BINUS UNIVERSITY

Juara 1 WM Mandiri, Yasa Singgih Kukuhkan Diri Sebagai Wirausahawan Muda Terbaik Indonesia

Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) merupakan  program pemberian penganugerahan kepada wirausaha muda yang berprestasi. Yasa (20), begitulah panggilannya untuk pemenang Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri 2016. Yasa Singgih merupakan mahasiswa Marcomm BINUS UNIVERSITY merupakan seorang pengusaha muda yang sukses yang sudah mempunyai bisnis sendiri.

Sebelum memenangkan penghargaan ternama ini, Yasa Singgih merupakan pengusaha yang mencoba segala bidang bisnis untuk digeluti. Dimulai dari bisnis kedai minuman “Ini The Kopi, serta bisnis fashion yang diberi nama Men’s Republic.

Dalam bisnisnya Yasa menggandeng e-cormmerce terkemuka seperti Zalora.co.id dan Mataharimall.com untuk membesarkan usaha bisnis online-nya. Bisnis fashion yang digeluti Yasa, yaitu Mens Republic menjual fashion pria seperti jaket, sepatu dan kaos pada website serta social media . Untuk mengembangkan bisnisnya Yasa bekerjasama  dengan 8 pabrik di Jakarta dan di Bandung. Dalam kurun waktu 2 (dua)  tahun  sejak 2014 Mens Republic berkembang sangat cepat, distribusi sudah mencapai seluruh Indonesia dan juga menjangkau pemasaran di luar negeri seperti Taiwan, Hongkong, Jedah dan Macau.

Yasa tidak menyangka bila bisnis yang diimpikannya sejak SMA mampu memiliki kantor di ITC Permata Hijau,  Jakarta Selatan dan memiliki 5 orang staff yang masih berstatus mahasiswa juga. Di Tahun kedua, modal awal yang tadinya hanya Rp 700.000,- berkembang menjadi omzet perbulan Rp 150 juta sampai Rp 200 Juta. Profit yang diperolehnya 30 %.   Keuntungan dari setiap produk yang dijual 2 kali lipat dan sebagian keuntungan dipakai biaya operasional. Keuntungan yang diperoleh sebagian besar uangnya diputar kembali untuk menambah modal usaha.

Tidak seorang pun yang percaya akan bisnis yang dirintis Yasa termasuk orang tuanya sendiri. Dari hasil binis online ini,  Yasa sudah dapat memiliki rumah di Kawasan Citra Tangerang senilai Rp 160 juta dan bisa membiayai kuliahnya di BINUS UNIVERSITY.

Usaha dan kerja keras tak pelak menjadi bagian dari keberhasilannya dan membawa Yasa Singgih ke juara pertama Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Sebagai mahasiswa Marcomm BINUS UNIVERSITY, Yasa merupakan contoh yang baik, karena BINUS sendiri mendukung penuh program kewirausahaan (entrepreneur), seperti BINUS Entrepreneurship center. (PM)

AsE_HQVD9eFRyVEW6Eh9r_cdjCbI2cTyUPUaWyCOmrpQ