BINUS UNIVERSITY

    Wujud Kontribusi BINUS UNIVERSITY Untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Unggul

    Jakarta, 16 April 2020 – Di era kemajuan teknologi dan digitalisasi seperti saat ini, sumber daya manusia unggul dan relevan dengan perubahan jaman sangatlah dibutuhkan. Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik pada bulan Februari 2019, terdapat lebih dari 6.8 juta pengangguran di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 61,2% berasal dari tingkat pendidikan SMU/Sederajat hingga perguruan tinggi. Melihat data tersebut, selain pendidikan formal dirasa penting bagi lulusan untuk memiliki kemampuan hard skills dan soft skills, pengalaman bekerja, serta komunitas/ jaringan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut.

    Kompas.com* pada (14/04), mempublikasikan artikel mengenai daftar Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki kualitas lulusan dengan serapan tenaga kerja terbaik versi QS World Graduate Employability Rankings 2020. Dalam artikel tersebut, BINUS UNIVERSITY menduduki posisi kedua dari 6 perguruan tinggi di Indonesia dengan peringkat 200+ dunia serta memiliki skor 15,8-27,5. Penilaian ini didasarkan dalam 6 indikator, yaitu; Employer reputation, alumni outcomes, partnership with employers per faculty,  employer-student connections, dan graduate employment rate.

    BINUS UNIVERSITY memiliki target 2 dari 3 lulusan bekerja pada perusahaan  top-nasional ataupun perusahaan global atau menjadi entrepreneur dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. Untuk mendukung target ini, BINUS  memiliki program (2+1)+1, dengan konsep belajar selama tiga tahun di kampus dan 1 tahun belajar di luar kampus, mahasiswa dapat memilih salah satu dari lima program yang ada: internship, community development, research, start-up business, atau study abroad. Program ini memungkinkan mahasiswa berkesempatan untuk bertemu, belajar, dan bekerja langsung dengan para pelaku industri.

    BINUS UNIVERSITY saat ini memiliki 11 kampus yang tersebar di kota-kota di Indonesia seperti Greater Jakarta, Bandung, Malang serta BINUS UNIVERSITY Learning Center yang terdapat di Semarang dan Palembang. Hingga kini memiliki lebih dari 158.000 komunitas BINUSIAN yang terdiri lebih dari 113.500 alumni, 33.000 mahasiswa aktif, dan 11.000 mahasiswa baru.

    (GP)

    ***

    *)https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/14/162737671/daftar-kampus-indonesia-dengan-lulusan-siap-kerja-versi-qs-wur-2020?page=all#page2