4 Jurusan IT Ini Punya Peluang Besar di CPNS 2024

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui transformasi digital. Hal ini mendorong kebutuhan akan talenta digital yang mumpuni di berbagai instansi pemerintahan. Bagi kamu yang tertarik dengan bidang IT dan ingin mengabdi kepada negara, kabar baik datang di tahun 2024 ini. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 diprediksi akan membuka banyak peluang bagi lulusan jurusan IT.

Jurusan IT dengan Peluang Besar di CPNS 2024

Berita terbaru menunjukkan bahwa beberapa instansi pemerintah telah menyatakan kebutuhannya akan tenaga IT dalam formasi CPNS 2024. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi para lulusan IT untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui keahlian mereka di bidang teknologi informasi.

Langsung saja, berikut ini beberapa jurusan di bidang teknologi yang memiliki peluang besar di seleksi penerimaan calon PNS tahun 2024: 

1. Informatika

Pertama, Sarjana (S1) yang merupakan lulusan dari Jurusan Informatika. Para lulusan ini nantinya akan memiliki keahlian yang berkaitan dengan: 

  • Pengembangan dan perancangan perangkat lunak. Lulusan S1 Informatika harus mampu membuat maupun mengembangkan serta melakukan pengujian perangkat lunak apa saja, termasuk aplikasi untuk website, ponsel, dan desktop. 
  • Pemrograman. Memiliki penguasaan yang baik terhadap bahasa pemrograman, tidak terkecuali JavaScript, C++, Python, dan Java.
  • Jaringan komputer. Memiliki pemahaman yang baik terkait bagaimana cara kerja dari suatu sistem operasi, sekaligus memiliki kemampuan pengelolaan yang baik terhadap sistem operasi komputer. 
  • Basis data. Memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep data sekaligus dapat mendesain serta mengelola basis data.
  • Keamanan informasi. Mempunyai pemahaman yang baik terkait konsep keamanan jaringan, informasi, serta dapat mengimplementasikan berbagai langkah tersebut dalam sistem komputer. 

2. Data Science

Selanjutnya, Jurusan Data Science yang mempunyai keahlian dalam bidang berikut ini. 

  • Pemrograman. Memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam data science, seperti Python dan R. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk memanipulasi data, membangun model, dan melakukan visualisasi data.
  • Pembelajaran mesin (machine learning). Memiliki pengetahuan tentang algoritma machine learning, seperti regresi, klasifikasi, dan clustering.
  • Manajemen database. Mempunyai pemahaman yang baik terhadap basis data serta dapat mendesain sekaligus melakukan pengelolaan terhadap basis data.
  • Statistik komputasi. Mengetahui tentang metode statistik yang digunakan untuk melakukan analisis data dalam skala besar.
  • Visualisasi data. Memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang teknik visualisasi data, seperti pembuatan grafik maupun chart sehingga dapat mengomunikasikan temuan secara jelas.

3. Ilmu Komputer

Berikutnya, Jurusan Ilmu Komputer. Dalam bidang ilmu ini, kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan struktur data, pemrograman komputer, sistem operasi, algoritma, keamanan dari jaringan, algoritma, rekayasa software, hingga sistem yang berkaitan dengan komputasi awan. 

4. Keamanan Siber (Cyber Security)

Kalau kamu memiliki minat tinggi yang berhubungan dengan rancangan dan pengujian keamanan siber, jurusan Cyber Security dapat menjadi pilihan yang tepat. Lulusan dari bidang ilmu ini bisa berkarier di banyak sektor industri, tidak terkecuali pemerintahan. 

Sebagai seorang cyber security, kamu bisa melakukan analisis pengujian, membuat suatu rancangan program keamanan untuk perlindungan jaringan komputer, melakukan analisis terhadap suatu program keamanan, hingga mengembangkan keamanan dari software tertentu. 

Ilmu Komputer dan bidang studi lain yang berkaitan dengan teknologi memang begitu menjanjikan beberapa waktu terakhir, terutama karena perkembangan teknologi semakin pesat yang menuntut bisnis untuk mampu beradaptasi dan menerapkan perubahan tersebut. 

Namun, kamu juga harus tahu tempat kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan IT yang tepat, salah satu di School of Computer Science (SoCS) BINUS UNIVERSITY. Belum lama, bidang ilmu Computer Science & Information System BINUS UNIVERSITY berhasil meraih peringkat ke-2 dari 7 perguruan tinggi di Indonesia dengan bidang ilmu yang sama, lo

SoCS BINUS UNIVERSITY menawarkan banyak pilihan jurusan, seperti Data Science, Artificial Intelligence (AI), Computer Science, Cyber Security, Computer Science – Software Engineering, dan Game Application and Technology yang berlokasi di BINUS @Alam Sutera, BINUS @Kemanggisan, BINUS @Bekasi, BINUS @Bandung, BINUS @Malang dan BINUS @Semarang.

Selain mempelajari berbagai teori tentang ilmu komputer, BINUSIAN juga mendapatkan pelatihan langsung dari tenaga pengajar maupun praktisi yang berpengalaman. Tak hanya itu, BINUSIAN juga dapat mengambil Enrichment Program yang memudahkan BINUSIAN untuk #mulailebihawal menjajaki dunia kerja dengan kuliah selama 2,5 tahun saja. Melalui program ini, BINUSIAN juga lebih unggul dari mahasiswa universitas lain karena dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sangat dinamis. Mau kuliah Ilmu Komputer? Yuk, daftar di School of Computer Science BINUS UNIVERSITY!