BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Prodi Communications? Berikut Informasi Lengkap dan 12 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!

    Jakarta, 24 Agustus 2020 – Komunikasi adalah studi interdisipliner unik yang mengintegrasikan linguistik, sosiologi, psikologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Program studi ini mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, hingga penerimaan pesan verbal dan nonverbal. Mahasiswa akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital).

    Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi akan mampu menciptakan konten berkualitas yang dicari oleh industri dan pengguna media saat ini. Dengan menguasai kerangka teori dan keterampilan praktis, lulusan akan siap bekerja di atas panggung maupun di luar panggung. Mahasiswa juga dibekali ketrampilan kewirausahaan agar memiliki lebih banyak kesempatan di masa depan.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Communication di BINUS@Malang antara lain: Character Building : Pancasila, Philosophy and Ethics of Communication, Writing Fundamentals, Public Speaking, Introduction to Sociology, Introduction to Communication Science, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Theory of Communication, Political Communication, Interpersonal Communication, Psychology of Communication, Indonesian Language, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Contemporary Writing, Intercultural Communication, Theory of Mass Communication, Public Opinion, Social Design Thinking, Organization Communication, Character Building : Agama, Entrepreneurship : Prototyping, Communication Technology, Entrepreneurship : Market Validation, Computer for Communication, Script Writing, Creativity for Media Communication, Content Production, Media Promotion and Marketing, Creative Audio Visual, Quantitative and Qualitative Research Methods in Communication Context, Workplace Ethics and Behavior, Digital Audio Video Streaming, Reportage and Interview Technique, Motion Graphics, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/program/communications/)

    Prospek Karir

    Berikut prospek karir untuk program studi Communication diantaranya adalah:

    1. Juru Bicara: seseorang yang diberikan tanggung jawab dalam menerangkan kondisi sesuatu. Juru bicara biasanya bertugas dalam menyampaikan keterangan resmi kepada umum yang mewakili seseorang atau suatu kelompok. Juru bicara menjadi pekerjaan yang sangat menarik terutama untuk seorang lulusan komunikasi.
    2. Public Relations/Humas: seorang Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.
    3. Event Organizer: seorang event organizer harus mampu mengurus semua hal terkait acara dengan sangat detail. Mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang hadir. Seorang EO juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena EO lebih banyak berkomunikasi dan berelasi dengan banyak orang. EO, biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event. Seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.
    4. Presenter: berprofesi menjadi seorang presenter menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan karena terlibat dalam membawakan acara. Apalagi menjadi soernag presenter televisi yang terkenal dalam menyampaikan berita menjadi prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang didambakan. Banyak sekali presenter televisi yang terkenal seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Noya, dan masih banyak lagi.
    5. Wartawan: seseorang yang bertugas menulis dan melaporkan berita (informasi) dari suatu kejadian. Menjadi seorang wartawan bukan pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan keberanian dan komitmen dalam menyajikan berita yang layak bagi banyak orang.
    6. Editor: menjadi seorang editor atau sering disebut dengan penyunting menjadi pekerjaan yang diminati oleh para lulusan komunikasi. Editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.
    7. Copy Writer: prospek kerja untuk mahasiswa lulusan jurusan komunikasi berpeluang besar untuk menjadi seorang copywriter, terutama untuk orang yang suka menulis. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman dan tidak jenuh membaca tulisannya hingga akhir.
    8. Dosen: di setiap perguruan tinggi yang mempunyai jurusan ilmu komunikasi tentu membutuhkan seorang pengajar. Sehingga tidak heran para lulusan komunikasi dapat menjadi seorang dosen tentu dengan persyaratan pendidikan minimal magister (S2).

    BINUS University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Communications melalui kurikulum program yang dirancang untuk menyiapkan mahasiswa yang kreatif dengan mempelajari menganalisis kasus-kasus dalam komunikasi untuk memberikan solusi dengan pendekatan ilmu komunikasi sehingga mahasiswa lulusan Communication BINUS University mampu merancang solusi dalam pendekatan ilmu komunikasi untuk menghadapi krisis komunikasi baik internal, eksternal maupun komunitas dengan menggunakan berbagai media.

    Program Studi Communication BINUS@Malang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar mampu melakukan komunikasi secara profesional untuk membangun dan memelihara hubungan perusahaan dengan pemangku kepentingan melalui saluran yang relevan. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi, serta program (2+1)+1, dimana Mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment.

    Program Studi Communication BINUS@Malang sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga lulusan Communication BINUS University mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.

    Program studi Communication BINUS University kini telah tersedia di BINUS @Malang. BINUS University Malang beralamat di Araya Mansion No. 8 – 22, Genitri, Tirtomoyo, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.