BINUSIAN Juara Nasional Lomba Desain Karakter Faber-Castell

"Indonesia on Fire" karya Shirley Simadibrata - BINUS UNIVERSITY

“Indonesia on Fire” karya Shirley Simadibrata

Mahasiswa BINUS UNIVERSITY, Shirley Simadibrata, menjadi juara pertama lomba desain karakter Faber-Castell tingkat Nasional bertema Your Fantasy of Indonesian Heroes. Shirley juga dinobatkan sebagai juara terfavorit berdasarkan vote/like suara terbanyak melalui Facebook Faber-Castell.

Shirley mengalahkan Khayash Herlambang asal Makassar, Sulawesi Selatan, dan tujuh peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Konsep Indonesia on Fire yang diusung Shirley mendapatkan nilai 177. Sementara Khyash Herlambang yang merupakan mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makasar, berjudul Kanjeng Ratu Nyi Roro memperoleh nilai 174. Keduanya berhak memperoleh hadiah utama berlibur ke Singapura.

Penjurian dipimpin komikus Beng Rahardian dan Sweta Kartika serta disaksikan notaris, Jumat (5/10). Untuk proses penjurian dipilih tiga dari sembilan gambar yang merupakan pemenang pertama dari kota pelaksana lomba yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Samarinda, dan Makasar. Dari tiga gambar tersebut dipilih dua gambar pemenang utama.

Pemilihan pemenang didasarkan pada penampilan menarik gambar dan pemaduan unsur konsep tema lomba, yakni kebudayaan khas Indonesia serta pengaplikasian melalui karya. Beng Rahardian juga menjelaskan penilaian lomba selain berdasarkan pemaduan konsep dan aplikasi, keaslian karya, keunikan karakter dan teknik menggambar, juga menjadi nilai penting.

Lebih jauh Beng Rahardian memaparkan mengenai konsep gambar yang baik tidak hanya menggabungkan unsur-unsur kebudayaan Indonesia, akan tetapi juga mempunyai sifat fungsional dan bisa mendukung tokoh yang diusungnya.

Oleh juri Sweta Kartika, Shirley Simadibrata dinilai sukses memadukan unsur modernitas dan tradisional dalam gambarnya. Konsep ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut seperti dalam penggunaan di komik, game, maupun animasi.

Sementara itu, Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia Fransiska Remila mengatakan melalui lomba ini Faber-Castell mencoba membangun kreativitas komikus-komikus Indonesia. “Kami ingin memperkenalkan tokoh-tokoh animasi baru yang mengadaptasi tokoh legenda/cerita rakyat maupun tokoh keseharian, sekaligus memperkenalkan produk Anime Art Faber-Castell,” ujar Fransiska melalui berita pers yang diterima Redaksi, Senin (22/10).

Shirley Simadibrata Sang Juara

Shirley Simadibrata tak pernah menduga jika dirinya dinobatkan sebagai juara pertama lomba desain karakter Faber-Castell tingkat Nasional. Bukan hanya itu, ia juga menyandang juara pertama tingkat kota dan juara favorit dengan “Like” terbanyak di laman Facebook Faber-Castell.

Mahasiswa program Animasi School of Design semester lima ini mengaku amat bersyukur mengingat dapat berprestasi pada kompetisi yang pertama kali diikuti ini.

“Senang, ini lomba pertama saya, sebelumnya tidak pernah ikut lomba. Bangga juga dan jadi lebih semangat ikut lomba-lomba lainnya. saya ingin mengembangkan diri biar makin bisa menggambar,” ujar Shirley.

Tema Pahlawan Nasional Indonesia karya Shirley direpresentasikan dengan karakter seorang pria yang memegang senjata berupa perpaduan antara cakram dan keris. Ia juga dikelilingi dewa pelindung seperti tenggiling api.

“Maknanya adalah Indonesia mempunyai semangat juang, pantang menyerah,” aku Shirley saat dihubungi via telepon, Senin (22/10).

Dalam waktu 3,5 jam Shirley harus dapat menciptakan satu karakter yang mewakili tema Your Fantasy of Indonesian Heroes. Sulit? Tentu saja karena inspirasi konsep baru datang di hari pelaksanaan. “Saya sebelumnya tidak memikirkan konsep, hanya mencari referensi baju-baju daerah seperti apa,” tuturnya.

Namun nyatanya tantangan itu dapat dijawab dengan kemenangan.

Leave Your Footprint

Gabung BINUS

Call Service

(021) 53696969

(021) 53696999

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.