People Innovation Excellence

TERHANYUT DALAM KEBAHAGIAAN DAN HARU BERSAMA PROF. TIRTA NUGRAHA MURSITAMA, PH.D

Sejumlah tamu undangan, akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, rekan-rekan kerja, dan keluarga hingga mahasiswa Prof. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D memberikan selamat dan doa kepada Prof. Tirta atas pengukuhannya sebagai seorang Guru Besar pada Rabu (22/4). Ramainya hadirin dalam acara pengukuhan Prof. Tirta adalah cerminan dari rasa hormat hadirin atas pribadi Prof. Tirta yang bersahabat dan bersahaja.

Sebelum pukul 10.00 ruangan auditorium Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY telah dipenuhi oleh hadirin. Tepat pukul 10.30 senat perguruan tinggi BINUS UNIVERSITY memasuki ruangan auditorium dan sidang terbuka pengukuhan Guru Besar pun dibuka dibawah pimpinan Prof. Dr. Ir. Harjanto selaku Prabowo, M.M. rektor BINUS UNIVERSITY.

Dalam sambutannya, Prof. Harjanto menyampaikan ucapan selamat kepada Prof. Tirta atas pencapaiannya. Prof. Harjanto juga bercerita mengenai kepribadian Prof. Tirta yang ia kenal sejak tahun 2010, ia pun mengungkapkan kekagumannya terhadap Prof. Tirta. Ia berharap agar Prof. Tirta mampu menjadi Guru Besar yang mengayomi dan membimbing BINUS UNIVERSITY dan bangsa menuju jenjang yang lebih baik.

Senada dengan Prof. Harjanto, CEO BINA NUSANTARA Ir. Bernard Gunawan juga mengucapkan selamat dan harapannya kepada Prof. Tirta. Ia juga mengingatkan Prof. Tirta agar selalu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai professor dari universitas-universitas ternama Indonesia ini, diputarkan juga video biografi Prof. Tirta. Dari video tersebut hadirin diperkenalkan kepada Prof. Tirta secara mendalam dari masa kecil hingga saat ini. Beberapa hadirin pun nampak terkejut sekaligus kagum menyaksikan Prof. Tirta dari sisi lain, yang mana pada masa mudanya sudah aktif memimpin dan membela negara. Termasuk ketika ia ikut memperjuangkan demokrasi di penghujung orde baru.

Setelah dilantik menjadi Guru Besar, Prof. Tirta menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul ?Negara dan Pasar ddi Era Global: Diplomasi Bisnis Menghadapi Masyarakat ASEAN 2015?. Melalui orasi ilmiahnya Prof. Tirta menyampaikan gagasannya terhadap kemajuan perkonomian Indonesia dan apa yang harus dilakukan oleh BINUS UNIVERSITY dan pemerintah untuk menguatkan posisi Indonesia dalam perkenomian dunia.

Selesai menyampaikan orasi ilmiahnya, Prof. Tirta pun mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas pencapaianya pada hari ini. Air mata pun mengalir tatkala ia mengenang almarhumah Ibundanya R. Ay. T. Siti Basuki, yang dikenangnya selalu setia mendukung dan mendoakannya ketika ia sedang menempuh pendidikan. Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada keluarganya untuk segala pengorbanan dan kesetiaan dalam dukungan dan doa yang tidak habis-habisnya. Beberapa dari hadirin juga ikut menangis terharu menyaksikan Prof. Tirta yang begitu bahagia pada sat itu.

Dalam acara yang berbahagia ini, hadirin juga terhibur dengan persembahan lagu yang berjudul ?Itsumademo? ciptaan Prof. Tirta. Lagu ini pun semakin spesial tat kala Prof. Tirta ikut bernyanyi bersama tim pengisi acara. Sebagai kenang-kenangan Prof. Tirta membagikan CD yang berisi rekaman lagu-lagu ciptaanya bersama rekan-rekannya dan buku yang ia tulis sendiri dan berjudul ? Diplomasi Bisnis Indonesia, Kesiapan Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015?.

Acara ditutup dengan ucapan selamat dari Prof. Pierre van der Eng dari Australian National University, Prof. Prijono Tjptoherijanto, Ph.D., Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia; Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si., Guru Besar hubungan internasional FISIP UNPAD Bandung; dan Akbar Tandjung, politisi dan mantan ketua DPR-RI. (IV)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close