Tingginya tekanan dalam kehidupan memicu timbulnya stres pada diri seseorang baik disadari maupun tidak disadari. Generasi muda yang memiliki emosi tidak stabil justru memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berani melakukan sebuah tindakan. Apabila stres tersebut tidak dihadapi maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti fenomena-fenomena yang sering terjadi saat ini. Merespon hal tersebut, BINUS UNIVERSITY sebagai institusi pendidikan memiliki tanggung jawab moral untuk menanggulangi fenomena ini.

Tidak hanya untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, Student Advisory Center (SAC) BINUS UNIVERSITY juga berperan untuk meningkatkan kualitas hidup dari mahasiswa tersebut baik dalam hal akademik dan personal. Salah satu program yang dilakukan SAC untuk meningkatkan kualitas hidup mahasiswanya adalah training untuk mengendalikan stres. Training ini diberikan dalam bentuk teori kepada mahasiswa mengenai pengetahuan mengenai stres dan bagaimana merespon stres tersebut agar tidak berdampak negatif bagi mahasiswa yang bersangkutan. Untuk mendukung training ini, SAC mengadakan kegiatan seminar yang berjudul ?How to Deal with Our Stress Through Hypnotherapy?.

Seminar yang mengundang Ardhana Bayurindra Biran, S.Sos. MA. CH (NGH) sebagai pembicara ini, diadakan di Auditorium Lt. 4, Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY pada Rabu (16/04). Pada kesempatan ini Ardhana memberikan pengetahuan bagaimana kita dapat mengontrol stres yang kita miliki, sehingga bukan stres itu yang mengendalikan kita, tetapi kita yang mengendalikan stres tersebut. Ardhana juga memberikan beberapa praktek melalui bandul meter dan mengajak beberapa mahasiswa yang dipilih untuk melakukan relaksasi. Relaksasi dilakukan dengan cara mengendalikan kalung bandul yang dipegang di tangan dengan energi diri kita. Sehingga tanpa kita gerakan, bandul tersebut dapat bergerak sesuai yang kita inginkan.

Seminar ini ternyata cukup menarik perhatikan mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Terdapat 171 mahasiswa dari berbagai jurusan yang mengikuti seminar ini. ?Melalui acara ini, diharapkan para mahasiswa mampu menghadapi stres yang mereka rasakan ketika duduk di bangku kuliah ataupun mengenai masalah pribadi mereka dan juga dapat menerapkan di dalam kehidupan sehari-hari.? Ungkap Cecilia Astri Piona Simbolon sebagai perwakilan dari SAC. (AL)