BINUS UNIVERSITY

    Ingin Masuk Interior Design BINUS? Berikut Informasi Lengkap dan 9 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!

    Jakarta, 17 Agustus 2020 – Kemajuan teknologi kian melaju pesat saat ini telah mempengaruhi ke berbagai jenis industri di dunia, salah satunya industri furnitur dan interior. Prospek industri interior di Indonesia saat ini menunjukkan perkembangan angka yang cukup signifikan. Sebab itu, terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keindahan tata ruang yang memberikan kenyamanan yang mendorong berkembangnya industri interior modern. Oleh karena itu, keberadaan sumber daya manusia yang kompeten sangat dibutuhkan agar dapat bersaing di era globalisasi khususnya di bidang interior.

    Interior design adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di sebuah bangunan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk perlindungan, interior design atau arsitek merancang ruang yang akan memberikan pengaruh terhadap pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuninya. Saat ini di Indonesia memiliki universitas yang menyediakan program studi interior design agar kita bisa mendapatkan ilmu tentang keunikan tata ruang. Salah satu diantaranya adalah Program Studi interior design di BINUS UNIVERSITY. Namun, sebelum kita mengambil Program Studi interior design tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu secara garis besar tentang Program Studi interior design.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Interior Design di BINUS UNIVERSITY antara lain: Character Building : Pancasila, Ergonomic and Anthropometry, Sense of Design, Interior Drawing, Art Principles, Interior Technical Drawing, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Material Knowledge, Interior Design I : Residential, Furniture Design I : Residential, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Interior Design II : Retail, Furniture Design II : Retail, Computer 2D Drawing, Indonesian Language, History of Western Art, Building Component Theory and Regulation, History of Eastern Art, Business in Interior Design, Interior Presentation Techniques, Interior Rendering, Commercial and Hospitality Design, Furniture and Interior Design Accessories, Enrichment Program, dan Thesis. (interior.binus.ac.id)

    Prospek karier

    Berikut prospek karir untuk Program Studi Interior Design diantaranya adalah:

