People Innovation Excellence

Michael Surya, Si Jago Renang dari BINUS UNIVERSITY

Renang merupakan salah satu bidang olahraga yang dilakukan di dalam air. Bagi manusia, renang selain dijadikan sebagai sarana rekreasi, juga dijadikan sebagai sarana olahraga dan sarana kompetisi. Sebagai sarana olahraga, renang dapat memberikan manfaat yang baik untuk manusia seperti menjaga kesehatan tubuh karena ketika berolahraga renang hampir seluruh otot dan persendian bergerak.

Sedangkan sebagai sarana kompetisi, seseorang yang memiliki skill dan kemampuan dalam olahraga renang dan telah menekuni serta berlatih secara terus menerus, dapat mengikuti kompetisi renang untuk memperebutkan kejuaraan renang. Dengan kata lain, seseorang itu disebut dengan atlet renang, baik putra maupun putri.

Michael Surya mahasiswa BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu atlet renang yang telah mengibarkan sayapnya di ajang nasional. Pada acara Appreciation Day (30/3) di kampus Anggrek, ia mendapatkan penghargaan kategori nasional dalam kompetisi kejuaraan renang antar perguruan tinggi se-Indonesia 2015. Michael meraih Juara 3 kompetisi 100 M Gaya Bebas Putra. Kompetisi kejuaraan renang ini diadakan oleh PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan pada bulan September 2015.

“Penghargaan yang diberikan oleh PRSI adalah berupa piagam, dan medali perunggu. Sedangkan dari BINUS saya mendapat dukungan yang sangat besar, seperti dalam hal akomodasi, uang pendidikan dan juga piagam. Thank you so much untuk BINUS sudah memberikan penghargaan ini meskipun saat ini saya sedang tidak aktif di renang,” jawab Michael saat ditanya mengenai apresiasi yang diberikan kepadanya.

Mahasiswa kelahiran 4 Juni 1994 ini juga mengatakan selama mengikuti kompetisi kejuaraan renang, ia mengalami hal-hal atau pengalaman menarik yang tak mungkin ia lupakan. Salah satunya adalah saat kondisi tubuhnya cidera dan sudah tidak aktif lagi sebagai atlit nasional, namun Michael masih diberikan kesempatan untuk menjadi pemenang.

Usaha, perjuangan dan kerja keras BINUSIAN 2016 ini dalam meraih prestasi dibidang non-akademik, tentu dapat menjadi kisah sukses yang memotivasi rekan-rekan Michaelm sesama mahasiswa lainnya agar dapat menjadi mahasiswa berprestasi. “Saya berharap, apa yang telah saya raih dapat menjadi motivasi rekan-rekan untuk memberikan prestasi yang lebih baik lagi,” ujar Michael.

Michael pun tidak segan untuk membeberkan rahasia suksesnya dalam dunia olah raga renang. Michael menyebut latihan sebagai kunci suksenya selama ini. Berlatih seminggu 6 kali, harus menjaga pola makan (tidak boleh makanan yang berminyak, bersoda, MSG, dll), dan yang penting harus memiliki mental yang besar, menjadi kiat-kiat yang secara konsisten dilakukan Michael dalam usahanya meraih prestasi.

“Rencana dan harapan kedepannya, saya akan menjalankan aktivitas saya selain menjadi mahasiswa, saya juga bekerja menjadi manager artis diantaranya Nicky Tirta, Ardina Rasti, dan beberapa artis lainnya. Kalau untuk renang, pada tanggal 9 April BINUS akan ikut lomba renang dalam tingkat internasional, dan saya juga akan mengikuti ajang perlombaan tersebut,” ujar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ini. (SBL)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close