman jika harus bertemu dengan banyak orang. Jadi, radio announcer adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk gaji sendiri disesuaikan dengan radio masing-masing.
    3. Mendirikan Yayasan : berlatar belakang PGSD tidak menutup kemungkinan untukmu untuk mendirikan sebuah yayasan sendiri. Ini dapat Kamu coba sekaligus membangun sifat kepemimpinan yang terkubur dalam diri. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 10 juta atau lebih sebagai pendiri yayasan.
    4. Konselor : dengan menjadi seorang konselor Kamu dapat membantu para klien untuk menemukan sekolah dan Program Studi yang tepat. Latar belakang pendidikan yang Kamu miliki tentu membuat sedikit lebih paham dan lebih peka terhadap kondisi psikologi siswa. Gaji yang diperoleh sekitar 3 juta.
    5. Guru SD Negeri : Nah, yang ini sudah pasti menjadi tujuan utama setiap lulusan PGSD. Lulus dengan nilai baik lalu mendapatkan pekerjaan jadi pegawai negeri. Untuk gaji, bisa menyesuaikan tempat dan juga lamanya Kamu mengajar.
    6. Guru SD Swasta : Jika Kamu belum beruntung untuk menjadi guru SD di sekolah negeri tak ada salahnya menjadi guru SD di sekolah swasta. keduanya pun sama. Gajinya pun sesuai dengan ketentuan sekolah masing-masing.
    7. Guru Ke Daerah-Daerah : Untuk Kamu yang berjiwa sosial tinggi. Kamu bisa menjadi guru yang ditugaskan ke pelosok negeri untuk memperkenalkan pendidikan kepada masyarakat sekitar sana. Dengan begitu, maka Kamu sudah membantu negara ini untuk meratakan tingkat pendidikan setiap penduduknya. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 3 juta per bulan.
    8. Guru Yang Mengajar Di Luar Negeri : Menjadi guru yang mengajar anak-anak bangsa yang ada di luar negeri adalah pilihan yang tepat untuk Kamu yang suka traveling sekaligus mencari pengalaman yang beda. Untuk masalah gaji tenang saja, Kamu akan mendapatkan uang kisaran 10 juta atau bahkan lebih setiap bulannya.
    9. Ikut Lembaga Bimbel : Hal ini sama dengan point nomor satu. Namun, kali ini Kamu bekerja pada sebuah lembaga bimbel dan mengajar sebagai tutor. Kamu bisa mendapatkan gaji kisaran 2 juta sampai 5 juta.

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di program studi Primary Teacher Education dengan memberikan pendidikan kepada mahasiswa mengenai materi pelajaran Sekolah Dasar seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PKN, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Selain pemahaman akademis, mahasiswa juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial. Sehingga BINUS UNIVERSITY menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas.

    Program Studi Primary Teacher Education BINUS UNIVERSITY mendidik mahasiswa untuk menjadi seorang guru sekolah dasar yang profesional dan bersemangat mendidik, menginspirasi, dan berinovasi bagi masyarakat dengan pendidikan yang berkualitas. Program Studi Primary Teacher Education BINUS UNIVERSITY memperkuat jaringan di komunitas pendidikan dasar dengan berkontribusi kepada masyarakat lokal dan global dalam membangun kualitas hidup bangsa melalui pelayanan pendidikan sekolah dasar serta memberi kontribusi kepada komunitas global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia.