People Innovation Excellence

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi

JAKARTA – Pernah Anda mendengar mahasiswa atau alumni perguruan tinggi mencurahkan kekecewaannya karena merasa salah memilih jurusan atau universitas?
Kerap terjadi, orang menekuni bidang pekerjaan yang sama sekali tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikannya. Sebagian berhasil, namun ada juga di antara mereka yang belum menemukan passion-nya.
Perlu disadari, pendidikan yang dienyam selama empat tahun di bangku kuliah akan memengaruhi kehidupan sosial dan profesional hingga puluhan tahun ke depan. Karena itu, Anda perlu jeli memilih institusi pendidikan yang tepat dan sejalan dengan rencana masa depan.
Hal apa saja perlu dipertimbangkan?
Sesuaikan minat dan bakat
Setiap orang tentu punya minat dan bakat tersendiri. Namun, terkadang pengaruh teman, orang tua, atau orang terdekat lebih banyak masuk sebagai pertimbangan.
Untuk itu, hal pertama perlu dipertimbangkan adalah cita-cita dan tujuan hidup Anda. Temukan kedua hal itu karena sangat penting, mengingat tiap perguruan tinggi memiliki keunggulan masing-masing. Jika bercita-cita menjadi ahli komputer, misalnya, carilah perguruan tinggi yang telah mencetak ahli-ahli komputer berkualitas.
Rencanakan anggaran
Tak hanya memakan waktu lama, kuliah juga merogoh kocek cukup dalam, apalagi jika Anda memutuskan masuk universitas swasta unggulan. Jadi, sebelum memutuskan, Anda perlu memastikan anggaran kuliah yang telah disiapkan cukup untuk menutup semua kebutuhan perkuliahan hingga lulus.
Hal-hal wajib untuk dimasukkkan dalam hitungan Anda di antaranya biaya masuk, biaya semester, serta kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi, Anda pun harus menghitung jarak kampus dari tempat tinggal, karena hal itu akan masuk dalam pos anggaran untuk kebutuhan harian. Jika berbeda kota, Anda mungkin harus menambah biaya indekos.
Kenali dengan baik
Saat ini, jika sudah memiliki beberapa rekomendasi universitas, cobalah lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Perhatikan prestasi apa saja yang sudah diraih universitas tujuan.
Ingat, kuliah di perguruan tinggi negeri bukan merupakan patokan kesuksesan. Saat ini banyak perguruan tinggi swasta yang juga memiliki kualifikasi tinggi. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil meraih pengakuan dari institusi pemerintah.
Universitas Bina Nusantara (Binus University) adalah salah satunya. Pada 2015 ini saja Binus sudah mengantongi gelar “Perguruan Tinggi Swasta Terbaik” dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III Jakarta.
Binus memborong 7 penghargaan sekaligus, yaitu untuk kategori pembinaan mahasiswa, pengembangan dosen, riset, bidang teknik, komputer, tata kelola, dan pengembangan kerja sama.
“Kopertis dalam hal ini, menilai siapa saja yang boleh ikut dan mereka tentunya yang memiliki kriteria-kriteria sendiri. Perguruan tinggi yang boleh ikut diminta untuk menyampaikan semacam laporan singkat dalam kategori apa saja, yang memiliki aturan,” ucap Prof Harjanto Prabowo, Rektor Binus kepada Kompas.com, Jumat (18/12/2015).
“Kita mengikuti semua kategori yang ada dan diminta untuk presentasi di dalam sebuah forum. Setelah rapat, mereka lalu mengumumkan bahwa Binus memenangkan penghargaan tersebut,” tambah Harjanto.
Nah, sudah siap memutuskan universitas terbaik untuk masa depan Anda?***

See more at: http://www.goriau.com/nasional/pertimbangkan-3-hal-ini-sebelum-memilih-perguruan-tinggi.html#sthash.0KU2rQFw.dpuf


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close