BINUS UNIVERSITY

Seminar New Era for Innovations and Economic with Cloud Computing: Lebih Jauh Mengenal Cloud Computing

Jakarta – BINUS Graduate Program menggelar seminar bertema New Era for Innovations and Economic with Cloud Computing, Sabtu (14/1). Seminar yang digelar di Hall of Fame Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY ini menghadirkan Architect Advisor Developer & Platform Group Microsoft Indonesia, Norman Sasono.

Sekilas Norman menyatakan Cloud Computing merupakan tren baru yang akan menjadi model untuk dapat bersaing dan berinovasi dalam teknologi informasi. Cloud Computing merupakan arsitektur IT yang sumber daya komputasinya tersedia sebagai layanan yang dapat diakses melalui internet.

Sumber daya komputasi ini dapat berupa perangkat keras (prosesor, memori, storage) atau perangkat lunak aplikasi. “Cloud Computing merupakan teknologi berbasis internet dan remote server yang terpusat untuk memelihara data dan aplikasi,” ujarnya.

Kepala Program Magister Teknik Informatika BGP Dr. Suharjito, S.Si, MT mengimbuhkan Cloud Computing akan menggeser paradigma pelayanan sistem informasi agar dapat berinvestasi lebih efisien dan efektif dalam mengimplementasikan sistem informasi untuk perusahaan dalam membantu proses bisnis.

Cloud Computing memungkinkan konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa perlu instalasi dan mengakses file pribadi mereka di setiap komputer dengan mengakses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan memusatkan penyimpanan, memori, pengolahan, dan bandwidth.

“Teknologi Cloud Computing sebenarnya sudah diterapkan di Indonesia seperti yahoomail dan gmail, namun teknologi ini belum diterapkan secara optimal oleh perusahaan di Indonesia saat ini,” tandas Suharjito.(YD)