People Innovation Excellence

Sukses Menggapai Posisi Top di Perusahaan Top

“We don’t just want you to have a great job. We want you to have a great life. We provide you with everything you need to be productive and happy on and off the clock.”
Larry Page – Google Co-founder, Stanford University

Sukses bekerja adalah impian banyak sekali orang, apalagi sukses bekerja di perusahaan besar dengan jabatan tinggi dan gaji serta bonus besar. Ada banyak hal yang menggiurkan yang dapat diperoleh dari perusahaan besar. Selain sistem dan tata kelola (governance)-nya, perusahaan besar identik dengan penghasilan, peluang dan jaminan keamanan kerja. Sering sekali kita mendengar ungkapan kenapa tidak bersandar pada pohon besar, yaitu perusahaan besar. Karena daya tarik yang demikian, makin banyak orang yang berminat bekerja di perusahaan besar dan mengharapkan sukses di sana. Ibarat magnet besar, perusahaan besar akan menarik banyak sekali pelamar untuk bergabung di sana. Dengan demikian makin besar pula persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dan sukses di perusahaan besar tersebut.

Tuntutan, dan tanggung jawab untuk berkarya di perusahaan besar bisa saja sama atau berbeda dengan perusahaan lainnya. Untuk memperoleh jabatan country manager, sales (Indonesia) yang diiklankan Google di web-nya seorang pelamar harus memiliki ijazah BS/BA dan lebih disukai MBA, pengalaman yang kuat dalam bidang manajemen penjualan dalam bidang teknologi dan/atau iklan dan/atau internet serta pengalaman manajemen secara umum. Pelamar juga harus memiliki pengalaman dalam membangun kemitraan strategis dan terbukti pernah mengembangkan sebuah pasar. Pelamar juga harus memiliki kemampuan untuk focus dan menentukan prioritas di dalam lingkungan business tumbuh pesat, memiliki hubungan yang kuat di dalam ruang lingkup iklan dan teknologi dalam wilayah Indonesia, memiliki rekam jejak yang dapat dibuktikan dalam membangun pelanggan dari kelompok Fortune 1000. Pelamar juga harus lancar berbahasa Inggeris dan lebih disukai mampu berbahasa Indonesia.

Selain kemampuan sesuai bidang pendidikan dan pengalaman (hard skills), banyak perusahaan besar juga menuntut penguasaan keterampilan lunak (soft skills) untuk berbagai jabatan. Soft Skills yang paling sering diperlukan antara lain keterampilan berkomunikasi (baik lisan maupun tulisan), bekerja sama dalam team, memecahkan masalah dan mengambil keputusan, kemampuan menganalisa, keterampilan interpersonal, memiliki inisiatif, kesediaan untuk bepergian dan sebagainya. Namun demikian, selain hard skills dan soft skills ada sejumlah hal lain yang perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin berhasil mendapat jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan besar. Hal-hal tersebut antara lain sifat-sifat kesetiaan, kemampuan untuk menghadapi stress, rasa humor, penampilan pribadi, kemampuan beradaptasi, Sikap hidup yang seimbang, rasa percaya diri, dapat diandalkan, memiliki komitmen, memiliki motivasi yang kuat untuk berhasil, memiliki common sense dan antusiasme.

Cukupkah? Nampaknya, sejumlah hal pendukung lainnya juga memainkan peranan penting, antara lain kemampuan berbahasa asing (terutama bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya), kemampuan hitung menghitung (numerical skills), keterampilan ICT (information and communication technology, dan terutama people skills. Beberapa pengamat sepakat bahwa memiliki people skils akan memudahkan seseorang untuk dikenal dan disukai oleh banyak orang termasuk para pimpinan. Untuk menggapai posisi top, nampaknya ada sejumlah prasyarat lainnya. Setiap orang memerlukan mentor top, baik yang bekerja di dalam maupun di luar perusahaan tempatnya bekerja. Memiliki mentor dan belajar dari para mentor top itu memungkinkan seseorang untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan dan dengan demikian dia akan selalu dikenal karena prestasinya.

 

References: 

  1. Binus Career Binus University . (2009 ). Input Perusahaan untuk Pengembangan Kualitas Lulusan Binus . Jakarta : Binus Career for Binus University .
  2. Clearly, M., Flynn, R., & Thomasson, S. (2006). Employability Skills from Framework to Practices. Melbourne: Precision Consultant for Australian Government Department of Education, Science & Training.
  3. International Baccalaureate Organization . (2007 ). Making PYP Happen: a curriculum framework for international primary education . International Baccalaureate Organization .
  4. Robinson, P. J. (2000, September 15). What are Employability Skills? The Workplace, Volume I issue 3 , pp. 1-3.
  5. The Australian Chamber of Commerce and Industry and the Business Council of Australia . (2002). Employability Skills for Future . The Australian Chamber of Commerce and Industry and the Business Council of Australia for Department of Education, Science and Training.
  6. Precision Consultancy, Commonwealth of Australia. (2007). Graduate Employability Skills, Prepared for the Business, Industry and Higher Education Collaboration Council. p. 62.
  7. Department of Education, Science and Training, Australia. (2004). Employability Skills. Final Report: Development of a Strategy to Support the Universal Recognition and Recording of Employability Skills A Skills Portfolio Approach
  8. http://www.training.com.au/documents/Employability%20Skills_From%20Framework%20to%20Practices.pdf
  9. http://www.google.com.sg/intl/en/jobs/singapore/adsales/manage/country-manager-sales-indonesia-singapore/index.html
SHARE THIS
Leave Your Footprint
There's no comment at the moment

Cancel Reply

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close