BINUS UNIVERSITY

    Prodi Film BINUS University Menciptakan Kreativitas Mahasiswa dalam Memenuhi Kebutuhan Industri

    Jakarta, 13 Maret 2020 – Film dan Televisi adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menciptakan media audio visual dengan berbagai prosesnya. Pasar industri film di Indonesia saat ini semakin menjanjikan. Hal ini seiring dengan pertumbuhan industri perfilman yang terus kian meningkat dari sisi jumlah penonton, layar lebar, serta banyaknya film-film Indonesia yang diproduksi dan ditonton oleh jutaan pemirsa.

    Oleh karena itu, tercipta program studi (prodi) film yang bertujuan untuk menciptakan lulusan mahasiswa yang berkualitas agar dapat memberikan karya terbaik di industri perfilman. BINUS University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghadirkan prodi Film (S1) dan sudah terbukti dalam menghasilkan lulusan mahasiswa terbaik di segala program studi yang dimiliki. Kurikulum untuk prodi Film menawarkan dua peminatan, yaitu Film Production dan Film Studies dengan memberikan kurikulum terpadu di mana pemahaman tentang estetika, pengetahuan sosial dan budaya, serta keterampilan bisnis dan teknis perfilman. Dalam program studi Film BINUS University, mahasiswa akan belajar mengintegrasikan keterampilan pembuatan film secara teknis dengan pengetahuan teoritis dan praktis untuk memenuhi standar industri. Di jurusan Film BINUS University, mahasiswa juga akan belajar menganalisis dan menulis naskah film sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh publikasi film.

    Prodi Film BINUS University menciptakan lulusan mahasiswa yang mempunyai berbagai kemampuan dan keterampilan secara teknis seperti melakukan kegiatan Produksi perfilman, penulisan naskah, management produksi, directing (penyutradaraan), lighting (penerangan), editing dan sound recording serta secara teoritikal mengetahui tentang sejarah media. Hal ini memiliki peranan sangat penting untuk membantu meningkatkan kualitas industri perfilman di Indonesia agar mampu bersaing secara global. Prospek karir yang dapat ditempuh lulusan prodi Film di BINUS University antara lain aktor, script writer, produsen TV, penyiar radio, content creator, animator, video editor, fotografer, jurnalis (reporter), dan sutradara.

    Prodi Film BINUS berharap agar lulusannya mampu mengintegrasikan teknis pembuatan film dengan pengetahuan teori dan praktek yang dapat menjadi inovasi dalam dunia perfilman. Industri perfilman Indonesia yang semakin maju dengan meningkatnya jumlah penonton, diharapkan dapat semakin menembus pasar internasional.