People Innovation Excellence

Ini Kelemahan Orang Indonesia Belajar Bahasa Inggris

JAKARTA – Menguasai bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan bagi generasi muda di tengah persaingan global. Bagaimana tidak, bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional yang umum dipakai di seluruh belahan dunia.

Seorang guru bahasa Inggris di SMAN 3 Samarinda, Atiek, berpendapat, sejauh ini anak-anak Indonesia, khususnya di tingkat SMA sudah cukup pandai menggunakan bahasa Inggris. Namun, mereka kurang mendapat motivasi untuk mempraktikan secara langsung.

“Para siswa kebanyakan penguasaan bahasa Inggrisnya cukup bagus, tetapi mereka malas bicara. Harus dikasih motivasi dulu baru mau praktik,” ujarnya kepada Okezone saat ditemui dalam ajang Asian English Olympics (AEO) di Universitas Bina Nusantara (Binus).

Salah satu strategi Atiek untuk mendorong anak didiknya menggunakan bahasa Inggris adalah memaksa mereka mengikuti lomba-lomba bahasa Inggris. Hal ini lantaran dia tahu betul secara akademis para siswa tersebut mampu bersaing, bahkan dengan kontestan dari luar negeri.

“Contohnya dengan acara ini, mereka sengaja saya paksa. Ini untuk memotivasi mereka supaya sadar bahwa generasi muda wajib mampu berbahasa Inggris, terutama pada era MEA saat ini,” tuturnya.

Selain malas praktik dan kurang motivasi, Atiek menjelaskan, anak-anak Indonesia sering malu jika berbicara bahasa Inggris. Bahkan penyebabnya bukan karena takut salah, tetapi karena takut dianggap sombong.

“Kelemahan lainnya, saat ada komunitas anak-anak muda yang menggunakan bahasa Inggris malah dianggap pamer, sok nginggris, sombong, dan sebagainya. Padahal itu kan cara membiasakan diri sehingga seharusnya tidak usah memikirkan anggapan orang lain, pokoknya percaya diri saja,” tandasnya.

(rfa)

http://news.okezone.com/read/2016/02/17/65/1314663/ini-kelemahan-orang-indonesia-belajar-bahasa-inggris


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close