BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY DAN BUDAYA TIONGHOA

Perkembangan bahasa Mandarin di dunia internasional saat ini semakin pesat dan telah menjadi bahasa internasional kedua. Merespon hal ini, BINA NUSANTARA Mandarin Club (BNMC) mengadakan National Mandarin Competition 2014 (NMC) yang bertujuan untuk menciptakan persatuan dan kecintaan generasi muda akan budaya Tionghoa. Sesuai dengan tema NMC 2014 yaitu Budaya Tionghoa, dimulai dari kamu dan saya.

Acara ini diadakan selama 3 hari pada tanggal 8, 9, dan 11 Mei 2014 yang bertempat di Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY. Adapun kompetisi yang diadakan NMC tahun ini seperti yang sudah-sudah, yaitu kompetisi pidato yang diikuti oleh 8 peserta, bernyanyi yang diikuti 16 peserta dan story telling yang diikuti 9 orang. Namun pada tahun 2014 ini, BNMC menambahkan mini competition kontes foto dengan menggunakan kostum tradisional China yaitu Cheongsam dan Qipao. Selain perlombaan ini, BNMC juga mengadakan bazaar di Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY. National Mandarin Competition yang keempat ini disponsori oleh Garuda Indonesia, dan para pemenang kompetisi ini berhak mendapatkan tiket pesawat pulang pergi ke Beijing.

Melalui acara ini, BNMC berharap dapat mengembangkan dan menyalurkan minat para generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal bahasa dan budaya Mandarin, sehingga generasi muda ini dapat dipersiapkan menjadi sumber daya manusia yang berpotensi dan memiliki nilai lebih yang mampu bersaing dalam dunia komunikasi dan bisnis. (AL)