BINUS UNIVERSITY

BELAJAR MEMAHAMI PENGLIHATAN MANUSIA DAN MESIN

Keunggulan yang dimiliki oleh MTI BINUS UNIVERSITY adalah program pendidikan yang ditawarkan. MTI BINUS UNIVERSITY menganut kurikulum yang sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi. Mata kuliah yang disajikan oleh MTI BINUS UNIVERSITY pun disesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini dan masa yang akan datang.

Salah satu mata kuliah yang disajikan di MTI BINUS UNIVERSITY namun masih jarang dimiliki oleh universitas lain di Indonesia adalah mata kuliah “Machine Vision”. Dengan adanya mata kuliah ini, BINUSIAN dapat memahami pengetahuan dasar dari penglihatan (vision) manusia dan mesin. Mata kuliah ini memungkinkan BINUSIAN paham mengenai proses dan sistem biologis penglihatan manusia dalam kaitannya dengan apa yang ditampilkan oleh mesin agar tampak indah sekaligus mudah dicerna oleh otak manusia yang menatapnya.

Dari segi lainnya, mata kuliah ini juga mengajarkan mahasiswa untuk memahami apa yang ditangkap oleh mesin yang memiliki tugas untuk menangkap gambar. Teknologi ini kini banyak diaplikasikan dalam industri misalnya untuk pemilihan kualitas barang, sorting, dan lainnya. Selain itu di bidang kesehatan, teknologi ini sangat membantu dalam identifikasi penyakit misalnya yang berkaitan dengan kerusakan organ dalam, misalnya: contrast-enhanced CT(tranverd X-Ray tomography).

Dengan memahami Machine Vision, BINUSIAN diharapkan dapat memahami pergerakan teknologi saat ini, sehingga dapat memimpin pasar. Selain itu, BINUSIAN juga diharapkan dapat menciptakan inovasi baru yang semakin memudahkan upaya manusia dalam pekerjaan sehari-hari. (IV)