    1. Interior Designer/Arsitek : Program Studi interior design memiliki prospek bekerja sebagai perancang desain interior. Dengan bekal keahlian yang telah dimiliki seorang interior designer bertugas dalam membuat konsep interior, gambar sketsa, gambar teknik, visualisasi gambar dan video 3D, ide penggunaan material dan mebelair, dan lain sebagainya.
    2. Jasa Drafter dan Visualizer 3D : kemampuan dan keterampilan spesifik yang dikuasai oleh lulusan Desain Interior, bisa menjadi modal saat lulus kuliah untuk bekerja. Melayani jasa drafter dan Visualizer 3D misalnya, dengan kemampuan khusus memvisualkan rancangan desain interior dalam format gambar dan video tiga dimensi melalui komputer bisa menjadi mata pencaharian yang menggiurkan.
    3. Bisnis Properti : perkembangan bisnis properti hingga saat ini sangat pesat, merata hampir diseluruh wilayah Indonesia. Semakin majunya bisnis ini tentu membutuhkan dukungan tim yang bekerja sebagai desainer interior. Peran desainer interior dalam bisnis properti adalah untuk meningkatkan nilai jual properti yang akan dipasarkan. Bisnis properti sebenarnya juga bukan hanya perkara rumah hunian, dan bukan hanya urusan jual beli. Sewa menyewa ruko, perkantoran, guesthouse, dan apartemen yang memberi rasa nyaman bisa menjadi peluang usaha bagi lulusan desain interior.
    4. Distributor Produk Interior : Setiap ruang pasti membutuhkan berbagai barang yang bisa dipajang, mulai dari furniture, karpet, wall covering, lukisan, lampu hias dan sebagainya. Berbagai barang atau produk tersebut tentu ada yang menjadi produsen dan konsumen. Sebagai lulusan desain interior yang paham dengan produk-produk terbaik dikelasnya, kamu bisa menjadi distributor barang-barang tersebut. Lakukan riset pasar untuk mencari pelanggan, cari produsen atau pabrik yang memproduksi barang-barang tersebut. Setelah itu jadilah distributor untuk salah satu atau beberapa jenis produk interior tersebut.
    5. Produsen Furniture : menjadi perancang sekaligus produsen furniture bisa menjadi pilihan pekerjaan bagi lulusan desain interior. Fokus pada salah satu bahan baku ataupun beragam bahan baku bisa menjadi pilihan. Tentukan segmen pasar yang akan dituju, sesuaikan dengan produk yang akan dijual dengan pasar tersebut. Jika memungkinkan, buatlah produk lokal yang unik dan berkualitas sehingga bisa diekspor ke luar negeri.
    6. Interior Konsultan : lulusan desain interior yang mumpuni bisa menjadi penasehat ahli pada lembaga/instansi pemerintah, bahkan membuat biro konsultan desain sendiri pun juga bisa. Untuk bisa memulai merintis biro konsultan sendiri sebaiknya bekerjalah dahulu di biro konsultan lain yang mapan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman.
    7. Staff Badan Usaha Milik Negara (BUMN) : Bekerja sebagai pengabdi negara tak terbatas menjadi PNS saja. Jika Kamu punya kemampuan spesifik dibidang desain interior, kamu juga bisa melamar pekerjaan di Badan usaha milik negara atau BUMN. Ada banyak BUMN yang memiliki peluang untuk lulusan desain interior, terutama BUMN yang berhubungan dengan jasa konstruksi. Misalnya saja di WIKA (PT. Wijaya Karya Persero), PT. Adhi Karya, Waskita, Nindya Karya, dan lain sebagainya.
    8. Tenaga Pengajar (Dosen/Guru) : Jika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengajar? Menjadi dosen ataupun guru SMK bisa menjadi pilihan. Saat ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi banyak membuka program studi Desain Interior.
    9. Jurnalis Interior : bagi kamu yang gemar menulis, lulusan desain interior juga memiliki peluang untuk dapat bekerja sebagai penulis. Ada banyak majalah, koran, maupun tabloid yang membahas materi tentang desain interior dan arsitektur. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang didapat saat kuliah, Kamu bisa menekuni profesi sebagai Jurnalis.

     

    BINUS UNIVERSITY hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Interior Design melalui kurikulum program yang dirancang untuk mendidik mahasiswa agar mampu menghasilkan portofolio desain interior terbaru secara kreativitas, dan profesional.

    Program Studi Interior Design BINUS UNIVERSITY didukung oleh tenaga pengajar yang profesional, mendidik mahasiswanya untuk fokus pada desain dalam segala hal yang dilakukannya. Program studi interior design BINUS UNIVERSITY menghadirkan enrichment program untuk mempersiapkan bekal untuk mahasiswa terhadap dunia kerja yang nyata dalam proses pengajaran, membimbing mahasiswa untuk bersikap profesional dalam proses presentasi, perencanaan, dan perancangan. Siswa juga diperkenalkan dengan Local Contain, Eco-Technology dan Green Design.

    Pada program studi Interior Design BINUS UNIVERSITY, mahasiswa akan memahami untuk memecahkan masalah di Perumahan, Penerangan, Ritel, Perkantoran, Hotel dan area komersial lainnya. Mereka dilatih untuk mampu menyusun konsep desain, menggambar presentasi 3D secara profesional. Mata kuliah pada prodi interior design di BINUS UNIVERSITY berfokus pada Teknologi Informasi. Demikian, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dasar dan lanjutan tentang ComputerAided guna mengakomodasi Bisnis Desain Interior yang menantang.

    Program studi Interior Design juga tersedia di BINUS@Kemanggisan, BINUS@Alam Sutera, BINUS@Bandung, BINUS@Malang.

    Ingin menjadi seorang arsitek yang hebat dengan mewujudkan karir yang cemerlang? Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam berkarya!