BINUS UNIVERSITY

“Menulis dengan Hati”

Program pengembangan Public Relations BINUS UNIVERSITY digelar dengan mengadakan sebuah seminar bertajuk “Writing Skills for Journalism” pada hari Selasa, 12 April 2016 di ruang K3F kampus BINUS Syahdan, Jakarta. Program ini adalah bentuk kerjasama antara Divisi Marketing Communications BINUS UNIVERSITY, Student Creativity Development Center BINUS UNIVERSITY dan Communicasting Academy. Peningkatan kemampuan penulisan artikel dan press release organisasi kemahasiswaan menjadi sasaran utama dalam keberhasilan yang ingin dicapai. “Kami ingin memberikan peningkatan kualitas konten tulisan para anggota organisasi kemahasiswaan”, Ungkap Ivone Darwis selaku Marketing Communications Manager dalam sambutannya.

Sebagai seorang professional pada bidang jurnalistik yang peduli pada perkembangan jurnalisme era digital, CEO Communicasting Academy, Bapak Donny De Keizer menuturkan bahwa tulisan berkualitas harus tumbuh tidak hanya melalui tangan dan pikiran, tetapi juga dengan hati. Hal tersebut diungkapkan saat seminar didepan para Mahasiswa yang menjadi anggota UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) maupun Coordinator Buddy BINUS UNIVERSITY. “Tulisan yang berasal dari hati, mampu membuat para pembacanya meneteskan air mata…”, jelas Pria yang telah menggeluti bidang jurnalistik selama 20 tahun tersebut.

Konten sebuah artikel ataupun press release menjadi penting mengingat pesatnya perubahan dan perkembangan media kearah digital. Setiap warga masyarakat dapat menjadi seorang jurnalis dengan mudahnya melalui media – media yang tidak berbayar. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak memperhatikan konten di dalam penulisan artikel ataupun press release yang akan dipublikasikan. Untuk menjadi professional dalam bidang ini, dibutuhkan perhatian lebih pada kaidah ataupun etika penulisan untuk meminimalisir resiko “miss information”.

Pentingnya sebuah artikel dan press release bagi organisasi kemahasiswaan akan memberikan dampak signifikan apabila artikel yang dipublikasikan memberikan value (nilai) informasi dan komunikasi yang tinggi bagi para pembaca. “Artikel atau release tersebut dapat kita komunikasikan dengan cara diteruskan / kirimkan sebagai update kepada media – media lokal yang membutuhkan informasi”, ungkap Daniel Wiguna selaku Public Relations BINUS UNIVERSITY. (DW)