People Innovation Excellence

Kompetisi Imagine Cup 2014 Dimulai Lagi

MAJALAH ICT – Jakarta. Microsoft kembali menggelar kompetisi tahunan terbesar tingkat dunia di bidang teknologi informasi, Imagine Cup 2014. Seperti tahun kemarin, ada tiga kategori yang dikompetisikan pada Imagine Cup 2104, yakni kategori Game, inovasi dan World Citizenship.

Menurut Direktur Developer and Platform Group, Microsoft, Risman Adnan, saat media briefing Imagine Cup 2014 di kantor Micrososft, Jakarta, kompetisi yang menginjak tahun ke-12 ini mengajak pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia untuk menciptakan inovasi teknologi yang dapat membawa perubahan positif bagi permasalahan dunia melalui software.

“Yang membedakan kompetisi di tahun ini, kompetisi akan berlangsung lebih ketat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, ada tingkat semi final untuk mencari peserta terbaik untuk berkompetisi di Imagine Cup 2014 Worldwide Final di Seattle, Amerika Serikat pada akhir bulan Juli 2014 mendatang,” jelas Risman.

Ditambahkan Risman, kompetisi yang sudah dibuka sejak Oktober 2013 ini juga dapat diikuti mahasiswa dari jurusan mana pun, karena ide kreatif ataupun inovasi bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Dan karena lebih fokus pada kualitas, kali ini mentoring dan roadshow yang dilakukan Microsoft juga hanya terbatas pada delapan kampus, yakni pada universitas-universitas yang setiap tahun telah mengikuti Imagine Cup, di antaranya Universitas Indonesia (UI), BINUS University, Institut Teknologi Bandung (ITB), Telkom University (TU), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Dijelaskan Rsiman, bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi ini, bisa mendaftarkan timnya di http://aka.ms/ImagineCupID paling lambat tanggal 28 Februari 2014.

Di 2013, Tim Indonesia yang merupakan mahasiwa asal Madura berjaya di Rusia, Tim bernama Solite Studio, dengan aplikasi games Save the Hamsters, berhasil menjaid Juara Kedua kategori Games. Dengan menjadi Juara Kedua, tim ini berhak mendapat 10 ribu dolar AS.

Sebagaimana diketahui sebelum ke Rusia, setelah melewati tahap final, akhirnya Tim Solite Studio asal Universitas Trunojoyo Madura keluar sebagai pemenang Nasional dalam kompetisi Imagine Cup 2013 yang digelar Microsoft. Tim dengan aplikasi game Save The Hamster itu pun berhak mewakili Indonesia ke ajang Imagine Cup 2013 Worldwide Final yang diselenggarakan di St. Petersburg, Russia pada 8 – 12 Juli.

Di bababk Final, Tim Solite Studio berhasil mengalahkan tim-tim dari sejumlah perguruan tinggi ternama seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung maupun Institut Teknologi Telkom. Menurut President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro,  keikutsertaan tim Solite Studio merupakan prestasi tersendiri bagi Madura karena sebelumnya belum pernah ada tim dari wilayah tersebut yang mengikuti Imagine Cup yang kini memasuki penyelenggaraan ke-10. “Tim Solite Studio berhasil memadukan aspek edukasi Matematika dengan permainan yang menarik. Konsepnya sudah matang dan mereka tim yang paling siap untuk berkompetisi di Imagine Cup 2013 Worldwide Final mendatang,” papar Andreas.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close