BINUS UNIVERSITY

Bersama TFI Wujudkan Jakarta Bersih

Selayaknya beberapa kota besar di dunia yang padat penduduk, Jakarta tak luput dari beragam masalah lingkungan, salah satunya adalah kebersihan. Hal ini tentunya berakibat pada banyak sektor kehidupan bahkan hingga bencana alam seperti banjir. Hal inilah yang menjadi perhatian BINUS Teach for Indonesia (TFI) sebagai sebuah komunitas yang tidak hanya peduli pada dunia pendidikan, namun juga terhadap kelestarian lingkungan. Melalui Kampanye “Yuk Buang Sampah Pada Tempatnya,” BINUS TFI mengajak masyarakat Jakarta untuk lebih memperhatikan lingkungan dengan cara yang paling sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung kampanye ini adalah Photo-Video Blog Competition yang dilaksanakan mulai 1 Juni 2013 lalu. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam kompetisi ini, yaitu foto, video dan blog. Peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah masyarakat umum yang berasal dari berbagai daerah, antara lain Jabodetabek, Bandung, Riau, Sumatera dan Jawa Tengah. Para peserta yang mengikuti kompetisi ini telah mengirimkan hasil karya mereka mulai 1 Juni hingga 19 Juli 2013 lalu.

Kompetisi ini berhasil mengumpulkan 16 karya foto, empat karya video serta 25 karya blog yang akan dinilai. Darwis Triadi (Owner Darwis Triadi Photography), Dandhy Dwi Laksono (WatchDoc Documentary) dan Bagus Ismujati (Manager at Indonesia International Cooperation Agency) didaulat untuk memberikan nilai dalam proses penjurian yang berlangsung pada 22-24 Juli 2013 lalu. Dari proses penjurian ini akan diumumkan para pemenang pada Awarding Photo-Video-Blog Competition yang akan berlangsung pada 24 Agustus 2013 di fX Mall Sudirman.

“Kampanye ini merupakan gerakan yang sudah kita lakukan sejak tahun lalu dan dilakukan secara berkelanjutan disetiap acara, program serta soslalisasi. Untuk kesempatan kali ini, kami mengadakan Awarding Photo-Video-Blog Competition yang merupakan bagian dari gerakan kampanye peduli lingkungan “Yuk Buang Sampah Pada Tempatnya,” ujar Maria Intan Setiadi, S.Kom., MM selaku Community Development Center Manager.

Selain pengumuman pemenang kompetisi terdapat pula beragam rangkaian acara lainnya, seperti Talkshow dan Workshop. Talkshow akan mengangkat tema “Usaha Kita Semua untuk Jakarta” dengan pembicara Ms. Jessica D.Eicher (Vice Consul U.S Embassy) dan Bob Novandy (Bob Lampions). Workshop sendiri akan mengangkat dua tema, yakni “Reusable Things” yang menghadirkan SiDalang Project by Tunas Nusa Foundation serta “Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Lampion” yang dipandu oleh Bob Novandy.

Tujuan dari diadakannya Kampanye “Yuk Buang Sampah Pada Tempatnya” ini adalah untuk meningkatkan karakter dan budaya cinta kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.  Menjaga lingkungan dari bahaya sampah juga sebagai bentuk dukungan untuk Program Jakarta Bersih.

“Melalui kegiatan ini kami berharap perbaikan karakter dan budaya buang sampah pada tempatnya dapat dilestarikan. Karena ini adalah cerminan sebuah bangsa, dimana masyarakat yang mulai melakukan hal kecil dari lingkungan akan berbuat lebih besar ke depannya untuk bangsanya sendiri. Kompetisi Foto-Video-Blog ini sebagai salah satu upaya agar gerakan Kampanye ”Yuk Buang Sampah Pada Tempatnya” akan terus dilakukan sehingga akan banyak pihak yang terlibat,” harap Maria Intan. (YBD)