People Innovation Excellence

Binus, Nvidia, Kinetica, Bangun Pusat Riset AI Pertama di Indonesia

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) diyakini akan menjadi teknologi yang akan sangat berpengaruh di masa depan. Salah satu universitas swasta yang telah mencetak banyak ahli komputer Indonesia, Binus University, mengambil langkah untuk mendirikan pusat riset dan pengembangan AI pertama di Tanah Air. Pusat riset ini berlokasi di Kampus Anggrek Binus University, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang didirikan berkat kolaborasi Binus bersama perusahaan teknologi Nvidia dan Kinetica. Nvidia adalah perusahaan semikonduktor yang terkenal dengan prosesor grafis komputer atau GPU dan baru-baru ini menciptakan teknologi AI dengan GPU sebagai otak dari komputer, robot, hingga mobil otonom. Sedangkan Kinetica adalah persuahaan database GPU yang menggabungkan data warehouse, analisis advance, visualisasi, dan mengoptimalkan pembelajaran mesin berpikir serta model pembelajaran yang mendalam. “Dalam mendirikan pusat riset dan pengembangan AI ini, Binus University dan Nvidia juga berkerjasama dengan Kinetica untuk menyediakan database yang terakselerasi untuk menjalankan server GPU. Pusat riset ini berlokasi di Kampus Anggrek, Binus University, dilengkapi dengan fasilitas teknologi mutakhir dan lingkungan kerja yang kondusif untuk melakukan riset,” ujar Raymond Teh, Vice President Sales and Nvidia Asia Pasifik, dari rilis pers yang diterima kumparan (kumparan.com). Vice President APAC Kinetica, Joseph Lee, mengatakan perusahaannya bekerja sama dengan Binus University dalam pembuatan lab untuk menyimpan semua pionir AI lebih dahulu daripada tren yang ada dengan dukungan dari mahasiswa, juga bantuan dari peneliti dan insinyur, termasuk akses ke sistem komputer GPU mutakhir. “Pembukaan pusat riset AI ini adalah salah satu aksi nyata dari menjalankan visi Binus University dalam membina dan memberdayakan masyarakat dalam pembangunan dan melayani bangsa. Melalui pusat riset di Binus University, kami berusaha untuk mengedukasi, memperkaya dan memberdayakan masyarakat,” ungkap Dr. Bens Pardamean, Director of Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC) Binus University.

Source: https://kumparan.com/jofie-yordan/binus-nvidia-kinetica-bangun-pusat-riset-ai-pertama-di-indonesia


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close