BINUS UNIVERSITY

Semangat Nasionalisme Ajak BINUSIAN Berkarya Dengan Hati Yang Bersih dan Tulus

BINUS UNIVERSITY bersama dengan TFI mengadakan perayaan HUT ke-68 Republik Indonesia bersama para BINUSIAN dan warga Kecamatan Palmerah pada Sabtu (17/8) di Kampus Syahdan. Pada kesempatan ini, hadir pula bapak Drs. Agustriyono selaku camat di area  Palmerah sekaligus menjadi Pembina Upacara.

Kegiatan upacara memang sudah dilakukan setiap tahun, namun yang unik di tahun ini adalah adanya penyatuan setiap elemen yang ada di Palmerah untuk bersama-sama merayakannya. Elemen tersebut adalah Lembaga Pendidikan, Lembaga Pemerintah, Veteran, LSM, dll. Dengan adanya berbagai elemen yang hadir dalam upacara perayaan Hari Kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia ini, sangat diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar elemen, sehingga terwjudnya rasa persaudaraan yang saling bekerja sama dalam membangun Indonesia yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Hal ini yang menjadi Latar Belakang dilakukannya perayaan HUT ke-68 Republik Indonesia yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut terlibat di dalamnya. Karena,saat ini kita dapat melihat unsur satu kesatuan di Bangsa Indonesia khususnya Jakarta di setiap elemen yang harusnya bersatu, saling mendukung, serta rasa Persatuan dan Nasionalisme kini sudah mulai pudar. Dengan merayakan secara bersama – sama, diharapkan sinergi setiap elemen yang ada di masyarakat dapat tercipta dan meningkatkan efektifitas pemberdayaan,  menciptakan suasana dan semangat kebersamaan, serta meningkatkan rasa persaudaraan di seluruh lapisan masyarakat.

Sederet rangkaian acara yang sudah dipersiapkan BINUS UNIVERSITY dan TFI dalam memeriahkan HUT ke-68 Republik Indonesia diantaranya, pada Jumat (16/8) diadakan acara bersih-bersih lingkungan Kecamatan Palmerah dan puncak acara pada Sabtu (17/8) dilakukan Upacara bendera, Kompetisi Memasak nasi Uduk Betawi untuk 17 RW (pemenangnya akan mendapatkan dana hibah untuk meningkatkan kapasitas warung/ microfinancing), Lomba Tradisional, dan Lomba menggambar dengan mengambil tema “Harapan untuk Jakarta”. Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Volunteer TFI, Kelurahan, RW, RT, LSM yang ada di Palmerah dan warga. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

“Adalah sangat Indah, apabila dalam keseharian adanya penyatuan dan sinergi yang baik, antara lembaga pemerintah, masyarakat dan swasta. Ini adalah langkah yang sangat baik dan meski yang pertama kali dilakukan bahwa upcara dilakukan bersama dengan penyatuan elemen lembaga masyarakat (kecamatan, kelurahan, dst) bersama dengan masyarakat dan BINUS sebagai lembaga pendidikan swasta”, Ungkap Maria Intan Setiadi, S.Kom., MM., selaku Community Development Center Manager. (JR)