BINUS UNIVERSITY

Menggali Sisi Positif dari Bermain

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “bermain”? Kemungkinan hal ini mengarah kepada kegiatan yang menghabiskan waktu dan menuai imbas negatif. Namun, ada pula sisi positif dari bermain. Ya, bermain juga bermanfaat. Nah, sisi inilah yang ingin digali oleh penyelenggara event Roadplay Indonesia Bermain”.

Dengan mengusung tagline “When Playing is Good for Your Life”, putaran pertama roadplay telah digelar di Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. Nah, putaran terakhir event Roadplay Indonesia Bermain ini rampung di Jakarta, tepatnya di Kampus Joseph Wibowo Center, Jalan Hang Lekir I, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/7).

Seminar yang mengangkat tema “Berbagi Semangat Positive Gaming“, ini menggandeng BINUS INTERNATIONAL dan Nokia Indonesia. Acara ini ingin mengingatkan masyarakat tentang potensi besar dari aktivitas bermain. Talkshow ini menghadirkan tokoh di industri game, di antaranya Narenda Wicaksono (Developer Manager Nokia) dan Eko Nugroho (inisiator Indonesia Bermain).

Menurut Eko, bermain pada dasarnya adalah sebuah aktivitas yang mengingatkan masyarakat bahwa kegembiraan bisa dihadirkan dan dibagikan dimana saja, kapan saja serta untuk semua. “Lewat bermain, kita bisa menghadirkan kegembiraan dalam belajar, bekerja, berusaha dan berbagai hal lainnya,” pungkas Eko, menampik stigma negatif tentang bermain.

Selain seminar, acara yang diselenggarakan Agate Studio dan Kummara tersebut menghadirkan berbagai jenis media permainan. Baik itu berupa board game, digital game dan mobile game. Para peserta seminar diajak untuk bermain bersama. Tak cuma itu, hadir pula mobil milik Nokia yang dimodifikasi menjadi sebuah mobil yang sarat dengan game.

Puncak dari Roadplay Indonesia Bermain bakal diadakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat, pada 22 dan 23 Oktober 2011. Salah satu agenda acaranya adalah kompetisi yang akan menjaring game ideas serta mobile game.(RA)

Download : Menggali Sisi Positif dari Bermain