Akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah yang tinggi peminat. Terbukti, sebagian besar universitas di Indonesia memiliki jurusan ini, termasuk BINUS UNIVERSITY. Bidang studi satu ini berfokus pada pembelajaran tentang penyusunan dan pencatatan keuangan yang sangat penting bagi pengambilan keputusan perusahaan, terutama dalam bidang finansial.

Seorang Akuntan akan dibekali dengan berbagai macam keahlian, seperti kemampuan untuk mengelola keuangan, evaluasi anggaran, membuat dan mempresentasikan serta menilai laporan keuangan, hingga analisis. Tidak hanya itu, Akuntan pun dituntut untuk memiliki ketelitian yang tinggi dalam menghitung dan menginterpretasikan angka. 

Alasan Mengapa Akuntansi Banyak Diminati

Jurusan Kuliah

Ketelitian yang tinggi dalam menghitung dan menganalisis seharusnya membuat jurusan kuliah ini tidak terlalu diminati. Namun, sebaliknya, tidak sedikit calon mahasiswa yang berebut ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di bidang akuntansi. Apa alasannya?

  • Peluang Kerja yang Luas dan Menjanjikan

Peluang kerja selalu menjadi alasan utama ketika memilih bidang kuliah. Sama halnya seperti  teknik, jurusan akuntansi juga memiliki prospek kerja yang sangat luas dengan jenjang karier yang menjanjikan. Hampir semua perusahaan, terlebih yang bergerak di bidang industri keuangan, membutuhkan seorang Akuntan. 

Sudah pasti, gaji yang kamu dapatkan pun tidak sedikit. Kamu juga bisa meningkatkan standar kemampuan dan keunggulan diri dengan mengambil sertifikasi profesional. Selain meningkatkan ‘nilai jual’ di perusahaan, sertifikasi ini juga sangat membantu jika kamu ingin mendirikan Kantor Akuntan Publik milikmu sendiri. 

  • Cabang Ilmu yang Beragam

Kamu mungkin berpikir bahwa ilmu akuntansi adalah jurusan kuliah yang hanya berjibaku dengan hitungan. Tidak sepenuhnya salah, tetapi akuntansi juga punya cabang ilmu lainnya sebagai pilihan. Akuntansi keuangan, manajemen, bisnis, dan pemerintahan adalah beberapa di antaranya. Banyaknya pilihan cabang ilmu ini tentu akan memudahkan kamu dalam mengukur dan menilai minat untuk berkarir di masa depan nantinya. 

  • Bisa Diaplikasikan dalam Kehidupan Harian

Tidak hanya di dunia kerja, akuntansi ternyata bisa juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya menyusun dan mencatat anggaran pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Merencanakan keuangan untuk bekal hari tua pun tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan.

Bahkan, ilmu akuntansi juga menjadi bekal kuat bagi kamu yang hendak membuka usaha sendiri alias menjadi seorang wirausaha. Akuntansi disebut juga dengan bahasa bisnis, sehingga memiliki ilmu akuntansi akan sangat menguntungkan kamu untuk menyusun rencana finansial dan manajemen bisnismu sendiri.

  • Jurusan Kuliah dengan Grade yang Tinggi

Di dunia akademik, akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki angka passing grade yang tinggi. Tak heran jika para mahasiswa yang belajar ilmu akuntansi dituntut untuk memiliki pemikiran yang cerdas dan sangat teliti. Pasalnya, perhitungan yang kamu pelajari pada bidang kuliah ini terbilang rumit dan tidak mudah, ketidaktelitian akan membuat hasil perhitungan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

  • Kesempatan Meraih Double Degree

Selain peluang karier yang luas dengan jenjang yang begitu menjanjikan, kamu yang berkuliah di bidang akuntansi juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan dua gelar atau double degree. Program dua gelar ini jelas sangat menguntungkan, karena selain mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu, kamu pun bisa meningkatkan kualitas diri di bursa kerja dan memiliki kesempatan berkarir yang lebih luas lagi, bahkan hingga di kancah internasional. 

Selain bidang studi, memilih universitas yang tepat juga harus menjadi pertimbangan. Inilah mengapa kamu harus kuliah akuntansi di BINUS UNIVERSITY, karena program studi akuntansi BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan Indonesian Intitute of Accountants (IAI Global), Indonesian Institute of Public Accountants (IAPI), Ditjen Pajak, Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), Institute of Chartered Accountant in England and Wales, Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), dan CPA Australia. 

Tidak hanya itu, jurusan akuntansi BINUS UNIVERSITY memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan dukungan penuh dari empat firma akuntansi terkemuka. Jadi, apa lagi alasan kamu tidak memilih jurusan kuliah akuntansi di BINUS UNIVERSITY?