People Innovation Excellence

ASSOCIATION FOR COMPUTING MACHINERY SEMARAKKAN SEMANGAT PROGRAMMING GLOBAL BERSAMA BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY berhasil meloloskan 7 tim di ACM ICPC Asia Jakarta Site 2014 pada tahap Asia Regional Kontes.

Suatu kehormatan bagi BINUS UNIVERSITY atas kesempatan untuk ke-enam kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) Jakarta Site. Setiap tahunnya Association for Computing Machinery (ACM) menyelenggarakan ACM-ICPC untuk menunjukkan kemampuan para peserta dalam bidang programming. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama School of Computer Science BINUS UNIVERSITY dengan ACM dan IBM sebagai sponsor utama. ACM-ICPC Regional Asia Jakarta Contest ini merupakan ajang tahunan yang ditujukan bagi tim dari kampus-kampus unggulan berbasis Information & Communication Technology (ICT) atau Teknik Informatika di seluruh Indonesia.

?Perlombaan ACM ICPC Asia Jakarta Site 2014 ini merupakan tonggak kebangkitan tim dari berbagai kampus unggulan berbasis ICT atau Teknik Informatika di Indonesia. Kami dari BINUS UNIVERSITY merasa bangga dapat berpartisipasi dalam menyelenggarakan perlombaan berskala internasional dengan prestise yang tinggi di mata dunia ini,? ujar Alvina Aulia selaku Regional Contest Director for Jakarta Indonesia Site.

Sebanyak 73 tim mengikuti perlombaan ACM-ICPC Jakarta Site 2014 yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 4-6 Desember 2014. Hari pertama diisi dengan upacara pembukaan serta trial session. Hari kedua merupakan puncak dari acara ACM-ICPC di mana masing-masing tim bertanding selama 5 jam non-stop untuk menyelesaikan 10 soal atau yang dikenal juga dengan sebutan The Battle of Brains.

Hal yang dinilai dari para peserta dalam kompetisi ini adalah kecepatan daya nalar (logika) untuk memecahkan masalah (problem solving) terhadap soal-soal yang diberikan serta mengaplikasikannya ke dalam bahasa pemrograman komputer. Ketelitian, dan kecepatan menjadi faktor penting dalam kompetisi ini. Masing-masing tim berlomba untuk menjadi yang paling cepat memberikan solusi yang tepat. Pakar dari industri ICT, seperti Google, Facebook, Traveloka dan Blibli, hadir sebagai juri dalam kompetisi ini.

Keikutsertaan BINUS UNIVERSITY sendiri dalam ACM-ICPC sudah berlangsung dari tahun 1996 dalam mengirimkan para mahasiswa sebagai wakil untuk perlombaan serupa di berbagai wilayah di Asia, seperti Malaysia, Taiwan, Thailand dan Singapura. Pada tahun 2008, BINUS UNIVERSITY dipercaya untuk menjadi tuan rumah ACM-ICPC dan berlanjut pada tahun 2009, 2010, 2012, 2013 dan 2014 ini. BINUS UNIVERSITY sendiri telah berhasil lolos hingga tingkat World Final sebanyak enam kali sejak pertama kali keikutsertaannya, antara lain di San Jose dan Atlanta (Amerika Serikat), Jepang, Kanada, Swedia serta Rusia.

?Melalui acara ini kami berharap BINUS UNIVERSITY semakin dikenal oleh dunia internasional sebagai perguruan tinggi berbasis ICT,? harap Alvina. (AL)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close